Digital Marketing

Apa yang Dilakukan Digital Marketer untuk Sukseskan Bisnis?

Apa yang dilakukan digital marketing

Digital marketing sudah dikenal sebagai bagian integral dari kegiatan pemasaran di seluruh industri untuk melibatkan prospek, mengarahkan lalu lintas, dan menghasilkan prospek berkualitas. Apalagi jika suatu brand ingin sukses di dunia digital yang bergerak cepat saat ini tentu membutuhkan digital marketer dengan keahlian tinggi. Apa yang dilakukan digital marketer untuk menyukseskan bisnis?

Dengan begitu, produk atau layanan mereka bisa eksis dan diketahui oleh masyarakat secara online. Digital marketer yang terampil membutuhkan pengetahuan dan kualifikasi yang melampaui strategi pemasaran dasar dan keterampilan kreativitas.

Jika kamu ingin berkarir di bidang ini, maka penting bagi kamu untuk mengetahui dan memahami apa yang dilakukan digital marketer dan keterampilan apa saja yang harus dikuasai untuk memenuhi target pemasaran dan mencapai keberhasilan bisnis. Mau tahu seperti apa?

Baca Juga: Penerapan Workflow Digital Marketing pada Bisnis

Apa yang Dilakukan Digital marketer?

Digital marketer menggunakan saluran digital untuk menjangkau pelanggan, membangun kesadaran merek, dan mempromosikan produk dan layanan. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, maka seorang digital marketer harus melakukan beberapa job desk berikut ini:

1. Manfaatkan Platform Digital untuk Mengoptimalkan Upaya Pemasaran

Apa yang dilakukan digital marketer

Sumber: Unsplash

Data memegang peranan yang sangat penting dan esensial dalam pemasaran digital. Ini dapat mempengaruhi penyusunan strategi dan pengampilan keputusan dalam melakukan marketing campaign.

Digital marketing berbeda dari pemasaran tradisional karena saluran dan metodenya memungkinkan analisis kampanye pemasaran secara real-time. Teknik marketing ini memerlukan kemampuan untuk menganalisis dan memprediksi keberhasilan strategi pemasaran yang dijalankan.

Beberapa contoh utama dari data yang berharga yang diolah digital marketer antara lain volume traffic, sumber menurut wilayah, dan tingkat konversi. Dalam melakukan tugasnya, seorang digital marketer bahkan dapat menganalisis berdasarkan algoritma perilaku pengunjung.  Seoerti situs yang paling sering dikunjungi hingga waktu yang dihabiskan per sesi.

2. Rajin Memantau Laporan SEO dan Melakukan Riset Kata Kunci

Search Engine Optimization (SEO) adalah aspek penting dari content marketing. Ini adalah cara yang ampuh untuk mengarahkan traffic yang konsisten, relevan, dan organik ke situs Kamu. Dan yang terbaik, biaya yang dikeluarkan untuk menerapkan strategi ini relatif lebih terjangkau, yakni mulai dari Rp. 1.000.000 – Rp. 4.500.000 per bulan tergantung kebutuhan dan fitur yang didapat.

Sebelum memproduksi konten, digital marketer yang cerdas harus rajin melakukan penelitian tentang apa yang dicari oleh audiens target mereka. Kurang lebih beginilah proses dasarnya:

  • Untuk menjangkau segmen yang ditargetkan, mereka harus menggunakan kata kunci yang relevan dengan industri. Tools yang bisa digunakan antara lain, Ubbersuggest, Google Keyword Planner, dan lain-lain.
  • Ringkas temuan ke dalam bagan yang berisi kata kunci dan frasa dengan volume pencarian bulanan untuk masing-masing.
  • Buat rencana konten yang menekankan kata kunci dengan hasil pencarian paling signifikan. Kamu bisa menggunakan blog, iklan media sosial, video YouTube, dan lainnya, untuk posting konten dengan tetap menjaga kualitas dan relevansi.

3. Diversifikasi Channel Pemasaran

Diversifikasi channel

Sumber: Pexels

Selanjutnya, apa yang dilakukan digital marketer untuk sukseskan suatu bisnis? Menjalankan setiap channel yang tersedia adalah kunci untuk meningkatkan luasnya upaya pemasaran produk kamu. Dengan begitu, kamu berkesempatan untuk memaksimalkan prospek keberhasilan kampanye, dan mengonversi pelanggan sebanyak mungkin.

Channel pemasaran utama yang harus menjadi fokus digital marketer antara lain email marketing, iklan bayar per klik (pay per click), menampilkan iklan, social media marketing, affiliate marketing, dan public relations. Yang terpenting, pemasaran harus kohesif. Ini berarti bahwa pesan dan strategi yang konsisten harus diterapkan ke semua channel.

4. Manfaatkan Kemitraan Konten Strategis

Memanfaatkan konten

Sumber: Unsplash

Membangun kemitraan konten bisa jadi cara cerdas lainnya untuk menjangkau lebih banyak target audiens. Misalnya berkolaborasi dengan agensi dan perusahaan yang berada di luar lingkungan terdekat kamu.

Kamu dan agensi tersebut dapat saling menguntungkan dengan memungkinkan penetrasi ke wilayah dan pasar baru sambil memberikan kredibilitas dan brand awareness produk kamu. Yang tak kalah penting, kamu juga berkesempatan belajar melalui kerja sama ini.

Baca Juga: 7 Jenis Digital Marketing untuk Strategi Digital

5. Bekerja Sama dengan Tim Desain dan Copywriter

Melakukan Koordinasi dengan Desain & Copywriter

Sumber: Unsplash

Untuk memaksimalkan efisiensi kampanye, sangat penting untuk berkolaborasi dengan rekan satu tim dengan keahlian yang berbeda, yakni tim desain dan copywriter. Tujuannya adalah untuk menanamkan kualitas tertinggi dalam konten yang dihasilkan.

Tim desain bertugas meningkatkan citra perusahaan melalui konten visual Sedangkan tugas copywriter adalah membuat naskah atau teks persuasif untuk produk maupun layanan yang ditawarkan perusahaan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang apa yang dilakukan digital marketer dalam menyukseskan sebuah bisnis. Dengan melakukan tugas-tugas di atas, seorang digital marketer bisa meningkatkan peringkat website bisnis dan produk atau layanan yang ditawarkan dalam mesin pencarian Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *