Sosial Media

5 Tips Membuat Profil Menarik di Instagram Bisnis

Source: Pexels.com
Membuat Profil Menarik di Instagram Bisnis

Mengingat fakta bahwa Instagram memiliki 1,96 miliar pengguna di seluruh dunia, siapa pun yang bisa membuat profil menarik di Instagram untuk bisnis mereka. Oleh sebab itulah, Instagram bisa jadi platform paling efisien untuk memasarkan bisnis mereka secara efektif sekaligus meningkatkan brand awareness bisnis mereka.

Instagram adalah peluang besar bagi pemilik usaha, kecil maupun besar, untuk menceritakan kisah mereka menggunakan berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi ini. Misalnya membagikan sejarah bisnis Anda, keunggulan bisnis Anda saat ini, atau rencana bisnis Anda kedepannya, melalui konten foto dan video.

Lantas, bagaimanakah cara membuat profil menarik di Instagram untuk mendongkrak brand awareness bisnis Anda? Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Juga: 6 Tips Memulai Instagram Marketing Bagi Pemula

Tips Membuat Profil Bisnis yang Menarik di Instagram

Tips membuat profil menarik di instagram
Sumber: Pexels.com

Membuat profil Instagram yang eye-catching itu ternyata susah susah gampang, loh. Meskipun tampak sepele, ternyata ada beberapa panduan utama yang harus diikuti untuk membuat profil menarik yang membuat orang-orang ingin mengikuti akun Instagram Anda. Nah, berikut ini beberapa tipsnya:

1. Pilih Username yang Relevan dengan Bisnis Anda

Sebelum membuat profil menarik di Instagram untuk bisnis Anda, perhatikan pemilihan nama pengguna karena itulah yang akan membantu pengguna IG mencari brand bisnis Anda. Pastikan username yang Anda pilih mudah dicari dan diingat.

Selain itu, hindari menambahkan emoji dan simbol karena bisa membuat akun Instagram bisnis Anda jadi terlihat kurang profesional. Username dapat diubah, tetapi jika Anda ingin membangun brand recall, maka memilih username yang mewakili brand Anda sejak awal adalah suatu keharusan!

Sebagai contoh akun Instagram @ayamgeprek_juara merupakan bisnis yang bergelut di bidang penyajian ayam geprek. Begitu juga akun @frkidshoes merupakan bisnis yang menjual produk sepatu dan sandal khusus anak-anak.

2. Setting Profil Instagram Anda

Tahukah Anda bahwasannya hanya perlu beberapa detik bagi seseorang untuk membuat opini tentang brand yang Anda wakili? Hal tersebut juga dapat mempengaruhi keputusan mereka apakah akan scroll lebih jauh di feed Instagram Anda atau tidak dan akhirnya mengikuti akun Instagram bisnis Anda.

Jika Anda ingin akun Instagram Anda diperhatikan, mulailah dengan membuat bio yang menarik dan profil yang menarik perhatian. Secara singkat perkenalkan brand bisnis Anda dan produk serta layanan atau produk yang Anda tawarkan.

Jangan lupa tambahkan tagline yang menarik jika perlu. Anda juga sebaiknya menambahkan tautan di bio Anda yang mengarahkan ulang ke situs web bisnis Anda, halaman arahan kampanye tertentu, atau tautan ke akun media sosial lainnya.

Bio Anda adalah satu-satunya tempat di Instagram yang bisa Anda manfaatkan untuk membagikan tautan yang dapat diklik. Jadi, manfaatkan fitur ini.

3. Ubah Menjadi Profil Bisnis

Sekarang setelah Anda mengatur akun Instagram bisnis Anda, saatnya untuk mengubahnya menjadi akun bisnis. Akun Instagram bisnis akan memberi Anda akses ke berbagai alat dan fitur pemasaran yang tidak tersedia di akun pribadi.

Dengan akun bisnis, Anda juga dapat menambahkan tombol kontak yang memudahkan calon pembeli untuk menghubungi Anda. Akun Instagram bisnis juga memungkinkan Anda untuk menambahkan alamat Anda guna membantu pengguna mencari bisnis di wilayah tertentu.

Fitur keren lainnya dari akun Instagram bisnis adalah analitik yang memungkinkan Anda mengevaluasi demografi followers dan melihat keterlibatan setiap posting. Anda juga dapat memanfaatkan iklan Instagram dengan akun bisnis.

4. Buat Plan Feed Instagram Anda

Menggunakan Instagram mendorong penggunanya untuk mengeluarkan kreativitas mereka melalui pengambilan foto yang epik dan mengaturnya sedemikian rupa di feed Instagram mereka. Tidak hanya untuk personal, Anda juga perlu melakukan hal ini terhadap feed Instagram bisnis Anda.

Mulai dari pemilihan warna, filter yang akan digunakan, dan konten apa yang akan diposting. Sebagian besar akun Instagram yang mendapatkan ribuan like dan pengikut menggunakan palet warna yang mencolok sehingga mampu menimbulkan emosi.

Ada juga akun Instagram dengan desain feed minimalis yang memberi kesan sederhana dan simpel. Selain itu ada juga yang memilih warna-warna cerah yang terkesan meriah dan semarak untuk menarik perhatian pengguna IG.

Baca Juga: Mengenal Instagram Impression & Reach

5. Posting Konten Secara Konsisten

Selanjutnya, Anda perlu posting konten pada waktu tertentu dalam sehari akan memberi petunjuk kepada pengikut Anda kapan harus mengunjungi feed Anda untuk melihat konten baru. Posting di akun Instagram Anda setidaknya sekali sehari dengan konten yang dikuratori dengan baik, menarik, dan relevan.

Tingkatkan konten Anda dengan menggunakan teks singkat dan ringkas. Yang tak kalah penting, gunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas posting Anda.

Selain memposting foto dan video pendek langsung di feed Anda, Instagram juga memungkinkan Anda menggunakan IG TV untuk mempublikasikan video yang lebih panjang. Anda juga bisa memanfaatkan IG stories untuk menunjukkan kepada audiens Anda sekilas tentang keseharian yang terjadi dalam bisnis Anda.

Bahkan, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mempromosikan penawaran terbaru Anda, membuat polling, dan Q&A sehingga pengguna IG dapat dengan mudah berinteraksi dengan Anda.

Itulah beberapa tips membuat profil menarik di Instagram untuk bisnis yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness. Ternyata cukup mudah, bukan? Anda hanya perlu kreatifitas dan konsistensi yang tinggi dalam menjalankannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *