Marketing

Tips Membangun Brand Identity Kuat untuk Bisnis Anda

membangun brand identity

Dalam digital marketing, kita sering mendengar istilah brand awareness. Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness ini adalah dengan menguatkan brand identity dari bisnis Anda. Yes, bisa dibilang brand identity ini sangat penting untuk membentuk persepsi masyarakat pada bisnis yang Anda miliki. Lalu bagaimanakah cara membangun brand identity?

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai tips membangun brand identity dari bisnis Anda, Anda pun harus memahami terlebih dulu apa itu brand identity. Brand identity atau identitas merek ini adalah kumpulan dari seluruh elemen yang dibuat perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat dari brand mereka untuk para konsumennya.

Ketika bisnis atau perusahaan punya brand identity yang kuat, maka brand tersebut akan dengan mudah dikenali oleh masyarakat. Bahkan masyarakat pun bisa saja jadi sangat loyal pada brand Anda, karena merasa punya persepsi yang baik pada brand atau bisnis Anda. Brand identity ini juga dapat menjadi pembeda dari kompetitor bisnis Anda.

Baca Juga: Pengertian Brand Awareness, Tujuan dan Cara Meningkatkan Brand Awareness

Tips Membangun Brand Identity Kuat Pada Bisnis

tips membangun brand identity

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun kekuatan dari brand identity bisnis Anda, yaitu:

1. Riset pasar

Riset pasar adalah hal yang wajib dilakukan oleh brand, sebelum mulai perencanaan strategi dalam membentuk identitas merek bisnis Anda. Anda harus paham siapa target pasar brand Anda.

Anda dapat mencari tau bagaimana konsumen melihat produk atau jasa yang Anda jual. Lalu, analisis kompetitor bisnis Anda, untuk mengetahui bagaimana strategi mereka dalam memikat konsumen dan mengembangkan bisnisnya. Dengan begini, Anda pun paham tentang strategi seperti apa yang cocok untuk bisa membangun identitas merek bisnis Anda.

2. Ciptakan karakter dan nilai dari brand Anda

Karakter dan nilai yang ditampilkan oleh brand Anda akan berdampak pada komunikasi yang dipakai pada materi marketing ataupun jenis komunikasi lainnya. Ini juga akan memengaruhi bagaimana persepsi masyarakat melihat brand Anda.

Anda harus bisa menentukan karakter serta nilai yang ingin disampaikan pada pelanggan. Ini akan jadi dasar penting dalam membangun brand identity.

3. Kesan yang unik

Manusia mungkin akan lebih mudah mengingat sesuatu yang ‘berbeda’ atau unik. Nah, Anda dapat membuat kesan yang unik dari brand Anda, seperti melalui gambar yang iconic, slogan yang menarik dan lainnya.

Ingat pula kalau kesan pertama adalah hal penting. Maka Anda harus dapat membuat calon konsumen Anda tertarik di saat-saat pertama tersebut.

4. Desain brand yang menarik

Bisa dibilang ini masih berkaitan dengan kesan unik yang Anda harus tampilkan. Karena, bicara soal identitas, pastinya ada kaitannya dengan seluruh desain terkait brand, seperti logo, website, media sosial, packaging dan lainnya.

Anda harus memastikan bahwa seluruh desain brand ini dapat menciptakan identitas yang harmonis, baik dalam segi warna, tipografi, bentuk, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Membangun Konsistensi Brand Untuk Bisnis Anda!

5. Konsistensi

Setelah seluruh elemen dari identitas brand Anda sudah dibuat sedemikian rupa, maka pastikan kalau seluruhnya tidak berubah-ubah atau konsisten. Karena, konsistensi ini merupakan hal yang akan membantu konsumen untuk terus mengingat brand Anda.

Bila Anda membuat desain, memberikan kesan ataupun cara promosi yang terus berubah-ubah, maka akan sulit bagi banyak orang, termasuk pelanggan Anda untuk mengingat brand Anda.

Pentingnya Brand Identity yang Kuat

pentingnya membangun brand identity

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa brand identity ini sangat penting untuk bisnis atau brand Anda. Berikut ini penjelasannya:

  • Membangun loyalitas konsumen; brand identity ini akan membangun loyalitas dari konsumen Anda serta kepercayaan mereka pada brand Ini karena konsumen merasa ‘terhubung’ dan punya persepsi baik dengan produk ataupun brand Anda tersebut.
  • Mudah dikenali; ketika Anda memiliki identitas yang berbeda dari yang lain serta menarik, tentunya brand ataupun bisnis Anda akan jadi mudah dikenali oleh pelanggan. Terkadang juga pelanggan lebih memilih membeli produk yang mereka sudah familiar, sehingga ini pun akan berkaitan dengan tingkat penjualan.
  • Lebih mudah bersaing dengan kompetitor; ketika brand identity Anda kuat, memiliki keunikan tersendiri yang menarik bagi pelanggan, maka Anda bisa lebih mudah bersaing dengan kompetitor, bahkan dapat lebih unggul.
  • Meningkatkan profit; lagi-lagi, terkait dengan brand identity ini pastinya akan berhubungan dengan peningkatan penjualan dan juga profit bisnis Anda. Jika kredibilitas brand Anda baik, pelanggan pun loyal, maka pelanggan baru pun akan berdatangan. Hal ini tentunya akan meningkatkan profit bisnis Anda.

Itulah beberapa terkait pentingnya brand identity dan juga tips untuk membangun brand identity yang kuat bagi bisnis yang Anda jalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *