Sosial Media

Mengenal Instagram Impression & Reach

Mengenal Impressions & Reach Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer di Indonesia selain Facebook dan Twitter. Pengguna Instagram yang semakin bertambah dari waktu ke waktu juga berdampak terhadap semakin tingginya kompetisi untuk menarik perhatian audiens di media sosial tersebut. Maka, Instagram pun memiliki metrik yaitu Instagram Impression & Reach untuk mengukur kesuksesan Instagram Marketing.

Impression dan Reach pada Instagram

Instagram Impression

Impresions Instagram

Sumber Gambar: RepublicWorld.com

Sama seperti media sosial lainnya, Instagram juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan promosi bagi para pelaku bisnis. Setiap pelaku bisnis yang melakukan Instagram marketing tentunya ingin tahu seberapa efektif konten yang dibuat. Instagram impression merupakan metrik yang menunjukkan statistic penayangan dari suatu iklan atau postingan di Instagram.

Memantau statistic impression ini sangat penting karena akan memberikan pemahaman mengenai performa konten Anda sekaligus mengetahui apakah postingan tersebut muncul ke pengguna baru atau yang pengguna yang sudah pernah melihat konten itu sebelumnya.

Baca Juga: 20 Ide Feeds Instagram Terbaik dan Tergokil yang Harus Anda Coba

Instagram Reach

Sumber Gambar: Insider.com

Jika Impression mengukur jumlah penayangan sebuah postingan secara keseluruhan, Instagram reach hanya mengukur statistic penayangan unik dari postingan Anda. Ini artinya, jumlah Instagram reach adalah total orang yang sudah melihat postingan Anda.

Bagaimana Cara Mengetahui Instagram Impression & Reach?

Fitur Impression dan Reach sebenarnya tersedia untuk semua pengguna Instagram. Berikut adalah langkah atau cara untuk mengetahuinya

  • Jalankan aplikasi Instagram Anda
  • Masuk ke bagian Profil
  • Pilih Professional Dashboard > All Insight

Di bagian inilah Anda dapat mengetahui berapa Impression dan Reach keseluruhan dari postingan yang Anda buat dalam periode waktu tertentu

Mana Lebih Penting: Impression atau Reach?

Setelah mengetahui hasil statistic dari Impression maupun Reach, mungkin Anda bertanya-tanya manakah yang perlu dioptimasi agar marketing dapat sesuai dengan target yang ditentukan. Sebenarnya untuk menentukan apakah Impression atau Reach yang perlu dioptimasi, itu tergantung dari tujuan strategi pemasaran yang dilakukan.

Contohnya jika tujuan utama Instagram Marketing Anda adalah memperluas jangkauan akun dan menciptakan brand awareness, maka metrik yang perlu dioptimasi adalah bagian Reach. Sementara itu mengingat Impression juga merupakan indikasi seberapa sering konten Andatayang, memantau Impression juga menjadi peluang untuk membangun brand loyalty atau komunitas. Dengan memantau jumlah Impressions, Anda akan lebih mudah mengetahui postingan yang mendapatkan interaksi paling banyak dari para followers.

Baca Juga: Tips and Trick Meningkatkan Engagement Instagram

Angka Impressons yang Ideal Untuk Instagram

Sampai saat ini belum ada angka pasti yang dapat menjadi pedoman jumlah Impression yang baik. Pasalnya setiap akun pasti memiliki perilaku audiens dan demografi yang berbeda-beda. Angka  terbaik yang dapat digunakan sebagai parameter pertumbuhan Impression dari akun Anda adalah metrik itu sendiri dari periode sebelumnya.

Jika jumlah Impressions lebih tinggi dari jumlah Impressions bulan lalu, maka strategi konten yang dilakukan berhasil. Sebaliknya jika angka Impression menurun, Anda perlu segera melakukan penyesuaian atau perubahan strategi agar angka Impression tersebut meningkat.

Tips Meningkatkan Instagram Impression dan Reach

Untuk meningkatkan Impression dan Reach, ada beberapa tips yang dapat dicoba yaitu:

Kenali Profil Audiens Dengan Baik

Buat materi konten sesuai usia followers atau audiens Anda. Ini artinya konten yang dibuat sesuai dengan usia target konsumen.

Konten Menarik

Untuk membuat postingan, gunakan gambar atau video yang berkualitas dengan resolusi tinggi sehingga nyaman dilihat. Sebisa mungkin, gunakan gambar Anda sendiir, bukan milik orang lain.

Font Mudah Dibaca

Pilih font dan ukuran yang proporsional yakni mudah dibaca sehingga audiens merasa nyaman melihat konten tersebut.

Warna Solid

Hindari menggunakan lebih dari 1 (satu) warna primer. Pilihlah kombinasi warna yang menarik sehingga audiens tertarik melihat konten tersebut.

Caption Menarik

Buatlah caption yang anti mainstream dan tidak membosankan. Story telling merupakan metode yang bagus dan cukup efektif. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan gaya bahasa target audiens.

Manfaatkan Hashtag

Hashtag merupakan salah satu cara mudah untuk menemukan postingan di Instagram. Jadi Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui hashtag populer. Namun usahakan untuk menggunakan hashtag seperlunya sesuai konten.

Demikian sedikit informasi mengenai Instagram Impression & Reach dan tips untuk meningkatkannya. Keduanya merupakan metrik penting untuk mengetahui efektivitas dari postingan maupun iklan Instagram Anda. Informasi mengenai Impression dan Reach Instagram ini nantinya dapat digunakan untuk memperbaiki atau mengatur strategi marketing Anda.

Mau mendapatkan hasil Impression & Reach terbaik? Yuk gunakan layanan dari Buzzup.id. Kami memiliki layanan sosial media marketing yang akan membantu Anda dalam meningkatkan impressions, Reach, dan engagement dari akun bisnis Anda. Hubungi tim kami untuk mendapatkan informasi lengkap.

jasa social media marketing di buzzup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *