Fungsi Instagram dimata pebisnis, biasanya adalah sebagai media promosi. Namun diluar itu sebenarnya ada fungsi tersembunyi dari Instagram untuk bisnis, yang belum banyak orang sadari. Bahkan dengan adanya Instagram for business, semakin mengukuhkan dukungan Instagram bagi para pebisnis.
Sekilas tentang Bisnis Akun Instagram
Secara garis besar bisnis akun adalah tipe akun dari Instagram, yang dibuat untuk memaksimalkan pebisnis dalam penggunaan Instagram. Dengan menggunakan akun bisnis, para pelaku bisnis dibebaskan untuk menjelajahi segala fitur pendukung bisnis seperti beberapa fitur di bawah ini:
- Fitur Performa (Insights) untuk feed maupun stories.
- Fitur Promoted post untuk feed maupun stories.
- Bio bisnis (penambahan informasi tambahan).
- Optimasi budget pada fitur promosi.
- Auto Reply dan Quick Reply.
- Fitur Filter Inbox.
- Fitur Siaran Langsung (Live).
- Marketplace (Toko Online).
- Menambahkan Tautan ke Website di stories.
- Dan masih banyak lagi.
Baca Juga: Gampang Banget! 10 Langkah Saja Untuk Buat Reels IG
7 Fungsi Instagram untuk Bisnis yang Belum Banyak Orang Sadari
Dengan adanya akun bisnis dan segala fiturnya, kini pebisnis bisa merasakan fungsi Instagram secara penuh untuk perkembangan bisnisnya. Hal tersebut tentunya selaras dengan treatment yang diberikan pebisnis untuk masing-masing fungsi ini.
1. Analisis Bisnis
Fungs Instagram yang pertama adalah untuk menganalisa bisnis melalui fitur Insights. Fitur ini akan memberi bisnis semua data penting yang perlu mereka ketahui tentang performa akun mereka, terutama pada kinerja postingan mereka.
Hal ini memungkinkan pebisnis melakukan analisa pada performa sosial media perusahaan, dalam berbagai pilihan periode hitung. Dengan fitur ini pebisnis juga bisa menganalisa apa yang disukai dan dibutuhkan pelanggan, mengetahui niche produk, dan efektifitas promosi dari perhitungan dan analisa yang sistematis.
2. Membangun Brand Image Produk maupun Bisnis
Instagram juga memungkinkan sebuah bisnis membangun brand image dari produk, bisnis, bahkan membangun pengikut secara organik. Algoritma dari Instagram memungkinkan hubungan alami terjadi antara brand dan pengikutnya sejak awal, bahkan tanpa harus memaksa koneksi dengan iklan berbayar.
3. Membangun Hubungan Pelanggan
Fungsi Instagram yang selanjutnya adalah membangun hubungan dengan pelanggan. Dengan bantuan analisa Instagram, pebisnis dapat lebih massie untuk berinteraksi dengan pengikutnya.
Hal ini memungkinkan bisnis mendapatkan pelanggan potensial, loyalitas pelanggan, pelanggan baru, dan kenyamanan pelanggan terhadap pelayanan. Bahkan dengan interaksi dua arah pebisnis dapat memahami pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada produk yang dipasarkan.
4. Meningkatkan Lalu Lintas Website Bisnis
Instagram bisa menjadi sarana promosi terbaik dan mengubah pengikutnya menjadi pengunjung website bisnis. Hal ini akan mendongkrak angka lalu lintas pengunjung pada situs web bisnis. Sehingga peluang untuk mendapatkan konversi juga akan semakin tinggi.
5. Meningkatkan Akurasi Promosi
Dengan menggunakan sistem analisa mendalam, pebisnis dapat melakukan promosi yang lebih terarah pada audience yang ditargetkan. Hal ini sangat didukung dengan adanya fitur opsi penargetan lanjutan pada iklan melalui Instagram.
Pebisnis akan dibebaskan untuk menargetkan audience yang dituju, melalui opsi penargetan audience. Hal ini mencakup informasi target audience dari status demografi, usia, jenis kelamin, pendapatan dan lain sebagainya. Bahkan fitur ini juga memberikan layanan optimasi budget untuk performa pemasaran yang lebih baik.
Baca Juga: Mulai Dari Nett Hingga Caption, Istilah Jual Beli Di Instagram
6. Fungsi Instagram untuk Menjangkau Audiens Baru
Fungsi berikutnya dari pemanfaatan Instagram bisnis, adalah memungkinkan bisnis menjangkau audiens baru dengan lebih mudah. Selain algoritma yang mendukung, pebisnis dapat memanfaatkan kekuatan hastag dan juga ilmu copywriting pada pembuatan kontennya.
7. Meningkatkan Daya Beli dari Audiens Tertarget
Dari semua fungsi Instagram yang ada, meningkatkan daya beli adalah hal yang harus pebisnis manfaatkan. Bagaimana tidak selain algoritma yang mendukung, lebih dari sepertiga pengguna internet menggunakan media sosial ini. Bahkan 70% lebih telah menggunakan aplikasi ini untuk jual beli produk.
Hal ini semakin mendorong minat pebisnis dalam pemanfaatan Instagram dengan lebih maksimal. Bahkan pebisnis juga dibekali dengan fitur khusus untuk bisnis, yang memungkinkan untuk peningkatan daya beli produk yang dipasarkan.
Nah itulah beberapa penjelasan singkat dan fungsi Instagram untuk sebuah bisnis. Melihat performa yang diberikan, pastinya akan sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan media sosial ini untuk bisnis yang Anda bangun.
Mau membangun Instagram untuk bisnis tapi tidak punya tim? Diskusikan saja dengan tim Buzzup.id. Kami memiliki tim profesional yang akan membantu Anda dalam membangun Instagram untuk bisnis Anda.