Marketing

Begini Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Fitur Menarik yang Dimilikinya

Instant Messenger bernama WhatsApp jadi aplikasi chat yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi. Begitupun dalam hal bisnis, ternyata WhatsApp pun memerhatikan para pelaku bisnis dengan menghadirkan WhatsApp Bisnis. Membuat WhatsApp Bisnis akan memudahkan pelaku bisnis untuk tetap terhubung dan berkomunikasi dengan konsumen secara efektif.

Awal tahun 2018 lalu, WhatsApp mulai mengenalkan aplikasi ini, dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia, khususnya para pebisnis online. Inilah beberapa hal tentang WhatsApp bisnis yang harus Anda ketahui.

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

WhatsApp Bisnis adalah sebuah aplikasi yang diciptakan untuk para pemilik bisnis, dan dapat diunduh secara gratis. Dengan adanya WhatsApp Bisnis ini, para pelaku bisnis akan lebih dimudahkan untuk dapat terhubung dengan para konsumennya serta membangun loyalitasnya.

Ada beberapa keunggulan bila Anda menggunakan WhatsApp Bisnis untuk bisnis Anda, yaitu komunikasi dengan pelanggan tentunya akan jadi lebih mudah, bisnis pun akan lebih terlihat terpercaya dan profesional, dan Anda jadi lebih mudah mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Perlu diketahui, WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp personal adalah dua hal yang berbeda. Pemakaian aplikasinya pun berbeda. Jadi, bila Anda ingin menggunakan WhatsApp Bisnis, Anda harus men-download-nya terlebih dulu.

Baca Juga: 8 Tips Membuat CTA yang Nendang untuk Konversi

Fitur Menarik WhatsApp Bisnis

Membuat Whatsapp Bisnis untuk Memudahkan komunikasi dengan pelanggan
Source: Regardnews.com

Berbeda dari WhatsApp personal, WhatsApp Bisnis punya beragam fitur menarik yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan juga efisien.

Nama akun pengguna

WhatsApp Messenger biasanya, Anda bisa mengganti nama akun kapan saja, bahkan dapat memasukkan emoji di dalam nama akun Anda. Namun, dalam WhatsApp Bisnis, ada beberapa ketentuan dalam membuat nama akun bisnis yang harus Anda patuhi.

Aturan ini yaitu, tidak boleh menulis nama akun bisnis dengan huruf kapital, kecuali untuk akronim, dan hanya diperbolehkan huruf pertama saja yang dapat menggunakan huruf kapital. Lalu, hanya boleh menggunakan sebuah spasi di antara nama bisnis Anda, tidak menambahkan tanda baca, tidak menambahkan karakter yang bukan angka atau huruf, dan nama bisnis tidak boleh hanya terdiri dari nama lengkap seseorang, istilah umu, lokasi geografis umum ataupun kurang dari 3 karakter.

Selain itu, Anda tidak bisa mengubah nama bisnis Anda, karena bila dilakukan, maka ini akan menghilangkan status akun bisnis resmi Anda.

Profil

Profil ini berisikan informasi dari bisnis Anda, seperti nama, alamat, kategori bisnis, email, deskripsi, dan juga situs website yang Anda miliki. Di profil akun bisnis Anda juga bisa ditambahkan tautan halaman Facebook dan Instagram.

Pesan otomatis

Ada 3 fitur balas otomatis dalam WhatsApp Bisnis yang tidak dimiliki WhatsApp Messenger, yaitu Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies.

Away Message adalah fitur dari balas pesan otomatis saat ada pesan masuk di luar jam kerja atau ketika bisnis sedang tidak beroperasi. Anda pun bisa membuat isi pesan balasan ini sesuai keinginan Anda.

Greeting Message adalah fitur balas pesan otomatis yang dapat Anda kirim ketika pelanggan pertama kali menghubungi WhatsApp Bisnis Anda. Sedangkan Quick Replies adalah fitur yang bisa digunakan untuk membuat teks balasan untuk setiap pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen.

Katalog

Dalam WhatsApp Bisnis juga terdapat sebuah fitur katalog yang akan menampilkan produk yang Anda tawarkan. Fitur ini akan menjadi semacam etalase dari produk Anda yang bisa dilihat oleh konsumen di profil Anda.

Bukan hanya terdiri dari foto, tapi juga terdapat detail keterangan serta harga produk dalam katalog tersebut. Untuk membuat katalog ini, Anda cukup membuka menu Pengaturan-Pengaturan Bisnis-Katalog. Lalu tambahkan foto, keterangan, deskripsi dan juga harga produk. Selain itu, Anda bisa menambahkan link yang berkaitan dengan produk, seperti link ke toko online yang Anda miliki.

Fitur katalog ini memungkinkan Anda menambahkan foto hingga 500 foto, lho.

Statistik pesan

Dalam aplikasi ini juga ada fitur yang bisa meninjau jumlah statistik pesan yang sudah terkirim, diterima dan juga dibaca. Fitur ini akan sangat membantu untuk meninjau pesan mana yang efektif. Untuk menggunakan fitur ini Anda dapat membuka WhatsApp Bisnis-Tombol Menu-Setelan-Setelan Bisnis-Statistik.

Kategori Bisnis

Dalam kolom profil, terdapat menu Kategori Bisnis, di mana Anda dapat memilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda. Namun bila kategori bisnis Anda tidak ada dalam list, maka Anda dapat memilih menu ‘Others’.

Kategori ini akan membantu para pelanggan untuk mengetahui bisnis Anda dengan mudah.

Label

Fitur satu ini adalah fitur pengelompokan chat berdasar kriteria-kriteria tertentu, seperti prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan juga pesan selesai. Label ini bisa Anda hapus ataupun tambah sesuai keinginan.

Untuk menggunakan fitur label, Anda cukup ketuk dan tahan chat-pilih Label-pilih label yang ingin diberikan/membuat label baru untuk chat tersebut.

Untuk menemukan konten berlabel, Anda bisa melakukannya dengan membuka layar chat-klik tombol menu-Label-klik salah satu label yang ingin dilihat.

Dan untuk mengelola label, Anda bisa melakukannya dengan membuka layar chat-klik tombol menu-Label. Anda dapat mengedit dan menghapus label, juga menambah warna label agar dapat lebih mudah membedakannya, dan juga membuat pesan broadcast yang dapat dikirim ke beberapa konsumen dengan label tertentu.

Baca Juga: Apa itu Buyer Persona Dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Tanda centang akun bisnis

WhatsApp Bisnis akan memverifikasi akun-akun bisnis dengan nomor telepon yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Setelah itu, mereka akan memberi centang berwarna hijau untuk akun yang sudah terverifikasi.

Bila akun Anda sudah terverifikasi sebagai akun bisnis resmi, maka pelanggan akan melihat sebuah tanda centang hijau di profil Anda atau di samping judul chat. Selain itu, nama bisnis Anda pun bisa langsung terlihat walaupun pelanggan belum menyimpan nomor Anda.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat WhatsApp Bisnis:

1. Download WhatsApp Bisnis

Pertama-tama, pastinya Anda wajib mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis di Play Store (Android) ataupun App Store (iOS).

2. Daftarkan Nomor Telepon

Sebaiknya gunakan nomor telepon khusus bisnis untuk memudahkan proses verifikasi akun. Nomor khusus ini juga akan menghindarkan tercampurnya urusan pribadi dengan bisnis.

3. Melengkapi Profil Bisnis

Setelah mendaftarkan nomor telepon Anda, Anda harus melengkapi profil bisnis Anda, dengan cara klik menu Settings-Business Settings-Profile.

Pastikan kalau seluruh detail yang tercantum di dalamnya tersebut sudah akurat dan sesuai, seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email dan juga website yang Anda miliki.

Anda juga dapat mengunggah foto-foto produk pada katalog untuk memudahkan pelanggan untuk melihat produk yang Anda jual.

4. Membuat Menu Balas Pesan Otomatis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WhatsApp Bisnis memiliki fitur balas pesan otomatis. Ini akan memudahkan Anda untuk membalas pesan pelanggan dengan cepat, terutama saat di luar jam kerja.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan klik Settings-Business Settings-pilih Away Message/Greeting Message/Quick Replies. Anda juga bisa mengatur waktu pengiriman pesan tersebut.

Nah, itu tadi beberapa hal tentang WhatsApp Bisnis yang bisa Anda maksimalkan penggunaannya untuk menunjang bisnis yang Anda jalani.

Mau bisnis Anda tampil lebih keren di dunia digital, Anda bisa berkolaborasi dengan Buzzup.id. Buzzup.id sebagai Creative dan Digital Agency akan membantu Anda bisa tampil menarik di dunia digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *