Sosial Media

Kumpulan Ide Konten Instagram Edukasi yang Informatif untuk Para Followers!

Source: Pedagoo.com
Ide Konten Instagram Edukasi

Jika Anda adalah seorang guru atau pendidik maka cobalah memanfaatkan akun sosial media yang dimiliki untuk membagikan informasi-informasi edukatif. Beragam ide konten Instagram edukasi bisa Anda unggah setiap harinya untuk para followers. Dibandingkan hanya memposting foto atau video kegiatan sehari-hari, membagikan informasi pendidikan tentu akan jauh lebih bermanfaat.

Tak hanya itu saja, kemajuan era digital sudah seharusnya dimanfaatkan dengan lebih baik lagi oleh para pendidik terutama para pendidik dari kalangan milenial. Secara tidak langsung, membagikan konten-konten edukasi di Instagram juga turut membantu followers Anda mendapatkan ilmu dan informasi secara lebih cepat dan praktis.

Infografis Materi Pelajaran

Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk membagikan infografis materi pembelajaran yang Anda ajarkan kepada siswa lewat Instagram. Cara seperti ini pada dasarnya memang lebih disukai oleh para siswa masa kini. Selain lebih kekinian, infografis pembelajaran lewat Instagram juga lebih memudahkan mereka untuk memahami materi pembelajaran.

Visual Instagram menjadikan siswa lebih betah menghabiskan banyak waktu pada platform sosial media populer yang satu ini. Oleh sebab itu, infografis pembelajaran via Instagram termasuk strategi efektif untuk menarik minat belajar siswa.

Baca Juga: 7 Ide Konten Instagram Bisnis untuk Meningkatkan Viewers

Live Streaming

Ide konten Instagram edukasi
Source: Dvarta.com

Ide konten Instagram edukasi selanjutnya yang bisa para edukator coba ialah dengan memanfaatkan fitur Live Streaming Instagram. Lewat fitur ini Anda bisa melakukan pembelajaran interaktif bersama banyak siswa.

Tak hanya itu saja, Anda pun tetap bisa membagikan materi pelajaran meskipun tak sedang berada di sekolah. Anda bisa mengajar dari mana saja dan kapan saja. Biasanya, beberapa siswa yang pasif di kelas akan menunjukkan keaktifannya lewat interaksi Live Steraming.

Membagikan Hari-Hari Penting

Tak hanya materi pembelajaran, Anda juga bisa membagikan informasi mengenai hari-hari penting kepada followers. Hari-hari penting yang dimaksud tak hanya berupa hari kemerdekaan Republik Indonesia atau hari raya keagamaan. Anda bisa memposting hari-hari bersejarah di dunia seperti hari Bumi, hari kelahiran para ilmuwan dunia atau peristiwa penting lainnya di dunia.

Video Pembelajaran

Konten video pembelajaran Instagram
Source: Guruinovatif.id

Anda juga bisa membagikan berbagai macam materi pelajaran dalam bentuk video lewat akun Instagram Anda. Materi pelajaran dalam bentuk video tentu akan lebih digemari oleh siswa. Buatlah video pembelajaran seunik dan sekreatif mungkin untuk menarik perhatian siswa. Manfaatkan berbagai fitur-fitur yang disediakan Instagram saat mengedit video materi pembelajaran.

Informasi Beasiswa

Jangan lupa juga untuk membagikan informasi seputar beasiswa atau lomba-lomba penting lainnya yang sedang berlangsung. Bisa jadi, berkat informasi beasiswa ataupun lomba yang dibagikan beberapa followers atau mungkin siswa Anda berhasil lolos dan sukses mengikuti program tersebut.

Tips dan Trik

Tips dan trik termasuk ide konten Instagram yang banyak dicari oleh para followers saat ini. Anda bisa mengunggah tips dan trik lolos SNMPTN, beasiswa dan lomba-lomba lainnya hingga tips memilih jurusan ataupun kampus yang sesuai dengan minat siswa.

Baca Juga: Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis dan Contoh Kontennya

Sosok Inspiratif

Sosok inspiratif
Source: Tribunnews.com

Konten mengenai sosok inspiratif bisa Anda jadikan sebagai konten harian atau mingguan. Pilihlah sosok yang memang benar-benar patut dijadikan inspirasi dan motivasi bagi siswa untuk mengejar cita-cita mereka. Beberapa tokoh inspiratif yang tengah menjadi trending pembicaraan dan bisa dijadikan konten pada akun Instagram Anda seperti Cinta Laura, Tasya Kamila, Maudy Ayunda, Jerome Pollin, Nadiem Makarim hingga tokoh-tokoh inspiratif di bidang pendidikan lainnya.

Q & A

Ide konten Q & A juga menjadi konten edukasi Instagram yang menarik untuk diunggah. Anda bisa membuat kuis atau membuka diskusi virtual antar siswa lewat segmen Q & A. Manfaatkan fitur Q & A yang telah disediakan Instagram untuk memulai konten Q & A ini.

Kuis dan Giveaway

Dari segi strategi marketing atau untuk meningkatkan banyak engagements dari para followers maka tak ada salahnya jika Anda juga rutin membagikan konten kuis dan giveaway. Mengadakan kuis berhadiah dan giveaway juga dapat mendekatkan interaksi Anda dengan para followers baru.

Karena akun Instagram Anda fokus pada niche konten edukasi maka pastikan untuk membuat kuis dan giveaway yang berbau edukasi pula. Anda bisa memberikan hadiah berupa buku, voucher belanja di toko buku atau mungkin uang tunai jika memang memungkinkan.

Nah, itulah beberapa ide konten Instagram edukasi yang cocok dijadikan sebagai konten rutin oleh para pendidik, baik itu guru, instruktur ataupun dosen. Dengan rutin membagikan konten edukatif, bisa saja Anda akan menjadi the next influencer atau selebgram dari kalangan edukator.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *