Sosial Media

Cara Mudah Menjalankan Facebook Ads

Source: Themarketing folks.com
Menjalankan Facebook Ads

Meningkatkan penjualan pada sebuah bisnis menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah pertumbuhan bisnis. Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan penjualan salah satunya adalah melalui promosi menggunakan Facebook Ads. Tetapi masih banyak pelaku bisnis yang masih bingung dalam menjalankan Facebook Ads untuk promosi.

Penggunaan media sosial yang semakin meningkat menjadikan peluang promosi pada media sosial semakin besar. Salah satu media sosial yang masih digemari dan memiliki potensi peluang yang besar adalah Facebook. Apalagi dengan adanya fitur Facebook Ads pastinya akan memudahkan anda dalam urusan promosi produk atau jasa melalui media sosial Facebook.

Namun yang perlu disayangkan adalah masih banyak yang belum menyadari kekuatan yang dapat diberikan dari beriklan melalui Facebook ads, entah karena masih awam, atau mungkin tidak tahu cara pengoperasiannya. Maka dari itu artikel ini akan membahas cara mudah menjalankan facebook ads.

Mengenal Facebook Ads

Sebelum menuju pada panduan mudah pengoperasian facebook ads, ada baiknya anda mengenal apa itu Facebook ads? Sebagai jejaring sosial terbesar Facebook memungkinkan penggunanya untuk melakukan iklan terstruktur dengan bantuan kecerdasan buatan melalui fitur Facebook ads.

Facebook ads sendiri bisa diberikan adalah fitur yang sangat memudahkan dalam melakukan proses iklan pada sebuah page atau akun bisnis yang anda kelola di facebook. Iklan yang dipromosikan melalui Facebook ads akan langsung disalurkan pada target pasar yang telah diatur sebelumnya.

Mesin kecerdasan buatan pada fitur ini akan membantu pengguna menemukan target paling signifikan melalui pengaturan yang dapat disesuaikan sendiri dengan menghitung modal yang telah dikeluarkan.

Dengan kata lain fitur ini dapat memberikan penawaran pada target yang dianggap sesuai dengan kriteria yang telah diberikan. Dengan begitu kemungkinan traffic naik akan semakin tinggi.

Pada Facebook ads sendiri pengguna akan dibebaskan dalam berkreasi karena iklan yang dimuat dapat berupa gambar, video maupun perpaduan gambar dan video. Pengguna juga dapat menentukan tujuan iklan untuk pengenalan produk, mendatangkan traffic maupun mendatangkan lead atau calon customer.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Google Ads Untuk Pemula

Kenapa Harus Menggunakan Facebook Ads

Menjalankan Facebook Ads dengan Mudah
Source: Cobe.my

Ada beberapa alasan kenapa anda harus memanfaatkan fitur Facebook ads ini. selain memberikan banyak manfaat ada beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan bagi para pengguna Facebook ads.

Fiter Pengguna pada Target Spesifik

Miliyaran orang pengguna aktif dari Facebook adalah pasar yang sangat menggiurkan. Namun tidak semua pengguna Facebook adalah konsumen yang cocok untuk produk yang ingin anda pasarkan,

Dengan menggunakan Facebook ads, sistem mampu melakukan filter berdasarkan karakteristik target promosi melalui serangkaian pengaturan yang akan dilakukan pengguna sebelum melakukan iklan.

Sehingga target yang dipilih adalah target yang benar-benar memiliki peminatan tinggi pada produk serupa. Dengan begitu persentasi traffic dan peluang konversi akan menjadi lebih besar,

Jangkauan Lebih Luas

Facebook ads memungkinkan pengguna untuk mengeruk pasar pada niche market  yang lebih besar. Jika anda belajar melakukan iklan melalui fanspage ada baiknya anda mencoba Facebook ads untuk merasakan dampak lebih positif.

Jangkauan dari fanspage tentu saja memiliki peminatan yang masih sangat random. Selain itu jangkauan yang kecil pada lingkup yang terbatas dapat diatasi dengan penggunaan Facebook ads.

Bahkan pengguna dapat menentukan sendiri seberapa jauh maupun segmentit dari target yang ingin dijangkau. Dengan bantuan sistem kecerdasan buatan anda tidak perlu repot dalam melakukan iklan pada media sosial Facebook.

Fitur Remarketing

Seperti halnya pada Google ads, fitur Facebook satu ini memungkinkan pengguna menautkan website bisnis yang telah terverifikasi sehingga kemungkinan mempertahankan pelanggan menjadi lebih besar.

Target promosi tidak hanya disuguhkan pada katalog yang diiklan kan melalui facebook ads. Namun fitur ini dapat memberikan pengetahuan lebih pada produk dan bisnis anda melalui website maupun katalog yang anda kelola

Budgeting yang Lebih Maksimal

Biaya yang anda keluarkan untuk iklan di Facebook ads bisa terbilang cukup murah, karena fitur ini mampu memberikan efek yang besar jika dilakukan treatment dengan baik dan benar.

Bahkan dengan modal 10.000 saja anda sudah bisa melakukan iklan secara sistematis melalui fitur media sosial ini. Apalagi dengan dukungan fitur optimasi anggaran yang ditawarkan. Iklan yang anda lakukan akan lebih efisien.

Jenis Iklan yang Beragam

Untuk beriklan pada layanan Facebook ads pengguna dapat memvariasikan jenis iklan yang ingin di promosikan. Dengan begitu iklan menjadi tidak monoton dan pastinya dapat menarik perhatian dari target customer.

Beragam jenis seperti Facebook photo ad (gambar, tombol CTA, dan link tautan), video ad (video, tombol CTA, dan link tautan), Slideshow (kombinasi gambar + video, tombol CTA, dan link tautan), Carousel (gambar bersambung, tombol CTA, dan link tautan), dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: FB Ads Untuk Bisnis: Pengertian, Kelebihan dan Cara Membuatnya

Cara Mudah Mengoperasikan Facebook Ads

Setelah mengenal Facebook ads kini anda siap untuk melakukan pengoperasian Facebook ads. Untuk mengoperasikan Facebook ads, anda harus memiliki page atau halaman tentang produk atau bisnis yang anda jalankan.

Untuk langkah selanjutnya anda bisa mengikuti langkah mudah mengoprasikan facebook ads dibawah ini.

  • Buka Facebook ads manager melalui browser kesayangan anda, login dengan akun yang tertaut dengan halaman yang anda buat sebelumnya.
  • Buka tab kampanye untuk membuat iklan baru yang ingin anda promosikan.
  • Ada dua pilihan menu yaitu iklan cepat dan iklan terpadu, untuk dapat memberikan efek besar ada baiknya anda memilih iklan terpadu. Pada fitur ini anda dapat mengatur target pasar lebih segmented.
  • Pilih tujuan iklan anda. Sebelum membuat iklan baru anda akan diberikan pertanyaan untuk tujuan iklan terpadu tersebut. Sistem akan memproses target paling cocok untuk iklan yang nanti anda buat. Kategori tujuan adalah kesadaran (perkenalan produk atau jasa), pertimbangan (meningkatkan traffic) dan juga konversi (meningkatkan penjualan).
  • Setelah dirasa memilih tujuan yang diinginkan anda akan dibawa untuk memilih jenis iklan yang ingin anda promosikan. Facebook ads memberikan dua opsi yaitu uji split dan juga pengoptimalan anggaran.
  • Jika anda memilih uji split (perbandingan) anda akan diminta melakukan iklan pada dua jennis target yang nantinya anda atur sehingga anda dapat menemukan pasar yang tepat untuk produk maupun jasa yang anda promosikan.
  • Sedangkan jika anda memilih pengoptimalan anggaran, sistem akan memaksimalkan promosi berdasarkan budget yang anda tetapkan sehingga menghasilkan promosi yang lebih efisien terhadap penyebaran, target pasar, maupun penyesuaian dana.
  • Jika sudah selesai dalam memilih jenis iklan langkah selanjutnya adalah menulis nama iklan dan tujuan trafik. Anda dapat menautkan iklan pada situs web, aplikasi, messengger maupun WhatsApp.
  • Jika iklan anda adalah iklan promo maka anda bisa mengaktifkan fitur tampilkan promo untuk lebih menarik minat pelanggan pada produk maupun jasa dengan promo yang berlaku.

Menentukan target

  • Langkah berikutnya anda akan diminta untuk menentukan target audience berdasatkan bebedapa spesifikasi seperti pemirsa khusus, lokasi, umur, jenis kelamin dan bahasa.
  • Setalah anda mengisi semua spesifikasi audience, selanjutnya anda akan dminta untuk menentukan penempatan sehingga produk bisa dipasarkan secara regional maupun sektoral.
  • Anda juga dapat melakukan penjadwalan pada iklan yang ingin di promosikan sehingga anda bisa melakukan pekerjaan selama 1 minggu bahkan lebih dalam 1 kali perjalanan saja.
  • Setelah itu anda hanya perlu mengikuti proses seperti memilih format iklan, pengisian teks maupun deskripsi, memasukkan gambar dan spesifikasi iklan dan seterusnya.
  • Langkah terakhir adalah pembayaran, anda bisa melakukan deposit untuk kenyamanan dalam melakukan iklan Facebook ads.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk menjalankan Facebook ads, bagaimana cukup mudah bukan ? Anda bisa mencobanya dengan menggunakan budget yang kecil terlebih dahulu.  Apabila sudah mahir maka Anda bisa menambah budget Facebook ads untuk bisnis Anda.

Kalau Anda masih bingung dalam memasang iklan FB Ads, Anda bisa mencoba menggunakan layanan dari Buzzup.id. Kami akan mmbuatkan iklan terukur sesuai dengan tujuan iklan yang Anda inginkan dan mendapatkan lebih banyak engagement. Dapatkan penawaran terbaik dari kami dengan klik banner dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *