Sosial Media

FB Ads Untuk Bisnis: Pengertian, Kelebihan dan Cara Membuatnya

FB Ads untuk Bisnis

Media sosial Facebook sebagai salah satu platform populer, memunculkan peluang besar bagi para pebisnis untuk memasarkan produk mereka serta membuat nama bisnis mereka jadi semakin dikenal. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah Facebook Ads. Nah, sebagai pebisnis, tentunya kamu harus paham tentang cara membuat dan juga manfaat FB Ads untuk bisnis.

Facebook Ads atau FB Ads sendiri adalah fitur dari media sosial Facebook yang banyak dimanfaatkan para pebisnis, brand, komunitas, public figure dan siapapun yang ingin mempromosikan produk ataupun jasa melalui Facebook. Nah, ada beberapa hal menarik lain perihal FB Ads ini, mulai dari pengertiannya, manfaatnya serta cara membuat FB Ads.

FB Ads untuk Bisnis

Apa Itu Facebook Ads

Seperti yang sudah disebutkan sebelumny, Facebook Ads adalah tempat beriklan yang targetnya ditujukan pada para pengguna Facebook. Nantinya, iklan akan ditempatkan pada beranda ataupun sidebar.

Pilihan jenis iklan di Facebook dapat berupa video ataupun gambar. Dan kategori iklan berdasar tujuannya pun sangat beragam, mulai dari Page Post Engagement untuk iklan yang tujuannya meningkatkan engagement, Page Likes untuk iklan yang bertujuan meningkatkan likes, Click to Website untuk iklan yang tujuannya call to action yang mengarah ke website, dan lainnya.

Apa itu Facebook Ads?

Kelebihan Facebook Ads Untuk Bisnis

Ada beberapa kelebihan menggunakan Facebook Ads untuk bisnis yang menjadi alasan kenapa banyak pebisnis yang beriklan di platform satu ini:

Pengguna aktif

Bukan hanya banyak dipakai orang, namun Facebook terbilang sebagai salah satu media sosial paling aktif di Indonesia. Bahkan, orang Indonesia sendiri kebanyakan rata-rata menghabiskan 3 jam 23 menit per harinya di Facebook.

Jadi, bisa dibilang bahwa Facebook ini adalah media yang tepat untuk kamu memasarkan ataupun mengenalkan produk atau jasa dari bisnis yang kamu miliki.

Target yang lebih spesifik

Iklan yang dibuat di FB Ads untuk bisnis bisa kamu sesuaikan dengan target bisnis yang kamu miliki, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat dan lainnya. ini tentunya akan membuat iklan yang kamu buat jadi lebih efektif, karena dapat disesuaikan dengan market yang spesifik.

Selain itu, target yang lebih spesifik ini tentunya akan membuat iklan dapat menjaring konsumen yang potensial yang sesuai dengan target konsumen.

Baca Juga: Tips Menjalankan Facebook Ads Campaign Untuk Menarik Banyak Audiens

Demografi pengguna yang beragam

Berkaitan dengan target yang bisa kamu buat spesifik tadi, ini karena pengguna Facebook punya demografi yang beragam. Menurut We Are Social 2018, sekitar 56% pengguna Facebook merupakan pria dan 44% merupakan wanita. Dari kelompok usia pun, penggunanya beragam, mulai dari remaja hingga orang tua.

Dapat menjangkau promosi lokal dan juga internasional

Facebook Ads ini juga punya pengaturan di mana memungkinkan kamu menentukan jangkauan iklan yang kamu buat berdasar wilayahnya. Kamu juga bisa memilih jangkauan ke beberapa negara bila ingin bisnismu dikenal sampai mancanegara. Ataupun bisa juga memilih jangkau di kota tertentu saja agar lebih optimal.

Budget bisa disesuaikan dan cenderung lebih murah

Budget beriklan tentu masuk dalam faktor penting yang harus diperhitungkan untuk bisnis. Dengan Facebook Ads, kamu bisa mengatur sendiri budget yang pas untuk iklan bisnismu. Bukan hanya itu saja, beriklan di Facebook ataupun platform digital lain pun tentunya akan mengeluarkan budget yang lebih sedikit dibanding dengan biaya promosi offline seperti brosur, pamflet, spanduk dan lainnya.

Harga FB Ads untuk bisnis sendiri mulai $0.5 sampai $1. Kamu pun bisa menentukan waktu mulai beriklan dan waktu berakhirnya iklan. Soal pembayaran pun sangat mudah dilakukan, karena bisa melalui pembayaran dengan transfer antar bank.

Meningkatkan brand awareness

Kelebihan lain dari FB Ads untuk bisnis adalah meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Ini karena tidak sedikit pengguna Facebook yang berkali-kali membuka media sosial ini dalam satu hari. Ini adalah peluang agar tarket konsumen bisnis kamu menerima paparan iklan yang sudah kamu pasang. Bahkan bila strategi yang kamu buat sudah tepat, audiens pun bisa menjadi pelanggan, karena iklan membantu membangun kepercayaan audiens.

Remarketing

Facebook Ads serupa dengan Google Ads, di mana terdapat fitur remarketing, yang akan membuat target audience tidak hanya akan melihat iklan bisnismu di Facebook saja, tapi juga di website serta aplikasi yang kerja sama dengan Facebook.

Kamu jadi bisa mempertahankan buying intent target konsumen Skamu dengan iklan di Facebook, website atau aplikasi yang kerja sama tersebut.

Efektif untuk beragam tujuan marketing

Tujuan marketing yang disediakan oleh Facebook Ads pun sangat beragam, mulai dari mendapat trafik, mengumpulkan leads hingga melakukan pembelian. Nah, kamu bisa memilih tujuan marketing yang sesuai dengan bisnis kamu.

FB Ads untuk Bisnis

Cara Membuat Facebook Ads Untuk Bisnis

Setelah mengetahui kelebihan dari FB Ads untuk bisnis dan kamu tertarik untuk mencoba beriklan lewat Facebook Ads, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Membuat Facebook Page

Cara membuat FB Ads yang pertama adalah dengan membuat halaman Facebook atau Facebook Page, bila Anda belum memilikinya. Cara membuat Facebook Page yaitu dengan Log In ke Facebook, kemudian pilih menu halaman dan buat halaman baru. Lalu pilih jenis halaman sesuai bisnis kamu.

Kamu bisa melengkapi informasi yang diperlukan. Setelah selesai membuat Facebook Page, kamu dapat memulai membuat Facebook Ads.

2. Log In Facebook Ads Manager

Kamu bisa melanjutkan prosesnya dengan membuka laman Facebook Ads Manager, lalu Log In akun Facebook yang nantinya akan dipakai untuk mengelola iklan.

3. Buat Iklan

Kamu dapat membuat iklan di FB Ads untuk bisnis dengan 3 alur, yaitu Campaign, Ad Set dan Ad. Campaign atau kampanye dengan satu tujuan spesifik, misalnya untuk mendatangkan trafik atau lalu lintas kunjungan ke website bisnismu. Di setiap campaign akan akan terdapat 1 ataupun beberapa ad sets.

Ad Set atau set iklan bisa terdiri 1 atau beberapa target audiens yang akan kamu tuju, misalnya ad set 1 terdiri dari audien yang berada di Jakarta, dan ad set 2 adalah audien yang ada di Bandung. Sedangkan Ad atau iklan adalah masing-masing iklan yang bisa berisikan gambar, tautan ataupun teks yang berbeda.

Tujuan Iklan

Dalam tab Campaign atau Kampanye kamu bisa klik buat dan tentukan tujuan iklan yang akan kamu tuju, mulai dari kategori Kesadaran, Pertimbangan dan Konversi. Kesadaran (awareness) dibagi menjadi Kesadaran Merek dan Jangkauan (reach). Pertimbangan (consideration) dibagi menjadi Lalu Lintas Kunjungan, Interaksi, Pemasangan Aplikasi, Penayangan Video, Pembuatan Prospek dan Pesan. Dan Konversi (conversion) dibagi menjadi Konversi, Penjualan Katalog dan Kunjungan Toko.

Misalnya kamu memilih tujuan Lalu Lintas Kunjungan (traffic). Dan lanjutkan mengisi bagian tab Ad Set atau Set Iklan. Dalam tab Ad Set atau Set Iklan, kamu dapat mengisi nama Set Iklan-mu, lalu pilih tempat kamu ingin mendorong trafik, bisa situs web, aplikasi, messenger, ataupun WhatsApp.

Kemudian tentukan juga anggaran iklan-mu, bisa anggaran harian ataupun anggaran sepanjang masa promosi. Dan tentukan juga tanggal mulai iklan dan tanggal berakhirnya iklan. Langkah selanjutnya, tentukan target audines yang akan dituju berdasar jenis kelamin, lokasi, usia dan juga penargetan spesifik lain seperti minat, demografi dan lainnya.

Lalu di tab Ads atau Iklan, kamu bisa mengisi nama iklan, identitas Halaman Facebook dan Akun Instagram. Kemudian lanjut ke Penyiapan Iklan, pilih Buat Iklan dan juga format iklan yang kamu inginkan. Dalam Materi Iklan, kamu bisa pilih gambar ataupun video untuk iklan dan informasi lain yang diperlukan, lalu tentukan juga destinasi yang dituju seperti website atau Facebook Event, dan pilih tombol Call to Action yang diinginkan. Kemudian klik Terbitkan untuk menerbitkan iklan-mu.

Baca Juga: Ingin Sukses IGTV Ads? Ikuti Panduannya Berikut Ini!

4. Pembayaran Iklan

Terakhir, kamu hanya perlu melakukan pembayaran. Kamu bisa mengikuti langkah pembayaran yang disediakan Facebook, dan selesai!

Itu dia beberapa hal tentang FB Ads untuk bisnis yang berguna dalam menjadi sarana promosi dan pemasaran produk atau jasa dari bisnismu. Mau bisnis Anda menggunakan FB Ads untuk meningkatkan leads dan penjualan? Anda bisa berkolaborasi bersama Buzzup.id. Temukan harga terbaik untuk FB Ads di Buzzup.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *