SEM

Mengenal Cara Kerja Google Ads Untuk Pemula

Cara kerja Google Ads

Dalam dunia digital marketing, salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan yaitu dengan memanfaatkan Google Ads. Seperti namanya, ini adalah tool pemasaran kepunyaan Google, yang umumnya digunakan para pebisnis untuk mengiklankan bisnis mereka. Cara ini pun dinilai dapat memberikan potensi yang baik untuk bisnis. Tapi, sebenarnya bagaimanakah cara kerja Google Ads?

Tentang Google Ads

Google Ads atau Google AdWords adalah fitur kepunyaan Google yang berfungsi dalam menampilkan iklan berbayar dalam hasil pencarian Google. Tentunya, bila Anda ingin menggunakan fitur ini, Anda harus membayar iklan agar dapat ditampilkan dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis atau produk atau jasa yang Anda jual.

Selain iklan berbayar atau paid search di hasil pencarian Google, Google Ads ini juga akan memberikan layanan berupa mengiklankan bisnis Anda pada website dan juga aplikasi yang berpartner dengan Google. Jadi iklan Anda nantinya akan ditampilkan pada orang-orang yang sudah membukan iklan Anda, namun belum melakukan pembelian. Nah, mereka akan melihat iklan Anda tersebut di website ataupun aplikasi lain yang mereka buka. Ini dinamakan remarketing, di mana fungsi Google Ads dalam mempertahankan buying intent dari calon pelanggan.

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Google Crawling dalam SEO

 

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Dalam dunia digital marketing, salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan yaitu dengan memanfaatkan Google Ads. Seperti namanya, ini adalah tool pemasaran kepunyaan Google, yang umumnya digunakan para pebisnis untuk mengiklankan bisnis mereka. Cara ini pun dinilai dapat memberikan potensi yang baik untuk bisnis. Tapi, sebenarnya bagaimanakah cara kerja Google Ads?

Tentang Google Ads

Google Ads atau Google AdWords adalah fitur kepunyaan Google yang berfungsi dalam menampilkan iklan berbayar dalam hasil pencarian Google. Tentunya, bila Anda ingin menggunakan fitur ini, Anda harus membayar iklan agar dapat ditampilkan dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis atau produk atau jasa yang Anda jual.

Selain iklan berbayar atau paid search di hasil pencarian Google, Google Ads ini juga akan memberikan layanan berupa mengiklankan bisnis Anda pada website dan juga aplikasi yang berpartner dengan Google. Jadi iklan Anda nantinya akan ditampilkan pada orang-orang yang sudah membukan iklan Anda, namun belum melakukan pembelian. Nah, mereka akan melihat iklan Anda tersebut di website ataupun aplikasi lain yang mereka buka. Ini dinamakan remarketing, di mana fungsi Google Ads dalam mempertahankan buying intent dari calon pelanggan.

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Google Ads untuk Pemula

Sebelum mengetahui tentang cara kerja Google Ads, bagi pemula, mungkin akan muncul pertanyaan, “mengapa banyak orang menggunakan Google Ads, dan apa kegunaannya?”. Google adalah salah satu mesin pencari yang menguasai pangsa pasar di seluruh dunia, begitupun di Indonesia. Google ini berada di urutan pertama dengan persentase sebesar 92,74%, kemudian ada Yahoo dengan 2,32% dan Bing dengan 2,17%.

Bahkan di Indonesia, Google menguasai pangsa pasar mesin pencari hingga 97,09%. Ini berarti, iklan Anda punya potensi besar untuk dilihat oleh lebih banyak orang bila menggunakan iklan berbayar Google.

Ada pula keuntungan yang Anda dapatkan, yang sebelumnya sudah dijelaskan yaitu fungsi remarketing. Keuntungan lainnya adalah di Google Ads, Anda dapat menyesuaikan target audiens sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat memperluas ataupun mempersempit jangkauan iklan, sehingga target audiens Anda bisa lebih sepesifik.

Pengaturan iklan pun bisa dibuat untuk tampil di perangkat apa saja yang Anda ingin, seperti hanya untuk desktop saja, tablet saja, atau smartphone saja, ataupun untuk ketiganya. Bukan hanya itu, tapi Anda pun dapat melakukan pengaturan waktu munculnya iklan Anda.

Yang terakhir, dalam segi biaya, Anda pun dapat mengatur estimasi biaya Anda sendiri. Google sendiri akan menerapkan Pay Per Click atau PPC, sehingga Anda hanya perlu membayar iklan bila target audiens telah membuka iklan Anda.

Cara Kerja Google Ads

Cara Kerja Google Ads

Iklan yang dibuat dengan Google Ads, memiliki target keyword atau kata kunci yang akan ditargetkan oleh pembuat iklan, yang tentunya kata kunci ini berkaitan dengan bisnis mereka. Namun, keyword yang Anda targetkan juga bisa ditargetkan oleh banyak perusahaan atau bisnis. Di mana bisa saja kompetitor Anda pun menargetkan kata kunci yang sama.

Hal ini membuat Google harus melakukan penilaian pada setiap pengiklan dengan adil untuk menentukan yang mana iklan yang akan menjadi ‘pemenang’ di keyword tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat membuat iklan yang Anda buat bisa muncul di hasil pencarian, yang bisa dibilang masuk dalam kriteria Google Quality Score, yaitu:

Tingkat relevansi isi iklan dengan landing page

Kriteria pertama yang akan menjadi bahan penilaian Google adalah seberapa relevan kah landing page Anda dengan iklan Anda. Bila tingkat relevansi landing page dengan isi iklan terbilang tinggi, maka tinggi pula lah nilai Anda.

Pastikan bahwa iklan Anda mengarah ke landing page yang isinya serupa dengan isi iklan yang Anda buat. Agar ini tidak merusak pengalaman pelanggan Anda, dan akhirnya memicu bounce rate yang tinggi. Bounce rate tinggi ini akan dinilai oleh Google sebagai indikasi adanya ketidaksesuaian isi iklan dan landing page.

Tingkat relevansi keyword

Pastikan Anda membuat iklan yang memang sesuai dengan target keyword yang Anda tentukan. Hal ini akan membuat Google menilai iklan Anda lebih sesuai dengan keyword tersebut ketika pelanggan melakukan pencarian.

Perkiraan CTR (click through rate)

Kriteria terakhir adalah perkiraan orang yang akan membuka iklan yang Anda buat. Semakin menarik iklan Anda, maka semakin tinggi tingkat CTR-nya. Dengan kata lain, akan semakin tinggi juga peluang iklan ditampilkan Google.

Semakin tinggi Google Quality Score yang Anda dapat, semakin tinggi juga potensi iklan ditampilkan Google. Selain untuk menentukan posisi iklan, Google Quality Score juga akan menentukan biaya iklan. Tingginya Google Quality Score akan membuat biaya per click iklan Anda akan semakin rendah.

Itulah penjelasan tentang cara kerja Google Ads dan hal-hal penting lain yang harus diketahui oleh para pemula, terutama mereka yang ingin mencoba fitur ini.

Alasan Kenapa Banyak Bisnis Menggunakan Google Ads

Sebelum mengetahui tentang cara kerja Google Ads, bagi pemula, mungkin akan muncul pertanyaan, “mengapa banyak orang menggunakan Google Ads, dan apa kegunaannya?”. Google adalah salah satu mesin pencari yang menguasai pangsa pasar di seluruh dunia, begitupun di Indonesia. Google ini berada di urutan pertama dengan persentase sebesar 92,74%, kemudian ada Yahoo dengan 2,32% dan Bing dengan 2,17%.

Bahkan di Indonesia, Google menguasai pangsa pasar mesin pencari hingga 97,09%. Ini berarti, iklan Anda punya potensi besar untuk dilihat oleh lebih banyak orang bila menggunakan iklan berbayar Google.

Ada pula keuntungan yang Anda dapatkan, yang sebelumnya sudah dijelaskan yaitu fungsi remarketing. Keuntungan lainnya adalah di Google Ads, Anda dapat menyesuaikan target audiens sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat memperluas ataupun mempersempit jangkauan iklan, sehingga target audiens Anda bisa lebih sepesifik.

Pengaturan iklan pun bisa dibuat untuk tampil di perangkat apa saja yang Anda ingin, seperti hanya untuk desktop saja, tablet saja, atau smartphone saja, ataupun untuk ketiganya. Bukan hanya itu, tapi Anda pun dapat melakukan pengaturan waktu munculnya iklan Anda.

Yang terakhir, dalam segi biaya, Anda pun dapat mengatur estimasi biaya Anda sendiri. Google sendiri akan menerapkan Pay Per Click atau PPC, sehingga Anda hanya perlu membayar iklan bila target audiens telah membuka iklan Anda.

Cara Kerja Google Ads

Iklan yang dibuat dengan Google Ads, memiliki target keyword atau kata kunci yang akan ditargetkan oleh pembuat iklan, yang tentunya kata kunci ini berkaitan dengan bisnis mereka. Namun, keyword yang Anda targetkan juga bisa ditargetkan oleh banyak perusahaan atau bisnis. Di mana bisa saja kompetitor Anda pun menargetkan kata kunci yang sama.

Hal ini membuat Google harus melakukan penilaian pada setiap pengiklan dengan adil untuk menentukan yang mana iklan yang akan menjadi ‘pemenang’ di keyword tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat membuat iklan yang Anda buat bisa muncul di hasil pencarian, yang bisa dibilang masuk dalam kriteria Google Quality Score, yaitu:

Tingkat relevansi isi iklan dengan landing page

Kriteria pertama yang akan menjadi bahan penilaian Google adalah seberapa relevan kah landing page Anda dengan iklan Anda. Bila tingkat relevansi landing page dengan isi iklan terbilang tinggi, maka tinggi pula lah nilai Anda.

Pastikan bahwa iklan Anda mengarah ke landing page yang isinya serupa dengan isi iklan yang Anda buat. Agar ini tidak merusak pengalaman pelanggan Anda, dan akhirnya memicu bounce rate yang tinggi. Bounce rate tinggi ini akan dinilai oleh Google sebagai indikasi adanya ketidaksesuaian isi iklan dan landing page.

Tingkat relevansi keyword

Pastikan Anda membuat iklan yang memang sesuai dengan target keyword yang Anda tentukan. Hal ini akan membuat Google menilai iklan Anda lebih sesuai dengan keyword tersebut ketika pelanggan melakukan pencarian.

Baca Juga: Seluk Beluk Jasa Iklan Google dan Cara Memasang Iklan Google

Perkiraan CTR (click through rate)

Kriteria terakhir adalah perkiraan orang yang akan membuka iklan yang Anda buat. semakin menarik iklan Anda, maka semakin tinggi tingkat CTR-nya. Dengan kata lain, akan semakin tinggi juga peluang iklan Anda ditampilkan di Google.

Semakin tinggi Google Quality Score yang Anda dapat, maka semakin tinggi juga potensi iklan Anda akan ditampilkan di Google. Selain untuk menentukan posisi iklan, Google Quality Score ini juga akan menentukan biaya iklan Anda. Tingginya Google Quality Score akan membuat biaya per click iklan Anda akan semakin rendah.

Itulah penjelasan tentang cara kerja Google Ads dan hal-hal penting lain yang harus diketahui oleh para pemula, terutama mereka yang ingin mencoba fitur ini.

Mau pasang iklan Google Ads tapi bingung mau mulai dari mana? Yuk kerjasama dengan Buzzup.id untuk pemasangan iklan Google Ads. Anda tidak perlu pusing memikirkannya, biar menjadi Tugas Buzzup.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *