Sosial Media

5 Tips Bekerjasama dengan Influencer Tiktok

Bekerja dengan Influencer Tiktok

TikTok media sosial yang sedang populer, baik remaja, dewasa muda, hingga mereka yang lebih tua pun diketahui juga menggunakan TikTok. Di TikTok, pengguna dapat berbagi video pendek, dengan beragam pilihan musik dan efek, yang semakin menambah menarik platform satu ini. Untuk para pemilik bisnis atau brand pun, TikTok kini dianggap menjadi salah satu sarana yang tepat untuk melakukan promosi, salah satunya adalah dengan cara bekerjasama dengan influencer TikTok. Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk bekerja dengan influencer TikTok agar strategi marketing dapat sukses?

Influencer TikTok sendiri adalah para konten kreator di TikTok, yang memiliki kekuatan untuk ‘memengaruhi’ orang, baik itu followers mereka ataupun bukan, sehingga mereka mau melakukan tindakan tertentu. Di tahun 2019 lalu, ditemukan bahwa marketing dengan jasa influencer ini jadi tren yang besar, yang mampu menjangkau banyak orang.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk bekerja dengan influencer TikTok:

  1. Amati Influencer TikTok yang ada sebelum memutuskan

Di TikTok, ada banyak sekali influencer. Sebelum menentukan untuk bekerjasama dengan siapa, Anda harus terlebih dulu melakukan pengamatan secara menyeluruh. Hindari untuk bekerjasama dengan influencer, hanya melihat dari banyaknya jumlah views ataupun likes-nya.

Anda dapat memanfaatkan TikTok Analytics untuk mendapatkan data lengkap mengenai seberapa baik performa konten si influencer ini di akunnya tersebut.

tips bekerja dengan influencer tiktok

Ini karena, terkadang bisa saja influencer yang mungkin kurang populer dan jumlah pengikutnya yang cenderung sedikit, malah dapat memberikan ROI (return on investment) yang lebih baik, bila konten serta audiens mereka sesuai dengan brand atau bisnis Anda.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih influencer TikTok:

  • Seberapa relevan influencer tersebut dengan tujuan serta nilai brand atau bisnis Anda.
  • Seberapa baik engagement influencer dengan audiensnya, apakah konsisten atau tidak.
  • Periksa audiens yang dimiliki influencer, apakah sesuai dengan target pasar brand atau bisnis Anda.

Baca Juga: Daftar 10 Top Influencer TikTok Di Indonesia

  1. Cari influencer yang sesuai dengan nilai brand atau bisnis Anda

Bekerja dengan influencer TikTok, berarti Anda harus memastikan kalau mereka punya nilai dan tujuan yang sesuai dengan brand atau bisnis Anda. Ini juga hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memeriksa seberapa relevan influencer dengan brand atau bisnis Anda.

  1. Mempertimbangkan aktivitas serta konten yang dibuat influencer di platform lain

Yang paling menguntungkan yang bisa didapat ketika Anda bekerjasama dengan influencer TikTok adalah mereka telah mempunyai konten yang bisa Anda gunakan kembali atau Anda reposting di beragam platform. Cross-post di banyak platform ini jadi salah satu strategi marketing di media sosial yang paling efektif untuk bisa mendapatkan brand awareness serta perkembangan yang pesat.

yang perlu diperhatikan dalam bekerja dengan influencer tiktok

Ketika Anda mencari data tentang influencer potensial menggunakan TikTok Analytics, maka Anda juga harus memerhatikan aktivitas serta konten yang mereka buat di platform lainnya. pastikan Anda dapat menggunakan jasa mereka untuk dapat melakukan promosi silang di beragam platform.

  1. Komunikasikan tujuan brand atau bisnis Anda dengan jelas

Bila ingin strategi marketing Anda dapat sukses mencapai tujuan yang ditargetkan, maka Anda juga harus mengomunikasikan tujuan tersebut dengan jelas kepada influencer yang Anda ajak bekerjasama.

Anda harus memberi instruksi yang jelas kepada mereka terkait tujuan konten yang dibuat untuk mengevaluasi ROI dan strategi marketing, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya dalam membuat konten, detail proyek, tuntutan dan lainnya. Dengan begitu, akan lebih mudah mencapai kesepakatan yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga: 4 Rahasia Strategi Marketing TikTok yang Sukses

  1. Percayakan kreativitas konten pada influencer

Dalam Kerjasama, harus ada rasa saling percaya di antara kedua belah pihak. Dalam hal ini, ketika Anda bekerja dengan influencer TikTok, maka percayakan kreativitas kontennya kepada mereka. Yang terpenting, Anda sudah memberi instruksi yang jelas sebelumnya.

Ini pun dilakukan untuk tidak membatasi ruang gerak dan kreativitas mereka dalam berkarya. Apalagi, mereka pasti sudah tau betul apa yang disukai oleh pengguna TikTok, terutama para audiens setia mereka. Sehingga dengan memercayakan kreativitas pada influencer, ini akan membuat konten jadi lebih tepat sasaran kepada audiens mereka.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu Anda lakukan dan perhatikan ketika akan bekerja dengan influencer TikTok. Dengan begitu, strategi marketing Anda pun dapat berjalan sukses, dan meraih tujuan marketing dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *