Kini, menampilkan iklan tidak hanya cukup di media-media konvensional seperti media cetak, radio, dan televisi. Tetapi media sosial yang sebelumnya digunakan untuk saling mengenal antar individu, kini telah menjadi saluran untuk mengenalkan bisnis. Begitupun dalam beriklan, telah banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan Instagram Ads untuk bisnis mereka. Tetapi masih banyak yang gagal paham dalam membuat Instagram ads anti boncos.
Masih banyak pelaku bisnis yang belum tahu bagaimana cara membuat instagram ads. Sehingga mereka mengalami kerugian saat memasang iklan, tentu cukup menyulitkan bagi para pengusaha dalam beriklan.
Melalui artikel ini anda sebagai pelaku bisnis dapat dengan mudah membuat instagram ads melalui panduan membuat instagram ads anti gagal yang akan dibahas dalam artikel ini.
Mengenal Instagram Ads
Sebelum beranjak ke panduan membuat instagram ads, ada baiknya anda mengenal apa itu instagram ads. Berikut adalah penjelasan singkat dari instagram ads. Jika anda adalah pelaku bisnis pastinya anda harus tahu tentang fitur instagram ini.
Instagram ads sendiri adalah sebuah fitur iklan pada media sosial instagram yang memungkinkan pengguna instagram membuat ikan terstruktur atau tertuju dengan sasaran atau target pasar yang telah ditentukan.
Instagram ads mulai membuat platform iklan ini sejak bergabung degnan facebook. Cara kerjanya hampir sama dengan facebook ads, dimana feed instagram yang ingin anda iklan kan akan di sortir atau di salurkan pada taget pasar yang sudah anda tentukan sesuai pengaturan sebelum feed tersebut anda iklan kan.
Jadi instagram ads memungkinkan feed tersebut dilihat target yang dipilih secara sistematis oleh program dala otomatis yang telah dirancang instagram, sehingga memungkinkan anda untuk meningkatkan traffiic pada pengunjung instagram anda.
Baca Juga: Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis dan Contoh Kontennya
Mengapa Harus Instagram Ads
Jika anda memperhatikan perkembangan pengguna instagram dari tahun ketahun. Traffic yang ada memaparkan bahwa instagram menjadi plastform terlaris yang masih eksis hingga saat ini.
Lebih dari 60 juta penguna dari seluruh kalangan telah menggunakan instagram untuk keperluan pribadinya masing-masing. Seperti contoh beberapa orang menggunakan untuk mencari ide, gaya hidup, galeri penyimpanan, portofolio dan pastinya sebagai senjata marketing.
Kenapa platform media sosial dapat menjadi senjata marketing? Hal ini dapat terjadi karena instagram memungkin kan calon pembeli melirik produk yang anda jual. Salah satu cara tercepatnya adalah dengan menggunakan instagram ads.
Bahkan rata-rata pengguna aktif instagram adalah usia-usia produktif sehingga kemungkinan peluang konversi pengunjung menjadi pelanggan akan semakin besar. Apalagi instagram ads akan sangat membantu karea anda bisa memilih sendiri range dan spesifikasi target yang sesuai dengan produk anda.
Panduan Membuat Instagram Ads Anti Gagal
Melihat besarnya peluang yang diberikan fitur ini pastinya tidak bisa anda lewatkan begitu saja. Untuk lebih mempermudah anda yang masih merasa awam dengan instagram ads, berikut adalah panduan membuat instagram ads yang bisa anda aplikasikan.
Menata dan Menentukan Feed yang Akan di Iklankan
Sebelum melakukan iklan pada sosial media instagram tentunya anda harus membuat feed instagram anda lebih enak dipandang dan profesional sehingga membuat pengunjung lebih tertarik pada iklan yang anda tawarkan.
Pastikan feed yang akan anda iklankan mudah dipahami, jelasa, dan mencerminkan informasi yang ingin dilihat oleh pelanggan anda. Hindari typo pada desain yang anda buat. Gunakan penawaran yang mencolok sehingga membuat kesan pertama yang menggiurkan.
Membuka Facebook Ads Manager
Seperti yang kita tahu, instagram telah bergabung dengan facebook. Segala jenis perkembangan teknologi, seluruh fitur dan aktifitas akun anda dapat ditautkan dengan facebok.
Untuk cara paling mudah dalam membuat iklan instagram adalah beriklan melalui facebook ads. Fitur ini bahkan dapat membuat banyak iklan dalam waktu bersama dengan cara yang mudah.
Pilih Pembuatan Iklan Terpadu
Untuk membuat iklan anda dapat memilih menu kampanye. Pada halam ini anda akan disuguhkan pada dua pilihan yaitu iklan terpadu maupun iklan cepat. Untuk iklan yang lebih spesifik anda dapat memilih iklan terpadu dan mengatur target pasar anda sendiri.
Menentukan Tujuan Iklan
Saat anda ingin membuat iklan, ada tahapan pemilihan tujuan iklan yang harus anda lalui. Ada tiga tujuan iklan yang bisa anda pilih yaitu
Kesadaran / Awerness
Jika anda ingin meningkatkan citra brand anda atau ingin menunjukkan eksistensi sebuah produk, tujuan pertama ini cocok untuk anda. Dengan memilih tujuan ini facebook akan memaksimalkan target maksimal sesuai anggaran anda.
Pertimbangan / Consideration
Tujuan kedua memungkinkan penggunanya meningkatkan jumlah pengunjung pada website bisnisnya. Interaksi pengunjung adalah prospek yang ingin dicapai terutama interaksi terhadap iklan tersebut.
Iklan ini akan membantu anda untuk mengggiring target mengisi form biodata pengunjung anda sehingga kemungkinan besar pengunjung yang megnisi form adalah pengunjung yag benar-benar tertarik pada produk atau jasa anda.
Konversi / Conversion
Terakhir adalah tujuan untuk meningkatkan penjualan dimana konversi dari pengunjung menjadi pelanggan menjadi prioritas tujuan ini. pengunjung akan diarahkan pada katalog produk anda sehingga pelanggan lebih tertarik untuk melakukan pembelian.
Cara ini juga efektif untuk anda yang memiliki toko offline, sehingga jika anda mencantumkan lokasi pada iklan, kemungkinkan lonjakan penjualan bisa terjadi setelah melakukan iklan.
Baca Juga: Pemilik Bisnis Wajib Tau 12 Instagram Tools Terbaik Ini!
Pilih Jenis Iklan
Ada dua pilihan iklan yang bisa anda pilih yaitu jenis uji split dan juga pengoptimalan anggaran. Jika anda ingin melihat perbandingan iklan yang sama anda bisa memilih uji split namun jika budget anda masih minim anda bisa memprioritaskan untuk pengoptimalan anggaran.
Pilih Tujuan Traffic
Untuk mengecek performa iklan jangan lupa untuk menulis nama iklan dan memilih tujuan traffic yang anda inginkan. Ada 4 lalu lintas kunjungan yaitu situs web, aplikasi, messengger dan whatsapp.
Tampilkan Promo untuk Iklan Musiman
Jika anda memang mengiklankan promo musiman anda bisa mengaktifkan tampilkan promo dengan mencentang pilihan tampilkan promo. Dengan begitu promo akan ditampilkan pada feed iklan anda.
Tentukan Target Pasar
Selanjutnya anda bisa mengatur spesifikasi audience dengan tujuh faktor yaitu pemirsa khusus, lokasi target, range usia, jenis kelamin, bahasa yang digunakan, penargetan terperinci (minat, hobi, perilaku dll), koneksi.
Penjadwalan
Anda dapat menjadwalkan berapa lama iklan anda ditampilkan, sistem akan mengatur sendiri budget efisien dari anggaran yang anda siapkan sehingga iklan yang anda lakukan terus berjalan sesuai target.
Pilih Format Iklan
Ada lima format yang bisa anda pilih yaitu korosel (gambar bersambung/geser), gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide (max 10 gambar), kolekse (gabungan gambar dan video).
Masukkan Teks dan Spesifikasi Iklan
Tahap ini adalah tahap dimana ilmu copywriting sangat diperlukan. Anda harus membuat teks menarik yang mudah dipahami dan memilik gambar yang ingin anda iklankan. Anda dapat menautkan link website pada iklan tersebut.
Penyesuaian Budget
Pastikan saldo anda sudah terisi untuk melakukan pembayaran, Iklan akan disesuaikan dengan budget dan penjadwalan yang telah anda atur sebelumnya.
Kesimpulan
Membuat Instagram Ads memang bukan aktivitas yang mudah. Anda perlu memikirkan berbagai hal untuk bisa melakukannya. Anda perlu mengetahui bagaimana karakter, minat, dan berbagai kebutuhan lainnya sebelum memasang iklan Google Ads tersebut. Jika Anda merasa ribet, Anda bisa menggunakan layanan Sosial Media Ads dari Buzzup.id.