Marketing

Pengertian Brand Awareness, Tujuan dan Cara Meningkatkan Brand Awareness

Source: Pexels.com
Cara Meningkatkan Brand Awareness

Apakah Anda pernah mendengar istilah brand awareness atau mungkin sudah tahu pengertian brand awareness itu sendiri? Umumnya, brand awareness sangat lekat dengan simbol, logo hingga jargon pada sebuah produk.

Sebagai contoh, jika Anda melihat sebuah logo buah apel pada sebuah gadget, kira-kira apa yang akan terlintas di benak Anda? Jika Anda langsung memikirkan brand Apple maka inilah yang disebut dengan brand awareness.

Pengertian Brand Awareness

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, brand awareness disebut sebagai kesadaran merek. Namun, secara keseluruhan, brand awareness dapat didefinisikan sebagai kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat sebuah merek atau brand dengan hanya melihat warna, logo, gambar dan simbol-simbol lainnya.

Beberapa brand juga mampu meningkatkan brand awareness-nya lewat jargon hingga musik yang sering digunakannya sebagai latar untuk mempromosikan produknya. Element-element inilah yang menjadi bagian penting dalam menggambarkan identitas suatu brand.

Baca Juga: Tips Membangun Brand Awareness dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Tujuan Brand Awareness

Tujuan utama dari brand awareness tentulah untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada sebuah produk. Brand awareness juga berperan penting dalam menjaga citra brand sepanjang waktu. Salah satu produk yang memiliki brand awareness cukup kuat di pasaran ialah produk air mineral dari Aqua.

Sebanyak apapun merek air mineral saat ini, kebanyakan konsumen akan tetap mengingat nama Aqua. Dapat dikatakan bahwa brand awareness yang dilakukan oleh Aqua ini terbilang sukses di tengah pangsa pasar air mineral yang makin ramai.

Dari brand Aqua kita dapat belajar bahwa membangun identitas adalah hal yang sangat penting untuk memberikan kesan yang mendalam kepada konsumen. Oleh sebab itu, saat ingin meluncurkan sebuah produk, pastikan memilih warna yang khas, logo yang unik hingga jargon catchy di telinga para konsumen.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Setelah mengetahui pengertian brand awareness dan tujuannya, selanjutnya mari membahas cara-cara dalam meningkatkan brand awareness.

Maksimalkan Penggunaan Sosial Media

Karena zaman telah memasuki era industri teknologi dan digital yang semakin pesat, maka setiap pelaku usaha sudah seharusnya memanfaatkan kemajuan era digital hari ini. Dalam membangun brand awareness, Anda bisa memaksimalkan beragam sosial media populer saat ini seperti Instagram, Twitter hingga TikTok.

Pelajarilah cara mengoptimalkan berbagai sosial media tersebut untuk meningkatkan brand awareness produk yang Anda miliki. Selain lewat sosial media, Anda juga perlu membuat website untuk menonjolkan kesan yang lebih profesional. Aturlah tampilan website dengan mengusung warna yang seirama dengan produk Anda. Hal ini ditujukan untuk membuat website terlihat lebih maksimal dan profesional di mata konsumen.

Menggunakan Konten Berkualitas

Konten yang menarik tak hanya dilihat dari banyaknya konten yang dipost. Lebih dari itu, Anda juga perlu menghadirkan kisah dibalik setiap konten yang Anda upload. Jangan lupa menggunakan caption yang menarik dan unik untuk menggaet perhatian followers Anda.

Selain itu, Anda juga perlu menghadirkan konten-konten yang relevant dan sesuai dengan trend yang terjadi saat ini. Strategi ini dilakukan untuk meraih engagement sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, brand Anda pun akan lebih dikenal oleh banyak orang.

Menerapkan SEO

SEO juga menjadi salah teknik yang sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Kehadiran SEO di dalam sebuah konten khususnya pada sebuah website akan memudahkan orang-orang yang berselancar di dunia maya untuk menemukan produk atau brand Anda.

Tidak bisa dipungkiri jika hari ini terdapat ribuan hingga jutaan konten dengan beragam keyword yang mendominasi mesin pencarian di internet. Oleh sebab itu, kehadiran SEO sangat berpengaruh besar dalam meningkatkan brand awareness sebuah brand.

Baca Juga: Kenapa SEO itu Perlu? Apa Manfaat SEO untuk Bisnis UKM

Bekerja Sama dengan Influencer

Meningkatkan brand awareness juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan jasa influencer. Sebelum itu, pastikan untuk memilih influencer yang sesuai dengan produk yang akan Anda pasarkan. Sebagai contoh, jika ingin memperkenalkan produk skincare maka gunakanlah jasa influencer yang memiliki niche produk-produk kecantikan.

Saat ini sudah banyak beauty vlogger yang memiliki ratusan hingga jutaan followers di Instagram maupun TikTok. Untuk mendapatkan jangkauan brand awareness yang lebih luas, Anda juga bisa bekerja sama dengan beauty blogger ternama hingga menggaet artis populer tanah air sebagai brand ambassador produk Anda.

Nah, demikianlah ulasan mengenai pengertian brand awareness dan segala seluk beluk di dalamnya. Semoga informasi yang kami bagikan di dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan identitas produk yang sedang Anda rancang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *