Sosial Media

Pengenalan Beragam Fitur Insight Instagram Di Sini!

Fitur Insight Instagram

Fitur insight Instagram merupakan salah satu fitur yang telah disediakan oleh Instagram secara gratis untuk menganalisa sejauh mana kinerja setiap konten yang Anda posting. Fitur ini sendiri hanya tersedia bila Anda menggunakan mode akun bisnis. Jadi, jika ingin menggunakan fitur-fitur Instagram ini silahkan mengubah akun Anda dari mode akun personal menjadi mode akun bisnis.

Fitur insight Instagram umumnya sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak pelaku bisnis. Tidak bisa dipungkiri jika Instagram menjadi salah satu sosial media yang berpengaruh besar dalam meningkatkan penjualan. Adapun beberapa fitur yang tersedia di dalam insight Instagram dan bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan engagement akun bisnis di antaranya ialah sebagai berikut.

Fitur Insight Instagram

Content

Fitur pertama yaitu content. Pada menu ini, Anda bisa melihat beragam informasi mengenai konten yang diunggah mulai dari berapa banyak akun yang melihat konten, menyimpan konten hingga berapa banyak akun yang telah membagikan konten Anda. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan frekuensi konten yang telah diupload dalam sepekan terakhir.

Feed Post

Fitur Insight Instagram dari Feed Post

Selanjutnya ada pula fitur feed post Instagram yang akan memudahkan Anda dalam melakukan sebuah pencarian. Beberapa menu yang tersedia di dalam feed post ini di antaranya seperti comment, follow, like, saved, engagement, calls, emails, get direction, impressions dan view, profile visit, reach, texts, dan website clicks.

Baca Juga: Panduan Mengaktifkan Instagram Shopping untuk Bisnis Anda

Story

Berbeda dengan postingan feed, fitur story hanya tersedia dalam kurung waktu 24 jam, 7 hari dan 14 hari saja. Di dalam fitur story ini terdapat beberapa data specific yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik akun bisnis seperti back, exited, forwards, link opens, next story, dan juga replies.

Promotion

Fitur insight Instagram yang satu ini digunakan untuk melihat sejauh mana kinerja dari setiap postingan feed maupun story yang Anda promosikan. Adapun detail data performa postingan yang disediakan oleh fitur promotion ini di antaranya berupa audience demographic, engagement, impression, reach, dan profile visit.

Activity

Cek Activity pada Fitur Insight Instagram

Fitur Activity akan memudahkan Anda dalam melihat keselurhan jumlah interaksi yang terjadi pada akun bisnis Instagram Anda. Selain itu, terdapat pula informasi mengenai berapa jumlah akun yang telah dijangkau oleh konten Anda. Adapun dua sub menu yang tersedia pada fitur activity ini ialah interactions dan juga discovery.

Interactions

Pada menu interactions Anda bisa melihat jumlah keseleruhan interaksi yang dilakukan oleh para followers dalam satu minggu terakhir. Aktivitas berupa interaksi dari para followers ini bisa menjadi bahan evaluasi sekaligus tolak ukur untuk membandingkan setiap konten yang telah diunggah.

Pada fitur ini Anda juga dapat mengetahui jumlah grafik engagement tertinggi pada setiap postingan. Apakah pada postingan yang diupload pada saat weekend atau pada hari-hari biasa saja. Dengan memanfaatkan fitur activity, Anda bisa mengelola postingan selanjutnya dengan lebih baik agar bisa mendapatkan engagement yang lebih tinggi lagi.

Discovery

Fitur insight Instagram selanjutnya ialah menu discovery. Menu discovery ini memiliki fungsi untuk menampilkan kinerja akun Anda dengan menggunakan dua matriks marketing yaitu reach dan impression. Dengan memanfaatkan fitur discovery ini maka Anda bisa melakukan perbandingan antara jumlah pengunjung dan jumlah impresi pada setiap konten yang diunggah.

Reach sendiri merupakan jumlah akun yang mengunjungi postingan Anda. Sedangkan, impression merupakan total jumlah berapa kali konten Anda dilihat oleh followers atau audiens.

Baca Juga: Tutorial Lengkap Cara Menghapus Instagram

Audience

Mengetahui Demografi Audience

Audience merupakan fitur Instagram yang akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan setiap konten yang dipost berdasarkan data dari followers. Sub menu audience sendiri terdiri atas jenis kelamin, usia, dan letak geografis para pengikut akun Instagram Anda. Selain itu, fitur audience akan membantu Anda dalam memberikan informasi tentang rata-rata waktu yang digunakan oleh followers saat mengakses akun Instagram bisnis.

Informasi tersebut kemudian akan ditampilan dalam bentuk info grafik. Untuk informasi yang lebih spesifik lagi, silahkan menekan grafik yang ingin Anda ketahui saja. Secara keseluruhan, fungsi utama dari fitur audience ini ialah untuk mendapatkan topik yang relevan dengan rentang usia dari para followers sehingga konten Anda pun bisa memiliki engagement yang lebih tinggi.

Nah, demikianlah beberapa fitur insight Instagram yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan performa akun bisnis Instagram Anda. Pastikan untuk mengubah mode akun personal Anda menjadi mode akun bisnis terlebih dahulu sebelum menggunakan semua fitur-fitur Instagram tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *