Bisnis

Tips Jitu Cara Jualan Online, Dijamin Laku Keras!

Source: Smallbiztrendz.com
Cara Jualan Online

Siapa yang tak kenal dengan dunia internet hari ini? Rasanya, hampir seluruh kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua sekali pun sudah sangat akrab dengan internet. Maka tak heran, jika banyak pelaku bisnis memanfaatkan lahan online ini untuk memasarkan produknya. Sayangnya, tidak semua orang paham betul dengan cara jualan online yang efektif dan tepat sasaran.

Persaingan industri bisnis online memang semakin gencar hari ini. Oleh sebab itu, dibutuhkan skill dan kreatifitas tinggi untuk mampu bersaing dengan para kompetitor. Jika Anda memiliki sebuah usaha dan berniat untuk memasarkannya secara online maka cobalah mempelajari lebih dalam lagi tentang trik-trik khusus dalam pemasaran produk via online.

Jualan Online bikin Laku Keras

Mengenali Nilai Jual Produk

Kenali Nilai Jual Produk untuk mengetahui cara jualan online

Sebelum memanfaatkan platform online untuk berjualan, pertama-tama cobalah untuk menilai sekaligus menelaah nilai jual yang ada pada produk Anda. Setiap produk tentu memiliki kelebihan baik itu dari segi harga yang lebih murah hingga kualitas yang lebih baik. Namun, lebih dari itu Anda perlu benar-benar jeli mencari nilai jual yang dimiliki oleh bisnis Anda dan tidak ditemukan dari kompetitor lainnya.

Baca Juga: 8 Tips Untuk Menggali Ide-Ide Peluang Bisnis. Wajib Coba!

Oleh sebab itu, cobalah untuk mencari USP atau unique selling points yang terdapat dalam produk yang dipasarkan. Tak perlu menyajikan banyak keunggulan, kehadiran satu USP yang unik dan beda dari yang lainnya sudah sangat cukup dalam menarik perhatian konsumen.

Membuat Website Toko Online Pribadi

Tips atau cara jualan online yang satu ini memang sangat penting dilakukan di era digital hari ini. Meskipun kehadiran marketplace seperti Lazada, Shoope, atau Tokopedia lebih banyak digunakan oleh para penjual online karena telah memiliki user dan traffic yang tinggi, akan tetapi hal ini justru bisa menyulitkan Anda dalam mempromosikan bisnis.

Pengguna marketplace yang cenderung tinggi akan memunculkan persaingan yang juga sangat tinggi. Dengan demikian, maka Anda harus berebut calon konsumen dengan menawarkan harga dan pelayanan yang lebih baik dari kompetitor lainnya.

Pada dasarnya, tak ada yang salah dengan berjualan lewat marketplace yang sudah popular. Namun, jika ingin melakukan branding tentu berjualan lewat website sendiri akan jauh lebih efektif. Selain itu, memiliki website pribadi juga akan membuat bisnis Anda terlihat lebih professional.

Memahami Data

Kehadiran data juga sangat berpengaruh dalam mengurus bisnis online Anda. Pelajarilah berbagai data soal bisnis terutama dalam persoalan penjualan hingga promosi produk. Google Analytics menjadi salah satu platform yang paling sering digunakan untuk memantau performa website secara keseluruhan.

Dengan memanfaatkan Google Analytic, Anda pun juga akan lebih mengenal tentang siapa saja calon konsumen Anda, halaman mana yang paling sering dikunjungi audiens hingga channel marketing apa yang paling efektif dalam mempromosikan produk.

Aktif di Media Sosial

Cara jualan online selanjutnya ialah dengan memanfaatkan sosial media yang dimiliki. Meskipun Anda sudah memiliki website atau blog pribadi, Anda juga tak boleh ketinggalan dalam mempromosikan bisnis lewat sosial media.

Kehadiran sosial media sangat penting dalam memasarkan bisnis di era serba digital ini. Perlu Anda tahu bahwa jumlah pengguna sosial media di tanah air terus meningkat. Melihat fenomena ini maka tentu Anda harus memanfaatkan sosial media seefektif mungkin sebagai salah satu lahan online untuk berjualan. Buatlah akun bisnis di berbagai platform seperti Instagram, Youtube, Twitter, ataupun platform TikTok yang tengah naik daun saat ini.

Baca Juga: Mengenal Customer Centric Dalam Sebuah Bisnis

Menghadirkan Promo Menarik

Promo -promo yang menarik seperti diskon atau voucher belanja tentu banyak diburu oleh para konsumen. Meskipun terkesan klasik, akan tetapi trik jitu dalam berjualan yang satu ini masih tetap sering diterapkan untuk mendapatkan calon konsumen.

Selain memberikan potongan harga, cobalah mengadakan giveaway atau kuis lewat akun sosial media bisnis Anda. Cara ini tentu bisa menarik perhatian followers dan secara tidak langsung mereka pun turut mempromosikan produk Anda.

Untuk meningkatkan penjualan produk di zaman yang serba digital ini memang dibutuhkan teknik dan cara jualan online yang super jitu. Persaingan harga dan kualitas produk yang semakin ketat serta munculnya berbagai brand-brand baru dengan branding yang lebih menarik dan kreatif menjadi salah satu alasan mengapa Anda perlu mempelajari strategi marketing online dalam dunia bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *