Sosial Media

Terapkan Instagram Marketing Tips Berikut Untuk Meningkatkan Penjualan

Instagram Marketing Tips

Instagram menjadi salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna yang terus meningkat. Tak hanya sebagai sosial media pribadi, banyak orang menggunakan Instagram juga dengan tujuan bisnis dan marketing. Oleh sebab itu, Instagram marketing tips menjadi bagian yang sangat penting untuk diterapkan bagi para pelaku bisnis lewat platform Instagram.

Melihat fenomena ini, maka setiap pelaku bisnis memerlukan strategi jitu dan tepat sasaran agar mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Berikut merupakan beberapa tips pemasaran menggunakan media Instagram yang wajib diterapkan pada bisnis Anda.

Membuat Guidelines Profil Instagram

Membuat Guidelines

Feeds atau halaman muka yang terdapat pada Instagram merupakan salah satu guideline penting dalam membangun profil bisnis Anda. Untuk bisa menarik perhatian para konsumen, maka Anda perlu merapikan feeds Instagram agar terlihat lebih estetik dan keren. Anda bisa merapikan feeds Instagram dengan menyelaraskan warna setiap postingan atau menggunakan template tertentu.

Tak hanya soal keestetikan foto ataupun video, Anda juga perlu memperhatikan guidelines tulisan pada setiap postingan di Instagram. Gaya bahasa yang menarik tentu akan lebih digemari oleh para followers. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah akrab dengan para audiens saat mempromosikan produk.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Feed Instagram Menarik Agar Banjir Follower

Menciptakan Konten yang Berkualitas

Instagram marketing tips selanjutnya ialah dengan menciptakan konten-konten Instagram yang berkualitas. Konten yang berkualitas tak hanya soal foto dan video, tetapi juga tentang isi postingan. Anda bisa memposting foto dan video pada hari-hari tertentu seperti saat natal dan tahun baru.

Agar tidak mononton, cobalah membuat konten khusus berupa giveaway atau lomba foto dan video. Video dan foto yang paling menarik bisa Anda berikan hadiah berupa produk yang dipasarkan. Secara tidak langsung, strategi ini menjadi bagian dari promosi dalam memasarkan produk Anda.

Rutin Berkomunikasi Dengan Audiens

Berkomunikasi bersama audiens menjadi salah satu instagram marketing tips

Aktif berinteraksi dengan followers akan membantu Anda untuk lebih dekat dengan pelanggan. Selain itu, rutin berkomunikasi juga akan menciptakan crowd tersendiri yang bisa meningkatkan followers bisnis Anda.

Menggunakan Banyak Hashtag

Penggunaan hastag juga menjadi bagian yang sangat krusial dalam mempopulerkan produk Anda. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk menggunakan banyak hastag pada postingan Instagram Anda. Semakin banyak hastag maka engagement akun Instagram bisnis Anda pun juga akan semakin meningkat.

Instagram marketing tips yang satu ini menjadi salah satu tips yang paling sering digunakan oleh para pelaku bisnis di setiap postingan foto ataupun video mereka. Agar produk Anda bisa dijangkau oleh banyak followers, gunakanlah tagar paling popular atau yang sedang trending saat itu juga.

Memanfaatkan Fitur Instagram

Saat ini, beragam fitur menarik dalam mempromosikan produk telah dihadirkan oleh Instagram. Beberapa fitur yang bisa Anda terapkan di antaranya berupa highlight, instastory, direct purchase, dan Instagram ads. Fitur-fitur ini akan membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen lewat platform Instagram.

Mengirim Pesan ke Followers

Kirim Pesan kepada Followers

Selain melakukan komunikasi seperti membalas komentar para followers, Anda juga bisa beramah-tamah dengan para followers lewat direct message atau DM Instagram. Anda bisa memberikan pesan berisikan ucapan terima kasih telah berbelanja, mempromosikan produk baru hingga meminta para followers untuk berfoto bersama produk yang telah mereka beli.

Mengunggah Konten di Waktu Tertentu

Sosial media specialist mengungkapkan bahwa mengunggah konten di waktu tertentu lebih efektif dibandingkan mengupload banyak postingan di waktu bersamaan setiap harinya. Beberapa ahli menyarankan untuk memposting video atau foto produk mereka di jam makan siang. Waktu ini dianggap sebagai waktu terbaik untuk mendapatkan engagement tinggi dari audiens.

Bekerja Sama Dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer menjadi bagian instagram marketing tips

Instagram marketing tips yang satu ini telah dilakukan oleh banyak pelaku usaha, baik itu bisnis kuliner, skincare hingga fashion. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan penjualan maka tak ada salahnya melakukan kerja sama dengan para influencer ternama tanah air.

Namun, sebelum itu pastikan untuk memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan produk yang Anda pasarkan. Jika Anda memiliki bisnis skincare misalnya, silahkan mengajak para beauty enthusiast seperti Suhay Salim ataupun Tasya Farasya dalam mempromosikan produk Anda lewat akun Instagram pribadi mereka. Dengan begitu, produk Anda pun bisa dilihat oleh banyak audiens.

Baca Juga: Mulai Dari Nett Hingga Caption, Istilah Jual Beli Di Instagram

Nah, jika sedang berencana membuka suatu usaha maka cobalah menerapkan Instagram marketing tips di atas. Selain sebagai cara untuk memperkenalkan produk, tips marketing Instagram juga berpengaruh besar dalam meningkatkan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *