Sosial Media

Ingin Sukses IGTV Ads? Ikuti Panduannya Berikut Ini!

IGTV Ads

Platform Instagram saat ini bukan lagi sekedar tempat berbagi foto maupun video. Semenjak kehadiran fitur IGTV Ads di tahun 2018 silam, para content creator pun sudah bisa menghasilkan uang melalui Instagram. Jika Anda termasuk salah satu content creator yang ingin sukses IGTV Ads maka terdapat beberapa elemen penting yang harus Anda perhatikan.

Artikel berikut ini akan memberikan informasi tentang IGTV Ads serta panduan sukses menjalankan IGTV Ads. Yuk, langsung saja kita bahas.

Panduan Sukses IGTV Ads

Agar bisa sukses menghasilkan cuan lewat fitur IGTV Ads ini maka terdapat beberapa poin penting yang perlu Anda lakukan. Berikut adalah beberapa kiat-kiat yang wajib Anda lakukan saat membuat konten lewat IGTV.

Pilih Topik yang Menarik

Memilih Topik yang menarik untuk Sukses IGTV Ads

Saat membuat channel untuk IGTV Anda maka pastikan untuk memilih topik yang menarik dan sesuai dengan images Anda. Setelah menentukan topiknya maka konsistenlah untuk membuat konten yang sesuai topik tersebut.

Jangan sekali-kali membuat konten yang keluar dari images Anda. Jika Anda memang tertarik pada bidang kecantikan misalnya, maka fokuslah pada topik kecantikan saja. Anda bisa membuat video tutorial make up, skincare dan sejenisnya.

Baca Juga: Tips and Trick Meningkatkan Engagement Instagram

Buat Konten yang Bervariasi

Durasi satu jam yang diberikan oleh IGTV bisa Anda manfaatkan dengan menampilkan konten yang bervariasi tanpa takut kehabisan waktu. Anda bisa menampilkan brand dengan konsep berupa story telling atau dengan konsep film pendek.

Saat ini para audiens juga tertarik dengan jenis marketing yang terdiri dari beberapa teaser. Jika Anda adalah pebisnis maka cobalah menggunakan konsep seperti ini. Agar lebih menarik banyak audiens, Anda juga bisa menampilkan konten berupa behind the scene dari proses pembuatan produk Anda.

Atur Jadwal untuk Unggah Video

Jadwalkan konten yang ingin di upload

Beberapa content creator kadang lupa akan pentingnya memiliki jadwal atau timeline posting. Padahal, timeline posting yang terencana dapat memudahkan aktifitas Anda yang lainnya sehingga Anda tidak memiliki jadwal yang saling berbenturan.

Anda bisa menyusun jadwal ini sesuai dengan aktivitas Anda seperti sekali seminggu atau mungkin  dua kali seminggu. Akan lebih baik memilih waktu-waktu tertentu untuk mengunggah sebuah konten dibandingkan memposting unggahan setiap harinya. Teknik spamming dengan mengunggah banyak video atau foto justru kadang tidak menarik di mata audiens. Sebaliknya, konten-konten yang diunggah sesuai jadwal yang ditentukan justru lebih memicu rasa penasaran audiens.

Manfaatkan Promosi Silang

IGTV kini juga menjadi platform promosi silang untuk jenis sosial media lainnya. Jadi, jika Anda memiliki channel Youtube maka Anda bisa mempromosikan video terbaru dari Youtube tersebut melalui IGTV. Begitu halnya saat memiliki konten baru di IGTV, Anda pun bisa memanfaatkan platform Facebook atau channel Youtube untuk mempromosikan video terbaru yang dimiliki.

Keunggulan IGTV Ads Dalam Memasarkan Produk

IGTV Ads sangat perlu untuk pebisnis

Saat ini pengguna Instagram semakin meningkat. Seiring bertambahnya pengguna Instagram tersebut maka turut berpengaruh pula pada pengguna fitur IGTV. Oleh sebab itu, dengan memanfaatkan IGTV Ads ini maka produk Anda pun akan lebih cepat dikenali oleh banyak orang.

Selain itu, IGTV juga menawarkan durasi membuat konten yang lebih panjang. Sehingga Anda bisa menciptakan storyline yang lebih detail lagi dalam mempromosikan brand. Durasi yang panjang ini tentu akan menjalin hubungan yang lebih kuat lagi dengan audiens karena mereka bisa mengenal lebih banyak lagi tentang produk yang Anda promosikan. Kemudian, di dalam IGTV juga tersedia tab popular yang memudahkan para content creator untuk menjangkau para audiens yang baru. Fitur analytic yang telah disediakan oleh IGTV juga lebih beragam sehingga Anda bisa melihat berapa banyak yang menonton, menyukai dan mengomentari konten yang telah diunggah.

5 Konten IGTV Yang Paling Menarik Bagi Audiens

Konten IGTV yang menarik

Hiburan

Sosial media selain menjadi wadah untuk berbagi informasi juga menjadi sarana hiburan tersendiri bagi penggunanya. Kehadiran berbagai macam content creator yang unik dan lucu-lucu membuat banyak audiens selalu menantikan unggahan mereka setiap saat. Maka tidak heran jika konten berupa hiburan menjadi salah satu konten yang paling diminati oleh banyak audiens di IGTV. Anda pun bisa membuat konten hiburan berupa komik, parodi, hingga musik sambil menyelipkan promosi produk di dalamnya.

Tips dan Trik

Para pengguna Instagram juga menyukai konten-konten berupa tips dan trik. Sebut saja tips-tips make up, tutorial menggunakan hijab, hingga berbagai resep menu makanan yang antimainstream. Kumpulan konten tips dan trik ini  bisa memberikan inspirasi tersendiri bagi para audiens.

Baca Juga: Pemilik Bisnis Wajib Tau 12 Instagram Tools Terbaik Ini!

Gaya Hidup

Anda juga bisa mencoba konten IGTV lainnya yang berhubungan dengan lifestyle atau gaya hidup. Banyak influencer terkenal hari ini memulai karirnya lewat Instagram dengan berbagi pengalaman atau keseharian mereka. Mulai dari aktifitas jalan-jalan, masak-masak, hingga makan-makan.

Informasi Terkini

Banyak orang yang membuka akun Instagram mereka dengan tujuan untuk mendapatkan informasi terkini yang terjadi saat ini. Beberapa media atau portal berita pun sudah banyak yang memiliki akun Instagram official untuk membagikan update berita terbaru kepada followersnya. Anda pun bisa membuat konten berisikan informasi terkini untuk menarik lebih banyak followers di akun Anda

Bisnis

Konten-konten dari IGTV hari ini memang semakin beragam. Salah satunya ialah dengan hadirnya konten bertema bisnis yang ternyata menarik perhatian banyak orang. Banyaknya kisah sukses dibalik sebuah brand atau perusahaan ternama menjadikan banyak orang berbondong-bondong membuat konten bisnis pada akun mereka.

Kriteria IGTV Ads Untuk Para Content Creator

Untuk bisa menghasilkan uang lewat IGTV ini juga tidak sembarangan. Sama halnya dengan Youtube, para content creator di Instagram juga perlu memenuhi beberapa kriteria tertentu untuk bisa memonetisasi konten mereka. Karena Instagram adalah layanan di bawah naungan Facebook maka kriteria yang diajukan pun sama seperti Facebook. Berikut ini adalah beberapa kriteria yang wajib Anda ikuti untuk memonetisasi akun Instagram Anda.

  • Memiliki video dengan durasi minimal 3 menit
  • Mampu menghasilkan lebih dari 30.000 penayangan satu menit selama dua bulan terakhir
  • Pemilik akun wajib memiliki followers Facebook fanpage sebanyak 10.000 pengikut
  • Berada di negara tempat iklan loyal ditayangkan
  • Telah memenuhi standar kelayanan monetisasi dari Facebook

Kemudian, adapun beberapa ketentuan konten yang wajib Anda penuhi ialah sebagai berikut.

  • Ukuran minimum video 500×889 pixel, rasio aspek 16:9, 4:5 dan 9:16
  • Format video ialah berbentuk MP4 dan MOV dengan durasi maksimum 120 detik
  • Ukuran file maksimum 30 MB

Sebagai tambahan, berikut ini adalah beberapa aturan dalam pembuatan konten IGTV agar Anda tidak terkena banned dari pihak Instagram.

  • Tidak terdapat ujaran kebencian, hasutan kekerasan serta konten yang mengadung unsur seksual
  • Konten yang dibuat adalah konten orisinal. Musik, audio, gambar atau video yang digunakan telah memiliki izin dari pemiliknya
  • Konten tidak menyajikan informasi yang palsu dan menyesatkan
  • Tidak menggunakan fitur penambah followers seperti bot atau membeli pengikut

Sukses IGTV Ads tidak hanya ditentukan dengan berapa banyak followers atau penonton Anda. Lebih dari itu, kualitas serta keaslian konten adalah hal yang paling penting. Yuk, lebih semangat lagi membuat konten-konten informatif dan edukatif.

Mau dapatkan hasil terbaik dari memasang IGTV Ads untuk bisnis. Yuk kolaborasi dengan Buzzup.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *