Digital Marketing

Cara Menggunakan Google Analytics yang Benar untuk Website Anda?

Cara Menggunakan Google Analytics pada website

Apakah Anda memiliki situs web tetapi Anda tidak tahu cara menganalisis kinerjanya? Ataukah Anda bingung cara menggunakan Google Analytics dengan benar?

Bagi Anda belum paham apa itu Google Analytics atau telah menginstalnya tetapi tidak pernah menggunakannya, maka artikel ini wajib untuk Anda baca dan pahami.

Baca Juga: Rekomendasi Kursus Digital Marketing Online untuk Berbagai Kalangan

Meskipun sulit bagi banyak orang untuk percaya, masih ada situs web yang tidak menggunakan Google Analytics untuk mengukur kinerja websitenya. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai seluk beluk Google Analytics dari sudut pandang pemula.

Cara Menggunakan Google Analytics untuk memantau Web Bisnis

Apa itu Google Analytics?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai teknis cara menggunakan Google Analytics, maka Anda perlu tahu terlebih dahulu tentang pengertiannya. Google Analytics adalah layanan analisis web yang ditawarkan oleh Google yang memungkinkan Anda mampu melacak dan menganalisis trafik situs web Anda.

Ini merupakan salah satu sarana gratis yang dapat Anda gunakan dengan cara menyalin dan menempelkan beberapa baris kode ke situs web Anda. Selanjutnya Google Analytics akan mulai merekam data kunjungan dan pengunjung.

Seperti halaman apa yang dikunjungi, untuk berapa lama, hal semacam itu. Sebenarnya ada lusinan metrik dan dimensi yang tersedia untuk membantu Anda menganalisis kinerja situs web Anda.

Namun, dengan sedikit pemahaman, Anda akan dapat membuat dasbor dan laporan Anda sendiri yang berfokus pada situs web spesifik Anda di dalam Google Analytics atau di luarnya menggunakan alat analitik berbeda yang akan membantu Anda memahaminya. dari trafik situs web Anda.

Di Google Analytic terdapat enam jenis data yang wajib Anda ketahui, antara lain:

  • Speed website
  • Real-time
  • Jumlah traffic
  • Sumber traffic
  • Perilaku pengunjung
  • Demografi pengunjung

Membaca Google Analytic

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Google Analytics?

Apakah Anda memiliki blog? Apakah Anda memiliki situs web? Jika jawabannya ya, apakah penggunaannya untuk pribadi atau bisnis? Entah untuk keperluan pribadi maupun bisnis, Anda memerlukan Google Analytics untuk mengoptimalkan kinerjanya.

Berikut adalah beberapa dari banyak permasalahan tentang situs web Anda yang dapat Anda atasi dengan menggunakan Google Analytics.

  • Jumlah pengunjung situs web Anda
  • Lokasi pengunjung
  • Dapat memudahkan penggunaan website versi aplikasi ponsel
  • Anda dapat mengetahui trafik situs web Anda
  • Salah satu taktik pemasaran yang mendorong trafik terbanyak ke situs web Anda
  • Mengetahui halaman mana di situs web Anda yang paling populer
  • Mengetahui jumlah pengunjung yang telah diprospek dan menjadi pelanggan
  • Membantu Anda mengetahui keluar masuknya pengunjung ke situs web Anda
  • Dapat meningkatkan kecepatan situs web Anda
  • Membantu Anda dalam mencari konten blog apa yang paling disukai pengunjung

Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics untuk Website?

Google Analytics menawarkan cara mudah dan gratis untuk melacak dan menganalisis pengunjung di situs web Anda. Selain itu, Anda juga bisa memiliki ribuan atau bahkan jutaan pengunjung setiap bulan.

Dengan fitur analisis dan pelaporan web yang canggih, Google Analytics dapat membantu Anda memaksimalkan pengunjung dan berpotensi mengubah mereka menjadi pelanggan.

Selain melacak jumlah pengunjung, Google Analytics juga memberikan wawasan penting tentang kinerja situs web Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi target. Anda pun dapat melacak berbagai hal, mulai dari berapa banyak lalu lintas yang diperoleh situs web Anda hingga dari mana lalu lintas itu berasal.

Dan lagi, Anda dapat melacak bagaimana perilaku pengunjung. Anda bahkan dapat memantau aktivitas media sosial, melacak traffic aplikasi seluler, mengidentifikasi tren, dan mengintegrasikan sumber data lain untuk membantu Anda membuat keputusan bisnis yang terbaik.

Istilah dalam Google Analytics

Sebelum masuk ke teknis cara menggunakan Google Analytics, berikut juga beberapa istilah yang harus Anda ketahui:

  • Account — tempat setiap properti berada di dasbor Anda. Anda dapat mengatur beberapa properti dalam satu akun atau memiliki beberapa akun untuk properti yang berbeda
  • Property — situs web atau aplikasi seluler yang ingin Anda lacak
  • Tracking ID — kode unik yang ditambahkan ke situs Anda yang memungkinkan Google Analytics untuk melacaknya
  • Convertion — kunjungan yang berubah menjadi pelanggan atau calon pelanggan
  • Channel/Traffic Source — menunjukkan dari mana lalu lintas Anda berasal, seperti rujukan atau tautan dari situs lain, mesin telusur, media sosial, dan email
  • Session Duration — berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs Anda
  • Bounce Rate — persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman dan kemudian pergi
  • Event — perilaku pengunjung tertentu, seperti saat pengunjung mengeklik iklan, menonton atau menghentikan video, mengunduh file, dan lainnya
  • Landing Page — halaman pertama yang dilihat pengunjung saat mengunjungi situs web Anda
  • Organic Search — pengunjung yang mengunjungi situs Anda dari tautan di laman hasil penelusuran
  • Segment — berguna untuk memfilter data, seperti menurut kategori dan jenis pengunjung

Tampilan Realtime Analytics

Dan jenis laporan yang harus Anda perhatikan:

  • Aqcuisition— menunjukkan kepada Anda dari mana lalu lintas berasal, seperti mesin pencari, media sosial, kampanye pemasaran email, dan tautan dari situs web lain.
  • Keywords — memberi tahu Anda kata pencarian apa yang digunakan pengunjung untuk menemukan situs web Anda di mesin pencari. Anda akan menemukan laporan ini di tab Perilaku, di bawah Penelusuran Situs.

Berikut cara menggunakan Google Analytics untuk situs web Anda:

Daftar Akun Google Analytics

Untuk menggunakan Google Analytics, Anda memerlukan akun Google. Caranya, buka https://marketingplatform.google.com/about/analytics/. Klik Masuk atau Buat Akun di sudut kanan atas.  Atau bisa juga langsung ke https://analytics.google.com/analytics

Jika Anda sudah masuk, klik Akses Google Analytics. Isi informasi yang diperlukan seperti nama akun, nama situs web, URL, industri, dan zona waktu. Klik Get Tracking ID untuk menyelesaikan penyiapan akun Anda.

Siapkan Google Analytics di situs web Anda

Tracking Code <script> diperlukan untuk melacak situs web Anda. Pada tahap ini, Anda akan dibawa langsung ke bagian Tracking Code setelah menyiapkan akun Anda.

Cara integrasi Google Analytics kepada website

Kode ini harus ada di setiap halaman yang ingin Anda lacak. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, anta lain:

  • Salin dan tempel kode langsung ke template situs web Anda.
  • Buat file “analyticstracking.php” dengan kode tersebut dan tambahkan <?php include_once(“analyticstracking.php”) ?> setelah tag <body> template Anda.
  • Periksa host web, pembuat situs web, atau platform blog Anda untuk integrasi Google Analytics. Misalnya, ada beberapa plugin di WordPress yang secara otomatis menambahkan kode pelacakan ke setiap halaman. Beberapa pembuat situs web memiliki laman atau bidang tertentu tempat Anda cukup memasukkan Tracking ID.

Mulai Pelacakan

Salah satu hal terbaik tentang Google Analytics adalah ia menawarkan berbagai fitur yang dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Semua fitur Google Analytics dapat diakses dan dikonfigurasi dari sidebar kiri.

Berikut ini tiga fitur yang sangat berguna untuk bisnis kecil, yaitu:

  • Traffic Source

Dengan fitur ini, Anda dapat mencari tahu dari mana pengunjung dan pelanggan Anda berasal. Cukup klik pada tab Aqcuisition di bilah sisi kiri dan Anda akan dapat melihat semua traffic source, seperti channel, rujukan, dan organic search.

  • Custom Report

Fitur ini memungkinkan Anda mengonfigurasi metrik berdasarkan kategori Anda sendiri yang tidak disertakan dalam setelan default. Misalnya, jika Anda memiliki toko online, bagian ini memungkinkan Anda melacak lalu lintas berdasarkan hal-hal seperti ukuran, warna, dan SKU produk.

  • Social Setting

Tidak cukup hanya menjalankan strategi pemasaran media sosial. Sangat penting bahwa Anda melacak hasilnya juga. Google Analytics dapat membantu dengan mengintegrasikan media sosial ke dalam metrik pelacakan Anda.

Add Users

Ingin anggota tim Anda yang lain melihat akun Google Analytics Anda? Yang Anda perlukan hanyalah alamat email mereka. Klik pada tab Admin di bilah sisi kiri, pilih akun dan klik Manajemen Pengguna. Dari sini Anda dapat menambahkan pengguna baru dan mengatur izin.

Baca Juga: Kenapa SEO itu Perlu? Apa Manfaat SEO untuk Bisnis UKM

Misalnya, Anda dapat membatasi pengguna untuk membaca dan menganalisis lalu lintas atau memberi mereka akses tingkat admin untuk melakukan hal-hal seperti mengedit pengaturan Anda. Menambahkan pengguna juga memudahkan untuk menyajikan laporan dan berkolaborasi.

Nah itu tadi penjelasan mengenai cara menggunakan Google Analytics untuk website Anda. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Bagi Anda yang masih pemula, tipsnya adalah pahami betul tentang enam jenis data Google Analytics yang telah dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *