Semakin berkembangnya teknologi, content creator muncul sebagai peluang bisnis baru yang menjanjikan. Pasalnya peluang yang besar, menjadi kreator konten bisa dirintis dengan modal yang relatif lebih kecil daripada bisnis lainnya. Bagaimana menjadi content creator sukses?
Apalagi kini sudah ada banyak platform yang sudah mewadahi talenta dan juga semangat para content creator newbie yang belakangan ini sering bermunculan. Melihat besarnya peluang dan persaingan di dalamnya, seorang pelaku dunia kreatif juga harus memiliki strategi untuk menopang keberhasilan konten yang dibuatnya.
Pasalnya banyak para newbie di dunia kreatif digital ini, terjun tanpa persiapan yang matang. Untuk itu artikel ini akan membahas 5 strategi jitu yang bisa dilakukan oleh kreator konten agar sukses di era persaingan digital 2022.
Baca Juga: Apa itu Content Creator dan Bagaimana Menjadi Seorang Content Creator?
5 Strategi Jadi Content Creator Sukses 2022
Untuk menunjang kesuksesan Anda didunia digital kreatif, Anda harus memiliki strategi yang tepat dan eksekusi yang matang. Berikut ini, ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk sukses jadi content creator 2022.
1. Memahami Minat dan Potensi dalam Diri
Sebelum terjun dalam dunia kreator konten, ada baiknya Anda mengenal apa yang dibutuhkan diri Anda. Dimana setiap orang memiliki minat dan potensi yang berbeda-beda. Dengan memahami minat dan potensi yang Anda miliki, Anda bisa lebih fokus untuk membuat konten sesuai passion yang Anda miliki.
Misal Anda memiliki hobi dan ketertarikan dengan dunia menulis, Anda bisa menjadi kreator dalam bentuk artikel, jika Anda memiliki minat di dunia gambar, mungkin Anda bisa mencoba menjadi creator content grafis. misal Anda memiliki tingkat percaya diri tinggi, Anda bisa mencoba menjadi kreator visual dan sebagainya.
2. Melek Teknologi dan Trend Terkini
Strategi pertama yang harus Anda lakukan adalah melek teknologi. Yang dimaksudkan adalah mengumpulkan pengetahuan sebanyak mungkin terkait teknologi dimana lebih mengacu pada platform yang akan digunakan.
Karena perkembangan teknologi memunculkan beragam jenis platform yang mewadahi para content creator. Anda harus memilih platform yang sesuai dengan passion dan talenta yang Anda miliki.
3. Konten Original vs Viral
Pada dasarnya ada dua tipe content creator, dimana mereka yang memiliki konten original maupun kreator yang mengikuti apa yang sedang viral. Anda bebas memilih kedua jalur tersebut, namun Anda harus bisa membaca momentum dan juga mempertahankan eksistensi.
Untuk cara organik seperti konten original, biasanya memang lebih lama untuk mendapatkan attention dari viewer, namun sekalinya ada biasanya viewer akan menjadi pengikut militan. Sedangkan konten viral lebih menjanjikan karena bisa menaikan engagement lebih cepat, namun sangat beresiko jika Anda tidak bisa mengolahnya.
4. Tingkatkan Skill dan Kualitas
Jika Anda sudah merasa pengikut Anda mulai bertambah, ada baiknya Anda mulai meningkatkan skill dan kualitas dari konten Anda secara bertahap. Hal ini pastinya berhubungan dengan budget karena untuk menghasilkan karya yang lebih baik Anda juga memerlukan perangkat yang lebih mumpuni.
Selain perangkat, Anda juga bisa meningkatkan skill copywriting, editing, manajemen waktu, dan lain-lain. Misalnya dengan mengikuti pelatihan, meminta kritik dan saran, atau merekrut tim yang handal pada satu bidang juga akan meningkatkan skill dari konten Anda (berlaku untuk beberapa jenis konten). Dengan skill dan kualitas yang meningkat, kepuasan viewer juga akan meningkat.
Baca Juga: Cara Menjadi Youtuber Pemula Sukses, Siap-siap Jadi Kaya
5. Jaga agar Tetap Konsisten dalam Berkarya
Cara ini memang terlihat paling klise, namun sebenarnya banyak content creator yang gagal pada strategi ini. Pasalnya untuk konsisten pada sebuah karya memerlukan pengorbanan, bisa jadi waktu, tenaga, uang, maupun pekerjaan lain yang harus ditinggalkan.
Maka dari itu Anda harus bisa mengatur manajemen waktu dengan baik. Setidaknya Anda bisa membuat 1 hari sebagai hari khusus konten dan Anda bisa menjadwalkan penguploadan konten tersebut pada hari lain.
Selalu jaga rutinitas atau jadwal upload, terutama untuk newbie yang memerlukan banyak engagement, eksistensi adalah hal paling penting dalam dunia digital. Untuk bekerja lebih baik, Anda bisa menganalisa data dan mengevaluasi konten yang Anda buat dari hari kehari, dengan begitu konten-konten berikutnya adalah masterpiece yang Anda buat.
Nah, itu dia beberapa strategi jitu jadi content creator sukses 2022, yang bisa Anda aplikasikan dalam berkarya di dunia digital kreatif. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!