Inspiratif

Cara Menjadi Youtuber Pemula Sukses, Siap-siap Jadi Kaya

Source: Cnet.com
Menjadi Youtuber Pemula Sukses

Saat ini Youtube memang sedang menjadi tren dunia. Bahkan situs web berbagai video ini mampu bersaing dengan stasiun TV. Sehingga youtuber menjadi pekerjaan incaran semua orang. Tak sedikit dari kalangan artis dan selebgram yang mempunyai pekerjaan sampingan menjadi youtuber. Tak hanya itu, masyarakat umum pun tak jarang juga yang memiliki channel Youtube dengan ribuan subscriber. Bahkan banyak diantara mereka menjadi Youtuber Pemula Sukses.

Youtube dinilai sebagai sumber pundi-pundi uang yang menjanjikan. Banyak orang berlomba-lomba mencari cara menjadi youtuber pemula sukses dan terkenal. Sampai ada yang meninggalkan pekerjaan utamanya untuk bisa fokus pada karir mereka di platform video terbesar itu. Kebanyakan memilih menjadi youtuber karena didorong oleh ekspektasi yang tinggi bisa langsung terkenal dengan mudah, padahal menjadi youtuber membutuhkan banyak persiapan dan ilmu yang cukup.

Baca Juga: Unik Banget! Ini Dia 10 Arti Singkatan di WhatsApp

Jika tertarik menjadi youtuber, tanamkan dalam pikiran bahwa tidak ada cara sukses yang instan di Youtube. Menjadi youtuber memerlukan proses, sama seperti pekerjaan lainnya. Mulai dari mencari ide untuk membuat konten yang menarik hingga mencari subscriber agar kanal Youtube-nya dapat menghasilkan uang. Serta ada beberapa cara menjadi youtuber pemula sukses yang perlu dilakukan.

Tips Menjadi Youtuber

1. Memilih Kategori Sukses

Memilih Kategori Sukses

Langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih kategori sukses yang akan diraih. Hal ini sangat penting sebab akan membuat seseorang fokus dengan apa yang ingin dicapai. Sehingga apa yang mengganggu dalam melangkah dapat terabaikan. Orang awam mungkin hanya mengetahui sukses menjadi youtuber sebatas terkenal dan memiliki penghasilan yang lumayan saja. Padahal, setidaknya ada tiga kategori sukses yang dapat diraih dari menjadi youtuber.

Hal pertama yang harus dipelajari adalah meningkatkan jumlah subscriber. Menjadi youtuber pemula tentu saja harus pintar-pintar memutar otak untuk mencari ide konten yang menarik, sehingga dapat menggugah para pengguna Youtube agar menekan tombol subscribe pada channel. Berikutnya adalah keterikatan atau engagement. Kategori ini berhubungan dengan jumlah like, komentar, dan share yang dimiliki. Semakin banyak yang didapatkan, maka si pemula dapat disebut sebagai youtuber dengan engagement tinggi.

Terakhir yaitu monetisasi yang berhubungan dengan penghasilan yang akan didapatkan sebagai seorang youtuber profesional. Penghasilan setiap youtuber tentu berbeda-beda.  Hal ini tergantung pada jumlah penonton atau viewers, kualitas video, dan aspek lain yang menjadi pertimbangannya. Cara menjadi youtuber pemula sukses bisa saja hanya fokus pada salah satu kategori sukses tersebut. Tidak ada salahnya juga memilih ketiganya dan sesuaikan dengan prioritas dan perkembangan channel yang sedang digarap.

2. Menentukan Target

Menjadi Youtube Sukses Jangan Lupa untuk menentukan Target

Hal yang tak kalah penting dari memilih kategori sukses adalah menentukan target kedepannya. Dengan memiliki target, akan menjadikan seseorang lebih disiplin dan lebih mudah dalam menyusun rencana selanjutnya. Selain itu, menentukan target juga akan membuat konten lebih terarah dan sesuai rencana.  Adanya target dapat mengukur upaya yang dilakukan sudah memenuhi target atau belum. Setelah itu dilanjutkan dengan menentukan strategi. Misalnya berkolaborasi dengan youtuber lain atau mengadakan giveaway.

3. Menentukan Topik yang Sesuai dengan Bakat

Tentukan Topik Sesuai Bakat atau Hal yang Anda Kuasai

Cara menjadi youtuber pemula sukses selanjutnya adalah menentukan topik yang sesuai dengan bakat dan minat. Contohnya musik, game, kecantikan, fashion, travelling, dan lainnya. Menentukan topik dapat membantu seseorang menjadi lebih produktif dan enjoy dalam menciptakan konten. Karena hal yang sedang dikerjakan merupakan hal yang dikuasai sehingga akan menghasilkan konten kreatif dan menarik.

Baca Juga: 8 Cara Promosi Di Instagram Secara Gratis Ataupun Berbayar

4. Menentukan Jenis Konten

Menjadi Youtuber Pemula Sukses harus menyesuaikan jenis konten

Menggeluti salah satu jenis konten akan mempermudah seseorang lebih fokus jika mengerjakannya dan konten lebih terarah. Selain itu, dalam mengembangkan channel pun juga akan terbantu. Hal ini penting karena membuat audiens melihat si pemula sebagai spesialis atas jenis tersebut.

Contoh jenis konten nya yaitu yang pertama adalah educate. Pada jenis ini konten akan terfokus ke pengetahuan. Kedua adalah entertain yaitu konten yang berisi hiburan dan ini menjadi konten paling banyak di share, sehingga dapat meningkatkan engagement. Terakhir adalah envince. Enevince membahas tentang pembelian dan berlangganan.

5. Mencari Ciri Khas

Menjadi Youtuber Pemula Sukses Harus Memiliki Ciri Khas Tersendiri

Menentukan topik serta jenis konten saja tidak cukup. Saat memustuskan untuk menjadi youtuber, maka juga harus siap untuk bersaing dengan puluhan juta channel Youtube lainnya. Memiliki ciri khas sangat diperlukan karena tanpa ciri khas, akan sulit untuk dikenal dan menjadi channel Youtube yang besar. Mencari ciri khas menjadi langkah wajib dalam cara menjadi youtuber pemula sukses. Ciri khas dapat berupa atribut yang digunakan, gaya bicara, sapaan, setting ruangan dan lainnya.

6. Merancang Konten

Merancang Konten

Mempertontonkan konten yang menarik merupakan kunci dalam meraup viewers dalam jumlah yang tak sedikit. Bahkan juga bisa menduduki tangga trending. Dalam artian penghasilan yang didapat pun juga semakin banyak. Karena itu, menjadi youtuber harus pintar dalam merancang konsep konten yang akan diupload, khususnya untuk target pasar yang dituju. Sebelum membuat konten memang perlu pemikiran yang matang meliputi dialog yang akan diucapkan, konsep konten, waktu yang akan dibutuhkan, dan lainnya. Itu semua termasuk dalam kegiatan merancang konten.

7. Menyiapkan Peralatan

Menyiapkan Peralatan yang Cukup

Peralatan merupakan senjata utama dalam cara menjadi youtuber pemula sukses. Rancangan konten akan dapat dijalankan dengan baik dan lancar jika menggunakan peralatan yang memadai. Seperti teleprompter contohnya. Teleprompter adalah layar untuk menampilkan skrip atau dialog konten. Contoh lainnya adalah mikrofon eksternal. Agar suara terdengar  jelas dan jernih dapat menggunakan peralatan yang satu ini. Tujuannya untuk mengurangi noise yang biasanya masih dapat ditangkap oleh mikrofon bawaan.

Contoh peralatan ketiga adalah lighting atau pencahayaan. Lighting yang cukup akan memperjelas gambar video. Menggunakan lighting harus disesuaikan dengan jenis konten. Peralatan yang paling penting adalah kamera. Bagi pemula disarankan untuk mencoba take video menggunakan kamera ponsel terlebih dahulu. Yang terakhir adalah aplikasi editing.

8. Membuat Konten

Bangun Konten secara konsisten untuk menjadi Youtuber Pemula Sukses

Cara menjadi youtuber pemula sukses selanjutnya adalah membuat konten. Setelah mempersiapkan peralatan, selanjutya adalah proses pembuatan video. Dalam pembuatan video, perhatikan beberapa hal yang penting. Seperti tempatkan kamera sesuai angle, gunakan tripod agar hasil video stabil, memastikan mikrofon dalam keadaan ON, mengatur teleprompter, dan menyesuaikan cahaya.

Setelah pembuatan konten selesai, selanjutnya adalah proses editing. Selain menggabungkan beberapa video, dalam editing juga dapat menambahkan visual effect yang menarik. Editing yang bagus dapat memicu penambahan jumlah viewers. Setelah proses editing selesai dilanjutkan dengan mengunggah.

Baca Juga: Apa itu Content Creator dan Bagaimana Menjadi Seorang Content Creator?

Bagian lumayan sulit adalah tahap promosi untuk mencari viewers. Promosi dapat dilakukan melalui sosial media. Melalui sosial media marketing, dapat memaksimalkan kegiatan promosi. Baik di Facebook, Twitter, Instagram, dan platform lainnya. Dengan strategi tersebut, pengikut sosial media yang dimiliki berpeluang menjadi subscriber channel Youtube yang baru dibangun tersebut. Yang terkahir dan paling penting adalah konsisten.

Cara menjadi youtuber pemula sukses memang memerlukan beberapa proses yang cukup rumit. Tahap demi tahapnya juga tidak bisa dilakukan secara instan. Namun kesulitan itu akan terbayar jika sudah menjadi youtuber yang terkenal dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *