Digital Marketing

Mengenal Marketer, Mulai Dari Pengertian, Tugas dan Skill yang Dibutuhkannya

Mengenal marketer

Marketer adalah salah satu posisi penting dalam perusahaan dan juga sebuah bisnis. Mengenal Marketer akan membantu Anda menemukan seorang yang tepat untuk membawa perusahaan dan juga bisnis jadi lebih berkembang. Ini karena ia punya andil besar pada target penjualan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Namun, masih banyak hal yang perlu diketahui tentang seorang marketer, lho.

Mengenal Marketing Dalam Bisnis Ataupun Perusahaan

Marketing sendiri merupakan hal yang dibutuhkan dalam bisnis dan perusahaan. Marketing adalah segala proses mengenalkan produk ataupun jasa, dengan tujuan untuk diketahui oleh masyarakat sehingga mereka pun tertarik untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa yang dijual.

Proses yang termasuk dalam marketing ini pun terbilang beragam, mulai dari proses pengembangan produk, metode distribusi yang ingin diterapkan, penjualan produk ataupun jasa, periklanan, dan segala strategi lain yang ingin diterapkan guna mencapai tujuan yang diinginkan dari suatu bisnis atau perusahaan.

Mengenal Marketer dalam Digital Marketing

Seberapa Penting Marketing Dalam Bisnis Ataupun Perusahaan?

Ada banyak fungsi marketing dalam bisnis. Bukan hanya mengenalkan produk atau jasa yang dijual saja, tapi juga untuk meningkatkan penjualan sehingga bisnis pun bisa lebih berkembang.

Marketing secara umum berguna untuk menjelaskan pada masyarakat tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Pemasaran ini merupakan cara yang bisa dibilang paling efektif untuk menjelaskan tentang informasi sebuah produk atau jasa pada calon pelanggan. Ini karena masyarakat tentu butuh informasi yang jelas mengenai sebuah produk atau jasa yang ingin mereka gunakan.

Di tengah persaingan antar bisnis, proses marketing ini jadi hal yang sangat penting, karena akan menentukan produk atau jasa dari bisnis mana yang akan membuat pelanggan bertahan dan bisnis dapat berkembang.

Digital marketing strategy

Tahapan Dalam Marketing

Perusahaan atau bisnis akan melalui 4 tahapan marketing agar memastikan produk ataupun jasa mereka siap untuk dijual pada masyarakat. Berikut ini tahapan dalam marketing:

  • Ideation. Ini adalah tahapan awal di mana perusahaan mengembangkan ide untuk sebauh produk atau jasa. Sebelum menjualnya, perusahaan harus memutuskan apa yang akan dijual, berapa banyak pilihan, dan juga bagaimana produk akan dikemas atau disajikan pada calon pelanggan.
  • Riset dan pengujian. Sebelum produk atau jasa dijual, Anda harus terlebih dulu melakukan riset dan juga pengujian dalam hal pemasaran. Biasanya ini dilakukan dengan survei dalam mengukur minat konsumen, menyempurnakan produk atau jasa yang akan dijual dan juga menentukan harga. Anda juga harus meneliti competitor bisnis Anda agar dapat menetapkan harga yang sesuai dan bisa menghasilkan strategi untuk mengenalkan produk Anda di pasaran.
  • Periklanan. Segala informasi yang Anda dapatkan dari riset yang dilakukan sebelumnya akan membantu Anda dalam menentukan strategi penjualan dan juga pembuatan kampanye iklan untuk bisnis Anda. Sebelum membuat kampanye iklan, sebaiknya tetapkan dulu target konkret dari marketing yang Anda lakukan agar dapat mengukur efektif kah kampanye iklan yang Anda lakukan.
  • Penjualan. Di langkah ini Anda harus menentukan di mana dan juga bagaimana Anda menjual produk atau jasa dari bisnis Anda. Seperti apakah produk atau jasa dari bisnis Anda akan dijual secara lokal, nasional ataupun internasional, apakah hanya dijual secara online atau ada offline, dan juga pemilihan saluran penjualan.

Fokus pada berbagai ide digital

Apa Itu Marketer?

Mengenal Marketer mungkin lebih dikenal sebagai sales. Marketer adalah orang yang fokusnya berada di pemasaran. Ia membantu proses pemasaran agar jadi lebih dikenal oleh masyarakat luas hingga akhirnya bisa mencapai target yang diharapkan oleh perusahaan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, marketer adalah seorang ‘penjual’. Mereka bisa saja seorang digital marketer, blogger, penulis konten, reviewer, ataupun buzzer media sosial. Karena mereka akan membantu sebuah bisnis dikenal luas dan lebih berkembang, maka ia butuh ide-ide cemerlang dan juga terobosan unik dan menarik dalam hal marketing.

Mengenal istilah marketer

Mengenal Marketer dan Tugasnya

Marketer punya tanggung jawab tersendiri untuk membuat bisnis menjadi lebih sukses dan berkembang, di antaranya:

1. Melakukan riset untuk penentuan harga

Pertama, tugas marketer adalah menentukan harga dari sebuah produk atau jasa yang akan dijual. Ini harus dilakukan dengan tahapan riset terlebih dulu. Riset ini dilakukan dengan memantau kompetitor yang memiliki produk atau jasa serupa. Kemudian, pertimbangkan juga nilai plus dari produk Anda sebelum menentukan harga.

2. Memahami serta memenuhi kebutuhan dan juga harapan konsumen

Sebagai marketer yang baik, Anda pun harus paham tentang kebutuhan dan keinginan konsumen. Ini karena konsumen tentunya akan memilih dan membeli produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Karena itulah, marketing harus mengetahui dan mengerti apa harapan dan kebutuhan konsumen sehingga ia pun bisa menyusun strategi marketing yang tepat.

3. Membuat perencanaan produk

Setelah tau apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, Anda bisa menentukan seperti apa produk atau jasa yang akan Anda jual. Produk ini harus bisa diterima di pasaran luas, sehingga tujuan bisnis pun bisa tercapai.

4. Membuat strategi marketing

Selain membuat produk yang dibutuhkan dan diinginkan banyak orang, marketer juga bertugas untuk membuat strategi pemasaran yang tepat dan bisa menarik orang untuk mengenal produk serta melakukan pembelian. Sekarang ini, marketing sudah banyak merambah digital, sehingga munculnya digital marketing yang diyakini lebih memungkinkan untuk menarik pelanggan lebih luas.

5. Melayani konsumen dengan terbaik

Seorang marketer juga harus mampu bersikap ramah ke setiap orang, terutama calon pelanggan. Pelayanan terbaik adalah salah satu kunci untuk menarik para calon pelanggan. Itulah mengapa marketer harus punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.

Tugas Marketer

Skill yang Dibutuhkan Seorang Marketer

Bekerja di bidang pemasaran membuat seorang marketer harus memiliki beberapa kemampuan atau keterampilan baik itu berupa hard skills ataupun soft skills, di antaranya:

HARD SKILLS

1. Kemampuan analisis

Bagian marketing harus mampu menerjemahkan data dan menerapkannya ke dalam suatu strategi. Ini dibutuhkan untuk menilai perilaku para pelanggan, menghitung laba bersih, dan juga menilai kinerja strategi yang sudah diterapkan.

2. Membuat konten

Ini adalah keterampilan yang diperlukan oleh seorang marketer, khususnya oleh mereka yang bekerja di bidang digital marketing. Mereka butuh kemampuan dalam menciptakan konten yang menarik audiens di media sosial, ataupun konten yang baik untuk SEO (Search Engine Optimization).

3. Media sosial

Bukan hanya penting dalam hal membangun brand awareness untuk bisnis saja, tapi media sosial juga merupakan wadah para pelanggan untuk berinteraksi dengan perusahaan Anda. Lewat media sosial juga Anda bisa melakukan survei pasar, guna membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang.

4. E-Commerce

Berkembangnya teknologi, membuat sistem perdagangan pun semakin berkembang juga. Sekarang ini, sebuah bisnis harus memenuhi keinginan pelanggan, salah satunya untuk tersedia di segala platform yang akan memudahkan mereka mencari tau ataupun membeli produk atau jasa yang Anda jual. Itulah mengapa, marketer adalah orang yang harus paham sistem perdagangan secara online ini dengan baik.

5. Video marketing

Salah satu saluran marketing yang populer adalah video. Tidak sedikit pelanggan yang merasa dengan adanya video ini mereka jadi lebih memahami produk ataupun jasa dari sebuah bisnis. Perusahaan pun meyakini bahwa video dapat membantu meningkatkan traffic ke website yang mereka miliki.

6. SEO dan SEM

Sekarang ini, dunia marketing sudah mulai merambah dunia digital dan internet. Beberapa strategi digital marketing yang biasa dilakukan adalah dengan SEO (Search Engine Optimization) dan juga SEM (Search Engine Marketing). Dua hal ini harus dimengerti para marketer guna membuat bisnis bisa lebih berkembang.

SOFT SKILLS

Selain hard skills, para marketer juga harus memiliki soft skills, seperti kreatif dalam menemukan ide-ide segar, mampu untuk beradaptasi dengan tantangan baru ataupun rencana baru, mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki jiwa kepemimpinan dan juga empati.

Itulah beberapa mengenai marketer. Bisa dibilang bekerja dalam bidang marketing bukanlah perkara mudah. Karena mereka punya tanggung jawab agar bisnis bisa sukses dan berkembang, dengan membuat orang banyak mengenal produk atau jasa yang mereka jual hingga akhirnya melakukan pembelian. Sekarang sudah mengenal marketer itu apa kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *