Digital Marketing

Wah, Jadi Ini Cara Ganti Password Email!

Source: Entrepreneur.com
Cara ganti password email dengan beberapa tahapan

Bagaimana cara ganti password email? Melupakan password akun di suatu aplikasi memang merupakan suatu hal yang lumrah terjadi. Saking lazimnya, sampai-sampai tak pernah terpikirkan di benak kita, bagaimana jadinya mengakses email tapi melupakan kode sandinya.

Kecerobohan ini tentu berakibat fatal bagi kehidupan pribadi maupun kepentingan bisnismu. Kita tak bisa menampik fakta, misalnya, bahwa ekosistem-ekosistem besar seperti Hangouts, Google Tasks, Google Keep, dan Google Calendar membutuhkan kehadiran gmail dalam mengoperasikan sistemnya. Nah, kehilangan akses akun gmail dapat berimplikasi pada aktivitas peretasan data-data penting yang dilakukan oleh beberapa oknum nakal.

Baca Juga: Cara Daftar Google Bisnisku Untuk Pemula

Jadi, tunggu apa lagi? Cari tahu cara ganti password email dan praktikkan langsung sekarang juga! Pastikan Kamu membuat kata sandi baru yang aman dan sulit ditebak orang lain. Jangan lupa juga untuk memperbarui kata sandi secara rutin.

Berikut adalah cara ganti password email terkhususnya Gmail di perangkat desktop, Android, dan iOS.

Cara Ganti Password Email (Gmail) di Komputer

Langkah pertama tentu saja dilakukan dengan membuka akun Google mu di browser pilihan. Ini pun lantas membuat ikhtisar akunmu terpampang jelas di layar.

Sesudah itu, Kamu bisa memilih “Security” yang berlokasi di bagian kiri layarmu. Di bawah tampilan “Signing into Google”, pilihlah “Password” untuk memasukkan kata sandi baru akunmu. Jika sudah, tekan tombol “Change Password”.

Ada baiknya Kamu memasukkan nomor telepon atau alamat email pemulihan, sebagai upaya mengantisipasi kehilangan akses ke akun di masa mendatang. Dengan demikian pihak Google dapat menghubungimu bilamana terdapat aktivitas ‘tidak wajar’ di akunmu.

Nah, Kamu bisa melakukan ini dengan kembali ke opsi “Security” dan langsung memilih “Ways that we can verify it’s you”. Pilih salah satu di antara “Recovery phone” atau “Recovery email”, lalu ikuti petunjuknya.

Cara Ganti Password Email (Gmail) di Android 

cara ganti password email melalui Laptop/Komputer
Ilustrasi | Foto: Unsplash

Tidak hanya terbatas pada komputer, Kamu pun bisa mengganti kata sandi Gmail di Android. Cara melakukannya pun terbilang tidak sulit. Buka saja aplikasi “Settings” lalu pilih Google hingga sampai pada “Manage your Google account”. Tujulah “Security”, pilih “Signing into Google”, kemudian ikuti langkah-langkah untuk mengubah kata sandi akunmu.

Cara Ganti Password Email (Gmail) di iOS

Beda lagi caranya jika perangkat yang Kamu miliki adalah iPhone atau iPad. Sebab, kedua perangkat gawai ini menggunakan sistem operasi berupa iOS.

Nah, Kamu bisa mengubah password Gmail di iOS melalui aplikasi Gmail. Di sisi kanan atas aplikasi akan terpampang gambar profil akunmu; ketuk saja dan pilihlah “select Manage your Google Account”.

Di bagian atas layar, akan terdapat banyak opsi pengaturan. Pilihlah “Personal Info” lalu menekan tombol “Password” yang berlokasi di bagian paling bawah. Masukkan saja kata sandi baru akunmu dan tekan tombol “Change Password”.

Selain Gmail, Kamu pun perlu mengganti kata sandi Hotmail & Outlook dan Yahoo Mail secara rutin. Meskipun penggunaannya tidak semasif Gmail, kedua wadah email tersebut, bagi yang menggunakannya, tentu mengetahui cara ganti password email penting diketahui.

Mengubah Password Hotmail & Outlook

Mengubah assword email
Ilustrasi | Foto: Unsplash

Untuk mengganti kata sandi Hotmail & Outlook, Kamu bisa memulainya dengan membuka akun Hotmail di outlook.com. Di sisi kanan atas layar, klik nama akunmu dan pilihlah “View Profile”. Klik “Change password” yang berlokasi di sebelah alamat emailmu.

Nah, nantinya Microsoft akan memverifikasi, apakah benar Kamu meminta untuk mengubah kata sandimu. Sesudah itu, masukkan saja alamat emailmu dan klik “Send code”. Periksa pesan masuk untuk melihat kode tersebut lalu masukkan di browser dan tekan tombol “Submit”.

Sekarang, masukkan kata sandi lamamu dan kata sandi baru. Pastikan kata sandi memuat delapan karakter huruf besar dan kecil. Jika sudah, masukkan kembali kata sandi baru itu. Terakhir, tekan tombol “Simpan”.

Mengubah Kata Sandi Yahoo Mail

cara ganti password Yahoo
Ilustrasi | Foto: Unsplash

Adapun untuk Yahoo Mail, Kamu bisa mengubah password-nya melalui login.yahoo.com. Di sisi kanan atas layar, kliklah nama akunmu lalu pilih “Account info”. Pilihlah tab “Account security” untuk mengubah kata sandi. Usai itu, masukkanlah kata sandi baru lalu masukkan kembali untuk memvalidasi kebenaran atas kepemilikan akun. Terakhir, tekan tombol “Continue”.

Baca Juga: Panduan Email Marketing untuk Bisnis yang Perlu Diterapkan!

Itulah penjelasan singkat mengenai cara ganti password email akunmu. Terapkanlah secara rutin untuk mendapatkan keamanan maksimal. Kamu pun tak perlu mengkhawatirkan terjadinya kebocoran data-data penting bisnismu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *