Bisnis

10 Cara Memperkenalkan Produk Agar Laris Manis di Pasaran

Source: Mtdsalestraining.com
Cara Memperkenalkan Produk

Bagi para pemilik bisnis yang sedang memulai usaha, Anda perlu memperhatikan cara memperkenalkan produk yang tepat agar promosi yang dilakukan efektif dan tepat sasaran. Dengan cara yang tepat, bisnis akan lebih cepat meraih sukses. Selain itu, pebisnis juga wajib menentukan capaian target penjualan untuk mengukur apakah strategi yang dilakukan sudah efektif atau belum. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk.

Tips Memperkenalkan Produk

Memanfaatkan Media Sosial

Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, memanfaatkan media sosial merupakan hal yang wajib dilakukan mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, dll. Media sosial menjadi alat terbaik untuk cara memperkenalkan produk karena memberikan pendekatan yang lebih personal dengan calon pelanggan. Selain itu, memperkenalkan produk lewat media sosial juga gratis, kecuali jika Anda menggunakan iklan seperti Facebook Ads atau IG Ads.

Baca Juga: 7 Peran Kemasan Produk yang Jarang Diketahui

Terlibat Dalam Berbagai Event

Mengikuti berbagai Event sebagai cara memperkenalkan produk
Source: Republika.co.id

Kesempatan lainnya yang dapat dicoba untuk memperkenalkan produk adalah dengan menjadi sponsor dalam suatu event atau menyelenggarakan event tersendiri. Dengan menjadi sponsor dalam suatu acara, kesempatan produk untuk dikenal masyarakat akan semakin besar. Kuncinya terletak pada bagaimana Anda merencanakan acara tersebut dengan matang dan melakukan cara promosi yang benar.

Membagikan Produk Secara Gratis

Membagikan produk sebagai bentuk Trial kepada Calon Konsumen
Sumber Gambar: Sisternet.co.id

Cara selanjutnya untuk memperkenalkan produk adalah dengan membagi-bagikan sampel produk tersebut. Anda dapat memberikannya secara cuma-cuma atau melalui sistem pembelian produk lain. Misal Anda sudah memiliki produk minuman dengan rasa A dan ingin memperkenalkan produk minuman rasa B. Maka Anda dapat memberikan minuman rasa B secara gratis untuk setiap pembelian 2 minuman A. Tentukan jumlah produk yang ingin dibagikan agar tidak mengalami kerugian.

Mengumpulkan Data Calon Pelanggan Potensial

Mengumpulkan data Konsumen
Sumber Gambar: IlmuEkonomi.co.id

Anda dapat menerapkan sistem pengumpulan data pelanggan saat mereka membeli produk selama penjualan berlangsung. Dari data yang didapat, Anda dapat menggunakannya untuk promosi atau perkenalan produk baru lainnya, termasuk memberikan informasi mengenai keunggulan produk tersebut.

Memberikan Insentif Bagi Pelanggan

Jika bisnis Anda sudah berjalan cukup lama, tentu bisnis tersebut sudah memiliki beberapa pelanggan yang loyal. Untuk itu, Anda dapat memberikan insentif bagi pelanggan tersebut dengan memberikan mereka produk terbaru secara gratis. Atau Anda juga dapat memberi mereka kupon atau diskon untuk produk terbaru yang sedang diperkenalkan.

Melakukan Kegiatan Amal

Menunjukkan rasa peduli bagi masyarakat yang membutuhkan juga dapat menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan produk. Bahkan cara ini sangat efektif untuk menarik perhatian masyarakat dan memperoleh citra yang baik di mata masyarakat. Anda dapat berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial, memberikan bantuan untuk warga miskin, dll.

Melakukan Survei Sebelum Menjual

Produk yang masih baru biasanya akan melalui review beberapa waktu agar dapat menghadirkan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk itu, Anda dapat melakukan survey kepada pelanggan mengenai produk baru yang diperkenalkan. Tanyakan bagaimana pendapat mereka atau kesan pertama mengenai produk tersebut,

Membuat Merchandise

 

Ketika memperkenalkan produk yang benar-benar baru, upaya yang diperlukan memang akan lebih banyak. Anda dapat membuat merchandise agar produk tersebut dikenal dulu oleh konsumen misalnya dengan membuat stiker, kaos, dll yang diberikan kepada konsumen sebagai bonus.

Memanfaatkan Jasa Endorsement

Strategi lainnya untuk mempromosikan produk adalah melalui jasa endorsement. Jika produk yang diperkenalkan tersebut menyasar anak muda, maka pilihlah influencer dengan follower sesuai dengan target konsumen Anda. Cara seperti ini sangat efektif untuk memperkenalkan produk dan postingan mengenai produk tersebut juga memiliki peluang yang lebih besar untuk diperhatikan oleh calon konsumen.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Campaign Online untuk Promosi Produk

Memasang Iklan di Publisher

Selain memanfaatkan media sosial, Anda juga dapat memasang iklan di Google. Pasalnya saat ini hampir semua orang menggunakan internet dan melakukan pencarian melalui Google. Jadi tidak heran jika Google menjadi target para pelaku usaha untuk memasang iklan. Bahkan konversi dari penjualan dari iklan di Google lebih baik daripada melalui media sosial.

Demikian beberapa strategi untuk memperkenalkan produk baru kepada konsumen. Untuk menerapkan car aini, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya seperti desain label, logo, dan kemasan yang digunakan karena akan berpengaruh terhadap strategi untuk memperkenalkan produk. Pastikan produk yang diperkenalkan juga sudah memiliki label resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *