Bisnis

7 Peran Kemasan Produk yang Jarang Diketahui

Source: Pexels.com
Peran Kemasan Produk

Salah satu elemen terpenting dalam strategi pemasaran adalah promosi. Dan akhir-akhir ini, peran kemasan produk telah menjadi elemen kuat dan penting untuk meningkatkan penjualan. Apalagi kini persaingan di dunia bisnis semakin ketat sehingga packaging pun turut andil dalam meningkatkan minat beli konsumen.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah serangkaian peran penting yang dimainkan oleh kemasan dalam sebuah produk terhadap kesuksesan suatu bisnis.

Peran Kemasan Produk

1. Sebagai Sumber Informasi dan Layanan Mandiri untuk Konsumen

Kemasan berisi sumber informasi tentang produk
Kemasan berisi sumber informasi tentang produk

Salah satu peran kemasan produk, terutama dalam peluncuran produk baru, adalah informasi yang tercantum pada kemasan. Informasi tersebut bisa berupa cara memasak produk makanan, cara menggunakan produk teknologi, atau prosedur dan tindakan pencegahan yang diperlukan selama penggunaan produk.

Informasi dalam kemasan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk membuktikan kredibilitas dan legalitas bisnis. Misalnya nama perusahaan, lokasi produksi, nomor izin edar, dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Jitu Cara Jualan Online, Dijamin Laku Keras!

2. Membantu Meningkatkan Penjualan

Sudah banyak contoh di mana peran kemasan produk dalam meningkatkan penjualan terbukti. Maka tak heran jika banyak kalangan pebisnis yang gencar membuat inovasi kemasan produk yang tak hanya eye catching, namun juga praktis dan berkarakter kuat.

Inovasi dalam kemasan seperti itu dinilai mampu menghasilkan lebih banyak penjualan karena kini kemasan tidak cukup hanya menarik, namun juga nyaman dan praktis sehingga memudahkan konsumen dalam mengonsumsi produk Anda. Misalnya packaging produk mi lidi-lidian yang menggunakan stand pouch lebih banyak diminati daripada yang dikemas dengan plastik biasa.

3. Meningkatkan Kualitas Produk

Peran Kemasan produk untuk meningkatkan kualitas produk
Kemasan produk untuk meningkatkan kualitas produk

Selain untuk meningkatkan daya tarik dan mempromosikan produk, kegunaan lain dari kemasan adalah untuk memberi perlindungan pada produk. Dengan teknik pengemasan yang baik, produk Anda jadi lebih aman, tidak mudah rusak, dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Selain itu, kemasan juga memudahkan Anda dalam melakukan pengiriman produk. Bahkan barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, susu, garam, dan gula perlu dikemas dengan baik tidak terkena kontaminasi debu, kotoran, atau hama yang masuk.

Kualitas produk pun dapat ditingkatkan dengan inovasi desain kemasan. Misalnya kemasan dengan fitur zipper lock, standing, side gusset, dan lain-lain dirancang saat ini untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan produk.

4. Meningkatkan Branding Awareness

Peran Kemasan produk meningkatkan branding awareness
Kemasan produk meningkatkan branding awareness

Dalam banyak kasus, pengenalan dan citra merek bergantung pada model dan desain kemasan produk. Hal pertama yang dilihat oleh konsumen sebelum membeli suau produk adalah kemasannya. Jadi, penting untuk menonjolkan segi kemasan untuk menarik minat konsumen terhadap produk Anda.

5. Media untuk Mempromosikan Produk

Media promosi produk
Kemasan sebagai media promosi produk

Peran kemasan produk lainnya adalah sebagai media untuk mempromosikan dan menampilkan produk di dalamnya. Banyak produk, khususnya produk makanan, yang mencantumkan deskripsi bahan dan informasi nutrisi pada kemasannya.

Kemasan produk lain, seperti produk teknologi atau mainan, juga menampilkan petunjuk yang menjelaskan cara menyiapkan dan menggunakan produk. Dengan menampilkan informasi penting mengenai produk melalui kemasan, Anda bisa sekaligus menonjolkan keunggulan produk Anda dibandingkan dengan produk kompetitor.

6. Menarik Minat Beli Konsumen

meningkatkan minat beli
Kemasan produk dapat meningkatkan minat beli

Berbicara tentang pentingnya peran kemasan produk, Anda perlu mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan konsumen. Bagaimanapun, tujuan utama menciptakan produk adalah untuk menarik pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk Anda.

Karena kesan pertama sangat penting dalam proses pembelian, kemasan produk sebaiknya Anda rancang dengan baik sehingga konsumen lebih tertarik untuk membeli. Mulai dari pemilihan jenis bahan, bentuk, dan warna harus Anda rencanakan dengan matang.

Baca Juga: 8 Tips Untuk Menggali Ide-Ide Peluang Bisnis. Wajib Coba!

Kemasan produk merupakan cerminan dari produk di dalamnya dan merek secara keseluruhan. Oleh karena itu, ketika merancang kemasan produk, banyak brand melakukan riset ekstensif terlebih dahulu mengenai keinginan dan kebutuhan konsumen. Hal ini bertujuan untuk memastikan kemasan produk dapat menarik dan memikat konsumen.

7. Membedakan Produk dari Pesaing

Peran Kemasan produk untuk membedakan dengan pesaing
Kemasan produk untuk membedakan dengan pesaing

Sebagaimana Anda ketahui bahwasannya saat membeli di minimarket atau supermarket, dalam rak yang sama terdapat produk serupa yang ditata menurut kategori. Oleh sebab itu, kemasan produk harus dirancang sedemikian rupa supaya terlihat lebih unik dan beda dari produk pesaing.

Walaupun ukuran dan bentuk packaging mungkin mirip dengan produk pesaing, desainnya harus berbeda. Warna, font, dan gaya yang Anda pilih untuk kemasan produk dapat dengan mudah membantu konsumen untuk membedakan produk Anda dari produk serupa.

Desain modal kemasan inovatif seperti pouch plastik transparan atau full colour biasanya lebih mampu menarik perhatian konsumen dan membantu menonjolkan produk Anda. Selain berbahan plastik, penggunaan bahan metalize atau nylon juga bisa jadi ide kemasan kekinian.

Itulah 7 peran kemasan produk yang wajib Anda pahami untuk meningkatkan penjualan. menyadari pentingnya kemasan, tidak ada salahnya untuk membuat perencanaan dan persiapan sematang mungkin agar menghasilkan kemasan produk yang terbaik dan bertahan untuk jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *