Web Development

Perbedaan Domain dan Hosting untuk Membangun Website

Source: Pexels.com
Perbedaan Domain dan Hosting

Dalam merancang situs web, Anda pasti sudah familier dengan istilah domain dan hosting. Ada beberapa tugas administratif yang penting untuk Anda lakukan seperti merancang keamanan web dan memilih layanan web hosting yang tepat. Domain dan hosting menjadi dua hal penting yang perlu Anda pertimbangkan.

Nah, untuk membantu Anda lebih memahami dua elemen penting tersebut, berikut ini penjelasan lengkap mengenai perbedaan domain dan hosting dalam website.

Apa itu Nama Domain?

Mengenal Perbedaan Domain & Hosting
Apa itu nama domain?

Nama domain merupakan alamat tempat pengguna dapat mengakses situs web Anda. Anda tidak bisa membeli hosting dan mulai mendesain website Anda kalau belum punya nama domain untuk situs web Anda.

Nama domain juga dikenal sebagai alamat organisasi di Internet, seperti identitas untuk menemukan komputer di Internet. Domain adalah nama yang terdaftar di Domain Name System (DNS) yang secara universal diidentifikasi oleh server web dan organisasi online melalui Internet.

Baca Juga: Apa itu JavaScript: Pengertian, Keunggulan, Konsep Dasar Penulisan

DNS berfungsi untuk menyimpan dan mengasosiasikan segala macam informasi serta data dengan nama domain. Setiap komputer di Internet secara unik dapat diidentifikasi dengan nama DNS yang terdiri dari nama host bersama dengan nama semua domain induknya.

Apa itu Hosting?

Apa itu Hosting
Apa itu web hosting?

Setelah Anda memilih nama domain dan mendaftarkannya, langkah selanjutnya adalah mencari layanan web hosting. Web hosting adalah layanan hosting Internet yang memungkinkan situs web Anda dapat diakses ke World Wide Web atau www.

Penyedia layanan web hosting umumnya punya pusat data dan server besar, di mana ia menawarkan ruang dan konektivitas kepada pelanggannya. Anda bisa menyewa layanan mereka untuk meng-hosting data dan situs web Anda di server mereka.

Layanan ini memerlukan komputer khusus yang disebut sebagai server yang terhubung ke Internet. Server aktif dan berjalan 24/7 dan menyimpan dokumen HTML, gambar, dan atribut lain yang terkait dengan situs web.

Anda dapat memilih di antara berbagai layanan web hosting, tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari yang gratis, sharing hosting, VPS, server khusus, dedicated hosting, dan cloud hosting.

Perbedaan antara Domain dan Hosting

Memilih nama domain serta layanan web hosting yang tepat adalah hal penting untuk segala jenis bisnis, terutama bisnis online. Jadi, penting untuk memahami perbedaan antara keduanya. Berikut ini penjelasannya

1. Arti Domain Vs Hosting

Perbedaan demain dan hosting yang pertama terletak pada artinya. Domain adalah alamat dimana pengguna Internet bisa mengakses website Anda.

Sedangkan web hosting adalah layanan hosting Internet yang memungkinkan situs web Anda dapat diakses ke World Wide Web. Web hosting memungkinkan website Anda dapat diakses oleh semua pengguna internet di dunia dan pengunjung potensial Anda di World Wide Web.

2. Fungsi Domain dan Hosting

Nama domain adalah alamat organisasi di Internet. Anda tidak dapat membeli hosting dan mulai mendesain situs web Anda sampai Anda memutuskan nama dan telah membeli nama domain. Domain mewakili IP address dan URL untuk menemukan suatu website di Internet. Alamat IP adalah kombinasi angka yang dipisahkan oleh titik.

Sementara itu, penyedia web hosting menyewakan Anda ruang di komputer yang terhubung ke Internet. Ini sudah jadi tanggung jawab layanan web host untuk memastikan komputer tetap bekerja dan koneksi internet tetap hidup sepanjang waktu.

3. Layanan yang Terlibat dalam Domain dan Hosting

Domain dan hosting adalah dua layanan berbeda yang bekerja bersama untuk menjaga situs web tetap aktif dan berjalan. Sementara kedua elemen tersebut diperlukan untuk menjaga dan menjalankan situs web, layanan web hostinglah yang terpenting. Hal ini disebabkan semua desain dan manajemen konten Anda jadi tidak maksimal tanpa server hosting yang andal.

Tanpa layanan web hosting, situs web Anda tidak akan dapat diakses oleh dunia. Karena itu, Anda tidak dapat menggunakan layanan hosting dan mulai mendesain situs web Anda sampai Anda membeli nama domain, yang seperti alamat di mana pengguna Internet dapat mengakses situs web Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Website Company Profile Terbaik

Demikianlah letak perbedaan domain dan hosting yang wajib Anda ketahui dalam merancang dan membangun website Anda. Semoga bisa membantu Anda dalam mempelajari dan memahami perbedaan antara keduanya sehingga dapat Anda dapat membuat website dengan cara yang lebih tepat.

Kalau Anda masih bingung dalam membangun website, Anda bisa mencoba layanan Web Development dari Buzzup.id untuk layanan Web Development. Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *