Marketing

9 E-commerce Terbaik di Indonesia dengan Pengunjung Terbanyak

e-Commerce Terbaik di Indonesia

Teknologi membuat kebutuhan masyarakat sehari-hari semakin mudah dipenuhi. Kini membeli barang tertentu tidak perlu lagi datang langsung ke penjual. Semua orang bisa mendapatkan barang kebutuhan secara online dengan berbelanja melalui e-commerce. Tren tersebut kemudian melahirkan banyak e-commerce terbaik di Indonesia dengan segudang kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan.

E-commerce merupakan singkatan dari electronic commerce yang diartikan sebagai kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan yang berperan sebagai konsumen untuk melakukan tranksaksi elektronik. Hampir semua barang kebutuhan bisa ditemukan di e-commerce, mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan lainnya. E-commerce juga menjadi tempat strategis para pelaku usaha untuk menjual produk mereka. Berikut adalah sederet e-commerce yang paling populer di Indonesia.

Deretan e-Commerce Terbaik di Indonesia

1. Tokopedia

Berdasarkan jumlah pengunjung per bulannya, pada tahun 2021 Tokopedia menduduki marketplace nomor satu di Indonesia dengan jumlah pengunjung sebanyak 135 juta. Oleh karena itu Tokopedia termasuk dalam jajaran e-commerce terbaik di Indonesia. Selain karena banyak beragam produk tersedia, Tokopedia juga memberikan pelayanan yang maksimal. Hal tersebut adalah alasan mengapa Tokpedia dipilih oleh banyak konsumen.

Dari segi penjual, marketplace yang berdiri pada tahun 2009 ini di dominasi oleh pelaku UMKM.  Guna mendukung penjual di dalam forumnya, Tokopedia menyediakan beberapa fitur menarik. seperti fitur promosi, broadcast chat, statistic toko, hingga pinjaman modal bagi pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Tidak hanya di Indonesia, marketplace ini juga berpengaruh di sebagian besar negara di Asia Tenggara.

Baca Juga: Yuk, Kenalan Dengan Para Pemimpin Start Up Wanita Di Indonesia

2. Shopee

E-commerce terbaik di Indonesia setelah Tokopedia adalah Shopee. Shopee menjadi urutan kedua marketplace dengan pengunjung terbanyak, yakni sekitar 127 juta. Harga produknya yang terjangkau merupakan alasan utama mengapa konsumen memilih Shopee. Marketplace yang diluncurkan di Singapura tahun 2015 ini adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura yang dimiliki oleh Sea Limited.

Setelah diluncurkan, Shopee memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, hingga Indonesia. Oleh karena itu, Shopee tidak hanya menjadi best marketplace di Indonesia saja namun juga di beberapa negara lainnya. Di samping itu, Shopee juga menyediakan fitur-fitur canggih untuk para penjual seperti ShopeeLIVE, chat bot, asisten penjual, dan masih banyak lagi.

3. Bukalapak

Urutan ketiga marketplace dengan pengunjung terbanyak adalah Bukalapak, dengan jumlah 34 juta pengunjung. Hampir sama dengan Tokopedia dan Shopee, alasan konsumen memilih Bukalapak adalah pilihan produknya yang beragam serta harganya yang murah. Awalnya Bukalapak hanya ditujukan untuk UMKM saja, namun kini semua pelaku bisnis sudah bisa memasuki salah satu e-commerce terbaik di Indonesia tersebut. Bahkan terdapat sekitar 6 juta merchant yang menawarkan produknya di Bukalapak.

Bukalapak berdiri di Indonesia pada 10 Januari 2010 dengan Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono sebagai pendirinya. Kategori produk di Bukalapak yang kerap dicari oleh konsumen adalah fashion, hobi & gaya, dan produk elektronik. Selain itu juga terdapat beragam kategori produk lain yang tak kalah populer yang disediakan oleh Bukalapak.

4. Lazada

Posisi keempat e-commerce terbaik di Indonesia dengan pengunjung terbanyak adalah Lazada, yakni dengan jumlah pengunjung sekitar 30 juta per bulannya. Meskipun urutan keempat dalam jumlah pengunjung, uniknya Lazada ini memiliki jumlah pengikut Facebook terbanyak dibandingkan marketplace lain yaitu sebanyak 31 juta. Selain karena harga produk yang terjangkau, Lazada juga memiliki reputasi yang baik sehingga banyak diburu oleh para konsumen.

Lazada merupakan sebuah perusahaan e-commerce Asia tenggara dengan Rocket Internet dan Pierre Poignant sebagai pendirinya. Perusahaan yang dimiliki oleh Alibaba Group ini berdiri sejak tahun 2012. Walaupun terbilang masih baru, namun tidak membuat fitur pada Lazada kalah canggih. Kategori produk yang kerap diincar konsumen di Lazada adalah produk elektronik dan fashion.

5. Blibli

Marketplace dengan pengujung terbanyak urutan kelima adalah Blibli. Salah satu e-commerce terbaik di Indonesia ini memiliki sekitar 19 juta pengunjung per bulannya. Blibli yaitu produk pertama dari PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital dan didirikan pada tahun 2010 serta diluncurkan pada 15 Agustus 2011. Sama halnya dengan marketplace lain, Blibli kerap dipilih konsumen karena reputasinya yang baik dan produknya yang otentik serta harganya yang murah. Berdasarkan data dari Blibli sendiri, jumlah mitra yang dimilikinya kini mencapai 16 ribu toko yang tersebar di lebih dari 300 kota di Indonesia.

6. Bhinneka

Hadir dengan 6 juta pengunjung per bulannya menjadikan Bhinneka urutan keenam marketplace dengan jumlah pengunjung terbanyak. Bhinneka merupakan situs e-commerce penjualan barang-barang elektronik pertama di Indonesia. Berdiri pada tahun 1999, awalnya Bhinneka hanya menyediakan produk elektronik saja. Namun seiring berkembangnya zaman, kini Bhinneka juga menghadirkan kebutuhan lain masyarakat. Mulai dari otomotif, keperluan industri, hingga fashion anak dan dewasa.

Selain itu, untuk memperkuat posisinya, Bhinneka menjadi marketplace yang dapat membantu memenuhi kebutuhan bisnis (B2B) dan kerjasama dengan pemerintah (B2G). Dengan begitu meskipun Bhinneka adalah marketplace yang tertua namun salah satu e-commerce terbaik di Indonesia ini tetap dipandang dengan reputasi yang baik oleh kalangan masyarakat.

7. Orami

Orami termasuk dalam kategori marketplace parenting dengan total pengunjung 5,3 juta per bulannya. Dikatakan marketplace parenting sebab Orami memiliki target pasar para orangtua dan ibu hamil. Di samping itu, Orami juga menerapkan konsep bisnis inventori. Konsep bisnis ini adalah mengambil barang dari brand dan penjual kemudian dijual kembali. Dalam artian lain, penjualan dilakukan secara langsung oleh marketplace tersebut.

Marketplace yang berdiri sejak 27 November 2012 ini menyediakan beberapa kategori produk yang dibutuhkan oleh para orangtua dan ibu hamil. Mulai dari peralatan menyusui, perabotan kamar bayi, perlengkapan bayi, perawatan bayi dan anak, perlengkapan hamil, hingga mainan anak dan lainnya. Orami didirikan oleh Ferry Tenka dan Gusmantara Ekamukti Himawan yang merupakan founder Groupon.

Baca Juga: Perkembangan Digital Marketing di Indonesia dan Tren Digital Marketing

8. JD.ID

JD.ID atau PT Jingdong Indonesia Pertama merupakan perusahaan layanan e-commerce terbaik di Indonesia yang berbasis di Jakarta. Marketplace yang mulai beroperasi pada November 2015 ini memiliki jumlah pengunjung sebanyak 4 juta per bulannya. Alasan utama konsumen menjadikan JD.ID sebagai platform langganan berbelanja adalah karena banyaknya progam gratis pengiriman serta barangnya yang otentik. Marketplace yang didirikan oleh Liu Qiandong ini menawarkan beberapa kategori produk dengan bahan makanan dan produk elektronik sebagai kategori produk terpopulernya.

9. Zalora

Hampir sama dengan Orami, Zalora juga menerapkan konsep bisnis inventori. Marketplace khusus bidang fashion dan kecantikan ini memiliki 2 juta jumlah pengunjung setiap bulannya. Namun tidak terpaku pada bidang fashion dan kecantikan saja, Zalora juga menyediakan produk pralatan rumah tangga dan gaya hidup. Marketplace yang pertama kali berkembang di Indonesia pada tahun 2012 ini menyajikan lebih dari 500 brand, baik lokal maupun internasional. Zalora berpusat di Singapura dan berkembang di Hongkong, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Brunei.

Daftar e-commerce terbaik di Indonesia menjadi bukti bahwa semakin banyak orang yang sadar akan berkembangnya teknologi. Meskipun tidak semua berasal dari Indonesia, sembilan e-commerce tersebut terbukti berhasil menguasai pasar.

Penutup

Mau bikin website e-Commerce? Yuk bisa langsung hubungi Buzzup.id. Diskusikan website e-Commerce yang Anda inginkan untuk bisa mendapatkan website terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *