Marketing merupakan salah satu jabatan ataupun divisi, dengan tugas yang cukup kompleks. Namun dengan delegasi tugas marketing dengan baik, sebuah perusahaan akan merasakan dampak yang sangat besar. Untuk itu, artikel ini akan membahas beberapa tugas marketing yang harus terpenuhi dalam sebuah perusahaan.
7 Tugas Marketing Yang Harus Terpenuhi dalam Sebuah Perusahaan
Entah bagaimana jadinya, jika dalam sebuah perusahaan tidak ada jabatan maupun divisi marketing. Selain memiliki peranan yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan, marketing juga memiliki tugas yang akan mempengaruhi jalannya sebuah perusahaan. Berikut beberapa tugas marketing, yang harus terpenuhi dalam perjalanan sebuah perusahaan:
1. Mengamati dan Menganalisa Buyer Persona
Dalam memasarkan produk atau jasa, seorang divisi marketing harus memiliki sense yang baik dalam mengamati persona dari pembeli atau pelanggannya. Hal tersebut akan membantu tugas marketing dalam melakukan pemasaran produk atau jasa.
Karena pada dasarnya, setiap persona dari pembeli memiliki penanganan berbeda-beda. Tugas seorang marketing harus mampu mengamati dan menganalisa persona, untuk kepentingan pembuatan buyer persona yang sangat berperan dalam menentukan strategi pemasaran kedepannya.
Baca Juga: STP Marketing adalah: Pengertian dan Proses Penerapannya
2. Melakukan Analisa Pasar
Untuk menentukan strategi bisnis yang tepat, divisi marketing harus memutar otak dan aktif dalam kegiatan analisa pasar. Hal ini akan berpengaruh pada pemilihan target pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang akan dipublikasikan.
Divisi marketing pada sebuah perusahaan, harus paham betul pasar yang akan dimasuki sebelum melakukan pemasaran produk. Dengan kata lain, marketing harus melakukan analisa menyeluruh mulai dari kebutuhan pasar hingga tren saat ini untuk meningkatkan keberhasilan pemasaran produk.
3. Memahami Knowledge Produk
Seorang marketing pada sebuah perusahaan, harus benar-benar memahami knowledge produk yang akan dipasarkan. Selain menanamkan keyakinan akan keunggulan dan kualitas produk, memahami produk akan membantu marketing dalam meyakinkan calon customer untuk membeli produk yang Anda jual.
Selain itu, marketing juga berperan dalam menganalisa celah produk atau jasa yang masih bisa diperbaiki sesuai dengan kebutuhan maupun kondisi pasar yang mereka hadapi. Oleh karena itu, seorang marketing harus memahami detail produk.
4. Membuat Strategi Pemasaran Produk atau Jasa
Sebagai seorang marketing sebuah perusahaan, Anda harus bisa merancang strategi pemasaran sesuai produk atau jasa yang Anda jual. Selain itu strategi juga harus dibuat dengan banyak pertimbangan, seperti kondisi pasar, kebutuhan, kondisi keuangan target pasar dan beberapa pertimbangan lainnya.
Membuat strategi pemasaran sendiri, juga harus Anda sesuaikan dengan kemampuan perusahaan dan juga tim yang Anda miliki. Bidang dan cara pemasaran yang Anda lakukan juga akan mempengaruhi strategi yang akan Anda jalankan.
5. Membuat Rencana Promosi
Ada banyak jenis promosi yang bisa Anda lakukan, seperti halnya tradisional marketing yang memanfaatkan teknologi dan media masa lampau seperti surat kabar atau majalah, digital marketing yang memanfaatkan teknologi dan media digital, dan beberapa jenis promosi lainnya.
Pahami kondisi dari produk dan juga tim yang Anda miliki, sebelum Anda terjun dalam tugas marketing dalam pembuatan promosi. Sesuaikan juga promosi dengan budget yang Anda miliki. Pastikan Anda memaksimalkan budget dengan optimasi iklan yang Anda buat.
6. Menetapkan Harga Jual
Tugas marketing selanjutnya, adalah menetapkan harga jual dari produk atau jasa sesuai HPP yang sudah diberikan serta melihat kondisi lapangan. Melalui banyak pertimbangan, marketing harus bisa memberikan harga yang sesuai untuk konsumen serta tetap mendapatkan keuntungan untuk perusahaan.
Baca Juga: 6 Trik Psikologi Marketing untuk Tingkatkan Penjualan
7. Aktif Menjaga Komunikasi dan Mencari Pelanggan Baru
Sebagai marketing perusahaan, Anda harus bisa bergerak aktif dalam menjaga komunikasi kepada pelanggan lama maupun mencari pelanggan baru. Dengan melakukan komunikasi dua arah, hubungan baik antara penjual dan pembeli juga akan semakin erat.
Sebagai marketing, Anda harus dapat memilah pelanggan lama yang harus dipertahankan maupun pelanggan yang sekiranya membutuhkan motivasi lebih untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda pasarkan.
Nah, itu dia beberapa tugas marketing yang harus terpenuhi dalam sebuah perusahaan, dengan tugas dan tanggung jawab yang dipikul oleh marketing perusahaan, maka divisi tersebut memiliki peran penting dalam jalan dan berkembangnya sebuah perusahaan.