Marketing

STP Marketing adalah: Pengertian dan Proses Penerapannya

STP Marketing

Dalam menjalankan bisnis, strategi marketing yang tepat merupakan hal yang wajib Anda perhatikan demi kesuksesan bisnis. Salah satu strategi marketing yang populer adalah STP atau Segmenting, Targeting and Positioning. Untuk lebih memahaminya, Anda bisa membaca artikel mengenai STP Marketing adalah: pengertian dan proses penerapannya di bawah ini.

Pengertian STP Marketing

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, STP Marketing adalah singkatan dari Segmenting, Targeting and Positioning, yang diartikan sebagai strategi pemasaran yang dilakukan dengan 3 langkah, yaitu identifikasi segmen, analisis target pasar dan juga menentukan posisi tepat dalam menjalankan bisnis.

Fokus utama STP adalah pada pendekatan audiens, bukan kepada produk. Di mana pemilihan segmen yang paling bernilai dalam bisnis di saat merancang strategi pemasaran, sehingga penyampaian pesannya pun dapat lebih relevan pada setiap segmen audiens.

Selain itu, STP marketing juga dapat mengarahkan serta memberi fokus kepada strategi pemasaran, membangun brand image, kredibilitas bisnis, menentukan marketing plan yang akan dijalankan, mengidentifikasi peluang dari pertumbuhan pasar, mencocokkan sumber daya perusahaan yang efektif juga efisien agar dapat menargetkan segmen yang menjanjikan return yang lebih besar serta meningkatkan posisi perusahaan untuk jadi lebih kompetitif.

Baca Juga: Cara Membangun Konsistensi Brand Untuk Bisnis Anda!

Proses Penerapan STP Marketing

Setelah mengetahui tentang pengertian dari STP Marketing, berikut ini adalah proses penerapan STP Marketing adalah:

1. Segmenting

STP Marketing: Segmentasi Calon Konsumen

Langkah pertama adalah segmenting atau segmentasi. Segmenting adalah membagi target pasar ke dalam kelompok konsumen yang potensial, berdasar karakteristik serta kebutuhan yang sama. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan pendekatan dalam memenuhi kebutuhan kelompok-kelompok tersebut, agar lebih efektif dibandingkan hanya memakai satu pendekatan ke seluruh konsumen.

Kategori segmentasi ini bisa Anda bagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Demografis; membagi target pasar berdasar usia, ras, jenis kelamin, pendidikan, status perkawinan, pekerjaan, agama ataupun kewarganegaraan.
  • Geografis; membagi target pasar berdasa letak geografisnya yaitu negara, provinsi, kota ataupun komplek perumahan.
  • Psikografis; membagi target pasar berdasar sifat psikologisnya yaitu gaya hidup, hobi, kepribadian dan lainnya.
  • Perilaku; membagi target pasar berdasar perilaku mereka ketika melakukan pembelian, ketertarikan, tujuan pembelian dan lainnya.

2. Targeting

Menentukan Targeting

Targeting atau menentukan target merupakan langkah di mana Anda harus bisa berpikir realistis, mengevaluasi potensi dan juga daya tarik dari segi komersial di tiap segmen yang sudah Anda kelompokkan sebelumnya, yang kemudian dilakukan pemilihan segmen yang mana yang akan dijadikan sasaran marketing Anda. Dengan begini, Anda dapat memiliki target segmen yang paling potensial untuk memberi keuntungan bagi bisnis Anda.

Beberapa pertimbangan yang bisa Anda perhatikan dalam langkah targeting ini, yaitu:

  • Profitabilitas; atau keuntungan. Di mana Anda harus memastikan apakah target yang Anda pilih akan memenuhi target profit yang Anda buat.
  • Pertumbuhan atau growth; apakah target pasar yang Anda pilih dapat membuat Anda mencapai visi bisnis Anda ke depannya.
  • Aksesibilitas; berkaitan dengan segala hambatan yang dapat terjadi saat Anda mengomunikasikan pesan pemasaran pada segmen pasar yang sudah Anda tentukan.

Baca Juga: 6 Trik Psikologi Marketing untuk Tingkatkan Penjualan

3. Positioning

STP Marketing dengan menentukan positioning brand

Langkah ketiga dalam Segmenting, Targeting, Positioning adalah memposisikan atau menempatkan iklan atau promosi bisnis Anda dalam segmen yang sudah Anda tentukan dengan targeting yang sudah Anda buat. dengan kata lain, bagaiman produk atau bisnis Anda direpresentasikan ke pelanggan potensial yang sudah Anda tentukan. Tujuan positioning ini adalah agar bisnis Anda terlihat lebih unggul dibanding kompetitor.

Nah, dalam positioning, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Berikan solusi; setelah Anda mengetahui masalah atau keluhan yang dirasakan oleh target segmen Anda, Anda dapat menawarkan solusi yang mereka butuhkan. Ini juga akan berkaitan dengan pesan seperti apa yang akan Anda sampaikan dalam marketing plan.
  • Temukan keunggulan produk atau bisnis Anda; gunakan keunggulan untuk dapat selangkah di depan dari kompetitor, dan membuat bisnis atau produk Anda terlihat lebih baik dibanding pesaing.
  • Buat campaign yang menarik; buat campaign yang akan disukai pasar, seperti berkaitan dengan yang sedang tren ataupun disukai banyak orang, agar target pasar Anda bisa mengenali hadirnya produk atau bisnis Anda.

Bisa dibilang, STP Marketing adalah strategi pemasaran yang akan membantu Anda lebih mengenal target pasar serta pendekatan pemasaran seperti apa yang paling efektif. Dengan begitu, peluang bisnis Anda untuk sukses dan berkembang pun akan lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *