Digital Marketing

Tool Digital Marketing Penting yang Harus Dikuasai dan Dimiliki Para Pelaku Bisnis

Source: Fiverr.com
tool digital marketing untuk bisnis

Perkembangan teknologi membuat orang-orang akhirnya lebih dekat dengan dunia digital, baik itu mencakup pemakaian alat-alat elektronik dan juga penggunaan internet. Hal inipun juga sebenarnya punya sisi positif bagi banyak aspek, salah satunya adalah bisnis, terutama di bidang pemasaran. Karena bisa lebih dekat dengan para pelanggan atau calon pembeli lewat digital marketing. Nah, tapi sudah taukah Anda tentang Tool Digital Marketing yang dibutuhkan?

Sekalipun memasarkan produk atau jasa di era digital marketing seperti sekarang ini memiliki banyak nilai positif yang menguntungkan pebisnis, namun ini pun tidak menutup kemungkinan kalau para digital marketer dan juga pebisnis akhirnya memiliki tantangan baru juga. Mereka yang mampu beradaptasi dengan perubahan yang cepat terjadi lah yang akan bisa bertahan dalam dunia bisnis.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing sendiri adalah segala bentuk atau strategi pemasaran yang menggunakan medoa digital, baik itu alat-alat digital dan juga internet. Tujuan digital marketing dilakukan untuk menarik para pelanggan dan juga calon pelanggan dengan lebih cepat, dan lebih luas.

Dengan memanfaatkan digital marketing, kecepatan penyebaran promosi pun jadi lebih tinggi, jangkau geografisnya jadi lebih luas karena tidak terkendala jarak dan waktu, lebih murah dan juga efektif, membantu membangun brand awareness dari masyarakat serta lebih mudah melakukan evaluasi.

Beberapa contoh strategi pemasaran yang masuk dalam kategori digital marketing di antaranya, SEO (Search Engine Optimization), Ads (FB Ads, Google Ads, promosi di iklan televisi atau radio, billboard elektronik), email marketing dan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Funnel Digital Marketing dan Tahapnya dalam Memaksimalkan Keuntungan Bisnis

Tool Digital Marketing yang Diperlukan Pebisnis dan Digital Marketer

Tool digital marketing adalah sistem atau alat yang akan membantu para pebisnis dan digital marketer dalam menjalankan bisnis, khususnya dalam hal promosi atau pemasaran. Ini juga termasuk dalam melacak campaign, investasi dalam strategi promosi dan juga penjualan aktual. Tools ini pun dapat memudahkan komunikasi serta kolaborasi antar departemen dengan menggunakan software otomatisasi pemasaran.

Para manajemen pun bisa menggunakan data yang didapat dari tools digital marketing untuk meningkatkan penjualan, menentukan strategi yang akan dilakukan dan juga seberapa produktif penjualan yang terjadi. Dengan menggunakan tools ini dengan baik, akan membantu Anda dalam keberhasilan campaign dan pastinya dalam hal penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Berikut ini adalah beberapa tool digital marketing yang diperlukan:

1. Google Analytics

Google Analytic adalah tools digital marketing wajib bagi pelaku bisnis

Tool yang pertama adalah Google Analytics, yang wajib dimiliki oleh Anda yang punya website. Google Analytics ini adalah tool yang berhubungan dengan data. Ini adalah platform analisis web. Kegunaannya adalah untuk mencari tau data seperti trafik (kunjungan) dan juga performa dari sebuah website. Anda bisa mendapatkan banyak data dari Google Analytics ini.

Bagi pemula, Google Analytics bisa membantu mengetahui data demografi pengunjung dan juga perilaku mereka saat berkunjung ke sebuah website. Lalu ada pula fitur yang bisa mengetahui sumber trafik yang paling efektif untuk website. Dan data-data ini bisa dilihat secara real-time, lho.

Sedangkan bagi pengguna yang sudah advance, akan ada lebih banyak data untuk Anda eksplor, seperti poin perilaku dari pengunjung. Anda bisa melihat konten mana yang sukses menarik pengunjung untuk pertama kalinya. Lalu Anda pun dapat melihat alur pengunjung saat menyusuri website Anda, dan halaman terakhir mana yang diakses pengunjung ketika datang ke website tersebut.

2. Google Ads

Google Ads sebagai satu tools untuk melakukan iklan di Google

Bila Anda ingin menjalankan strategi marketing berupa SEM (Search Engine Marketing), maka Google Ads ini adalah tool yang wajib Anda gunakan. Dengan contoh marketing tools ini, Anda bisa mendapat eksposur yang lebih luas ke pengguna internet, karena ini merupakan platform untuk mengiklankan produk atau jasa yang Anda jual.

Google Ads juga bisa punya layanan metrik dan tujuan iklan spesifik, sehingga Anda dapat mengarahkan calon pelanggan untuk mengunjungi toko Anda baik secara online atau offline, mengakses website Anda, bahkan melakukan pembelian.

Bukan hanya itu saja, Google Ads juga mampu memberi pilihan jangkauan lokasi sebelum Anda memasang iklan, sehingga Anda dapat lebih yakin kalau iklan yang Anda pasang bisa menyasar audiens yang tepat.

Yang terakhir, platform ini pun dapat membantu mengoptimasi iklan. Sehingga tampilan iklan terlihat lebih menarik, dan mampu mengundang pelanggan dan calon pelanggan.

3. Buzzsumo

Tool Digital marketing satu ini menjadi tools untuk melihat tren Sosial media

Tool digital marketing berikutnya ini dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan insights dari konten yang ada di internet, baik itu dari web, Facebook, ataupun forum-forum semacam Quora, Reddit dan lainnya.

Fitur lain yang dimiliki Buzzsumo adalah dapat melakukan monitoring pada keyword dan juga konten. Anda cukup memasukkan keyword, untuk melakukan monitoring, dan mengatur notifikasi konten dari bloggers, influencers dan lainnya untuk melakukan monitoring konten.

Bukan hanya itu saja, Buzzsumo juga dapat memudahkan Anda dalam mencari influencers yang berpengaruh, baik di Facebook, Twitter dan juga blog.

4. Trello

Trello tools managemen kolaborasi

Trello ini punya fungsi dalam hal kolaborasi atau manajemen proyek, sehingga kerja tim pun akan jadi lebih efisien.

Tools Trello bisa difungsikan untuk membuat to-do-lists serta mengelola tugas. Anda pun bisa mencatatnya berdasarkan kategori yang diinginkan seperti berdasar tema besar (boards), tahapan tugas (lists), dan juga detail tugasnya (cards).

Anda dapat mencatat informasi penting berkaitan dengan proyek yang sedang Anda lakukan, seperti menaruh label untuk membuat kategori, menambahkan checklist dan juga menambahkan dokumen, memberi komentar, dan mengatur notifikasi deadline. Ada pula fitur manajemen seperti kalender editorial yang berguna dalam mengontrol dan juga memantau pembuatan, pengeditan dan penerbitan konten.

Selain itu, Anda dapat membagikan konten Trello pada rekan kerja atau untuk satu tim divisi. Sehingga Anda dapat berkolaborasi serta mengetahui mengenai progres proyek yang sedang dikerjakan.

Jadi, kalau Anda ingin pencatatan tugas yang lebih mudah, fleksibel dan juga menyenangkan, Anda bisa memanfaatkan Trello ini.

5. Yoast SEO

Yoast SEO sebagai plugin SEO WordPress dan menjadi tool digital marketing wajib

Yoast SEO ini juga jadi tool digital marketing yang wajib dimiliki para digital marketer. Plugin satu ini adalah andalam para pengguna WordPress dalam optimasi on-page SEO, seperti memastikan apakah konten bisa dibaca, dipahami dan diindeks oleh mesin pencarian dengan baik. Ini juga akan membantu Anda dalam membuat konten yang enak untuk dibaca pengunjung.

Ini semua karena fitur unggulan yang dimiliki Yoast SEO. Misalnya, seperti dalam memastikan apakah mesin pencari melihat website Anda sebagaimana yang diinginkan, Yoast SEO memiliki fungsi untuk mengoptimasi kata kunci, schema membuat snippet, kontrol breadcrumb, pengecekan konten yang duplikat, sitemap dan juga permalink.

Yoast SEO juga punya fitur Readability Checker, yang akan menilai seberapa mudah konten yang Anda buat dinikmati oleh pembaca.

6. Canva

Canva untuk kamu yang ingin mendapatkan edit gambar mudah

Yang satu ini adalah tool khusus untuk desain, yang sangat ramah untuk para pemula. Canva sangat memudahkan penggunanya untuk mendesain memakai gambar, ikon, font, dan juga pola yang berasal dari katalog yang sudah disediakan.

Anda bisa mendesain logo, gambar, grafik, dan juga presentasi yang dibutuhkan.

Itulah beberapa tool digital marketing yang diperlukan dalam melakukan pemasaran atau promosi dalam dunia digital. Bila membahasnya lebih luas, sebenarnya masih ada banyak sekali tools yang bisa Anda pakai untuk memaksimalkan pemasaran bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan layanan digital marketing. Anda bisa berkolaborasi bersama dengan Buzzup.id. Kami sebagai Creative Digital Agency akan membantu Anda dalam membangun kredibilitas brand di dunia digital. Dapatkan penawaran menarik Buzzup.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *