Marketing

Tips Membangun Brand Awareness dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Brand Awareness merupakan suatu hal yang penting dalam bisnis yang Anda jalani. Membangun brand awareness berarti Anda harus membangun identitas brand yang bisnis Anda miliki, agar masuk dalam benak konsumen, sekalipun hanya melihat satu bagian kecilnya saja. Itulah mengapa, pelaku bisnis wajib mengetahui cara membangun brand awareness dan manfaatnya untuk bisnis yang dijalaninya.

Brand Awareness adalah kemampuan konsumen untuk mengenali dan juga mengingat sebuah merek, walaupun hanya dengan melihat sesuatu, seperti warnanya, logo, image, dan lainnya, yang menggambarkan identitas brand tersebut.

Membangun brand awareness adalah langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memosisikan merek Anda. Ini merupakan proses agar bisnis atau brand Anda dapat dikenali dan diterima konsumen secara lebih luas. Nah, karena itulah Anda harus memahami cara-cara untuk membangun dan meningkatkan brand awareness dan manfaatnya.

Baca Juga: 6 Tips Pemasaran B2B Efektif yang Bisa Diterapkan Pengusaha UKM

Cara Membangun Brand Awareness

Sekalipun meningkatkan brand awareness adalah hal yang penting, namun untuk prosesnya tentu saja bukanlah hal yang mudah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun brand awareness dari bisnis Anda:

1. Membuat logo dan tagline yang menarik

Ini adalah hal yang mendasar, yang harus Anda lakukan pertama kali untuk membangun brand awareness. Logo yang brand Anda miliki ini, tentu akan selalu muncul di setiap hal yang berhubungan dengan bisnis Anda, seperti produk, website, poster, di media sosial dan lainnya. Karena itu, buat logo yang jadi ciri khas bisnis Anda, agar logo ini pun bisa melekat dan diingat konsumen.

Begitupun dengan tagline. Buatlah tagline yang merepresentasikan merek bisnis Anda. Ini akan membuatnya mudah diingat, dan langsung mengasosiasikannya dengan merek Anda saat mereka mendengar ataupun membaca tagline tersebut.

2. Gunakan media sosial

Media sosial adalah sebuah platform yang powerful, dan bisa jadi salah satu sarana Anda untuk membangun brand awareness. Manfaatkan hal-hal yang sedang tren saat ini, agar brand-mu jadi lebih menarik di mata audiens. Buatlah postingan yang berkualitas, menarik dan original. Jangan lupa untuk memancing audiens untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi, ataupun berinteraksi dengan Anda.

Dengan media sosial, Anda dapat membangun brand yang lebih luas, tapi juga lebih spesifik pada target pasar Anda. Maksimalkan fitur-fitur yang sudah tersedia untuk mencapai tujuan Anda.

3. Bekerjasama dengan brand lain

Partnering atau bekerjasama dengan brand lain juga bisa jadi salah satu cara membangun dan meningkatkan brand awareness. Dengan begini, bisnis Anda bisa lebih dikenal secara luas, terutama di segmen-segmen konsumen yang berbeda.

Apalagi bila Anda bekerjasama dengan brand yang sudah punya ‘nama’ dan banyak konsumen setianya. Ini bisa jadi peluang Anda mendapatkan pelanggan dari brand yang Anda ajak Kerjasama.

4. Membuat website

Bukan hanya media sosial, website juga sama pentingnya. Buatlah sebuah website yang mencerminkan identitas brand Anda, yang isinya menarik dan juga user-friendly atau mudah digunakan.

Isi website tersebut dengan informasi mengenai produk ataupun jasa yang Anda pasarkan, secara lengkap, namun mudah dimengerti.

5. Mengikuti atau mengadakan event

Event tertentu bisa jadi ajang promosi brand Anda. Anda dapat mengenalkan produk yang Anda miliki secara langsung pada orang banyak. Agar lebih tepat sasaran, pastikan Anda mengikuti event yang punya partisipan yang sesuai dengan target pasar brand Anda.

Baca Juga: Mengenal Funnel Digital Marketing dan Tahapnya dalam Memaksimalkan Keuntungan Bisnis

Manfaat Membangun Brand Awareness

Cara Meningkatkan brand awareness dengan baik
Source: Cashlez.com

Bukan hanya harus mengetahui cara meningkatkannya saja, tapi Anda juga harus tau tentang brand awareness dan manfaatnya. Strategi-strategi di atas akan memberikan kesadaran dan feedback besar bagi bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari brand awareness:

Kesadaran akan sebuah brand

Brand yang Anda miliki jadi lebih disadari kehadirannya oleh masyarakat umum. Itulah kenapa, Anda harus membuat identitas yang ikonik dari brand Anda.

Menarik konsumen baru

Bila branding bisnismu sudah sukses dan kokoh, maka ini akan memberikan kesan positif bagi masyarakat luas. Orang pun akan percaya dan tertarik membeli atau menggunakan produk atau jasa yang Anda jual.

Nilai jual meningkat

Target penjualan adalah poin penting yang ingin dicapai setelah brand awareness ini terbangun. Branding yang baik akan membuat poin ini dapat dengan mudah tercapai. Apalagi bila dipadukan dengan produk atau jasa yang berkualitas yang Anda jual, maka bukan tidak mungkin akan selalu ada konsumen setia dan loyal pada bisnis Anda.

Membentuk kepercayaan

Cara branding yang baik dan tepat akan mampu meningkatkan rasa kepercayaan dari konsumen ataupun investor. Karena itulah, buat branding yang bagus untuk bisnis Anda.

Itulah beberapa cara membangun serta meningkatkan brand awareness dan manfaatnya bagi bisnis yang Anda jalani. Brand awareness ini adalah hal penting dalam bisnis karena akan memengaruhi konsumen membeli produk atau jasa yang Anda jual. Brand awareness ini juga merupakan indikator kinerja sebuah merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *