SEM

Jenis-jenis Iklan Digital serta Penjelasannya

Jenis-Jenis Iklan Digital

Iklan digital, bisa dibilang jadi strategi digital marketing yang kini sering dilakukan para pelaku bisnis untuk membuat bisnis mereka dikenal dan juga meningkatkan penjualan. Hal inipun dilakukan seiring dengan perkembangan zaman yang menjadi serba digital. Karena itu jugalah jenis-jenis iklan digital yang ada pun sangat beragam.

Sebelum mengetahui jenisnya, Anda juga harus tau tentang pengertian iklan digital. Iklan digital adalah segala bentuk iklan yang ditampilkan secara online atau melalui saluran digital seperti pada mesin pencari, website, media sosial, aplikasi seluler dan lainnya yang bisa diakses secara digital, yang tujuannya untuk menarik perhatian masyarakat pada suatu penawaran tertentu.

Kelebihan Iklan Digital

Mengenal jenis-jenis Iklan Digital

Tidak sedikit para pebisnis yang mulai menjadikan iklan digital sebagai salah satu strategi digital marketing mereka. Hal ini tentunya berhubungan dengan kelebihan yang dimiliki oleh iklan digital.

Pertama, iklan digital cenderung menjadi salah satu cara promosi yang murah dibandingkan iklan-iklan konvensional. Iklan digital pun dapat menargetkan audiens secara spesifik, sehingga cara promosi yang Anda lakukan pun bisa lebih efektif dan efisien. Apalagi iklan digital dapat memberikan Anda data terkait audiens seperti demografi, perilaku, minat, gaya hidup dan lainnya, sehingga Anda dapat menentukan strategi dalam mengembangkan campaign yang tepat.

Baca Juga: Sudah Tau Perbedaan PPC dan CPC? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Iklan digital pun dapat dibuat interaktif, di mana dapat meningkatkan keterlibatan audiens. Cakupan promosinya pun sangat luas, dan punya banyak format iklan yang dapat dipilih.

Jenis-Jenis Iklan Digital

Berikut ini adalah beberapa jenis iklan digital:

1. Iklan bergambar (display ads)

Bisa dibilang, display ads adalah jenis iklan yang paling umum. Di mana iklan ini terdiri dari gambar, teks serta animasi, yang akan muncul sebagai banner, popup, flash ad, dan landing page di website ataupun blog.

Ada dua kategori iklan bergambar yaitu iklan bergambar biasa yang punya ukuran tetap dan juga ada iklan bergambar responsif yang akan menyesuaikan dengan ukuran layar tempat iklan tersebut muncul.

Banyak pengiklan yang memilih jenis iklan ini karena iklan bergambar dapat ditampilkan di banyak halaman website yang dianggap relevan, serta harganya yang cenderung terjangkau dibanding jenis iklan lain. Umumnya iklan ini dipilih untuk meningkatkan eksposur brand atau membangun brand awareness.

2. Iklan pencarian

Iklan pencarian juga biasa dikenal sebagai paid search, iklan PPC (pay per click) ataupun search engine marketing (SEM), di mana jenis iklan ini memanfaatkan hasil mesin pencari (search engine) dalam mempromosikan penawaran Anda. Dan umumnya menggunakan model pembayaran iklan per klik (pay per click).

Cara kerjanya adalah, Anda sebagai pengiklan akan menargetkan kata kunci tertentu yang banyak dicari orang di mesin pencari. Ketika memasang iklan pencarian, saat orang mencari kata kunci tersebut, iklan akan muncul di bagian teratas pada hasil pencarian.

Contoh iklan digital ini dapat Anda lihat pada hasil pencarian di mesin pencarian, di mana iklan ini muncul di bagian teratas dan terdapat tulisan ‘ad’.

3. Iklan native (native ads)

Iklan native adalah iklan berbayar yang ditampilkan dengan format yang menyesuaikan platform atau layout media tempat beriklan, di mana iklannya ditayangkan serupa dengan konten yang ada di media tersebut. Jadi, bisa dibilang iklan yang ditampilkan disamarkan karena menyatu atau serupa dengan konten lain.

Karena tampilannya yang menyesuaikan platform atau layout medianya, iklan ini sering dianggap tidak mengganggu pengguna. Ada beberapa jenis native ads yaitu promoted listings, paid search ads, in-feed units dan juga custom ad.

4. Iklan video (video ads)

Video ads masuk dalam jenis-jenis Iklan Digital

Video ads masuk sebagai jenis-jenis iklan digital yang juga sering digunakan pebisnis untuk mempromosikan bisnis atau produk atau jasa mereka. Iklan video ini bisa muncul sebagai iklan komersial, di mana ditayangkan sebelum Anda menonton video lain di media sosial ataupun platform lainnya, dan juga bisa muncul dengan diintegrasikan sebagai display ads atau native ads.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar dapat membuat sebuah iklan video yang baik, yaitu merencanakan dan membuat iklan video yang menarik dalam segi visualnya, pesan yang disampaikan harus jelas, perkenalkan brand Anda, serta gunakan musik atau audio yang cocok dan menarik.

Baca Juga: Tips Jitu Cara Jualan Online, Dijamin Laku Keras!

5. Iklan audio

Umumnya iklan audio dipakai di platform streaming audio, misalnya Spotify, Pandora dan lainnya. iklan yang dibuat nantinya akan ditambahkan di dalam, sebelum ataupun setelah konten audio pada platform tempat beriklan.

6. Iklan media sosial (social media ads)

Seperti namanya, iklan ini muncul pada platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan lainnya. Iklan yang dibuat dapat berupa display ads, video ads, audio ads, dan lainnya.

Jenis iklan ini berpotensi menjadi sarana promosi bisnis yang strategis, mengingat banyaknya orang yang menggunakan media sosial. Iklan media sosial pun dapat memungkinkan pengiklan untuk bisa menargetkan calon pelanggan dengan lebih spesifik berdasar gender, lokasi, minat, pendidikan, umur dan lainnya.

7. Remarketing

Iklan remarketing ini menargetkan iklan pada orang yang pernah mengunjungi situs web ataupun aplikasi Anda. Saat mereka meninggalkan website atau aplikasi tersebut, baik mereka melakukan pembelian ataupun tidak, mereka pun akan mulai melihat iklan Anda ketika browsing situs lain ataupun saat menonton video di YouTube atau membuka media sosial.

Tujuan remarketing ini adalah mempertahankan keinginan membeli (buying intent) dari calon pelanggan. Hingga akhirnya mereka melakukan pembelian (jika sebelumnya belum melakukan pembelian).

Itu dia jenis-jenis iklan digital yang bisa Anda gunakan untuk membuat bisnis Anda lebih berkembang. Mau menggunakan jasa iklan digital yang efektif untuk melakukan iklan untuk bisnis Anda? Segera hubungi tim Buzzup.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *