Web Development

Cara Membuat Blog Profesional yang Sukses

Membuat Blog Profesional

Sampai saat ini, blog adalah sebuah platform yang masih populer. Tidak sedikit orang yang menggunakan blog sebagai tempat mereka untuk sekedar menulis ataupun menjadi ladang pendapatan. Anda tertarik untuk membuat blog pribadi yang profesional dan sukses? Anda bisa menemukan cara membuat blog profesional di bawah ini, ya!

Pengertian Blog

Blog ini adalah singkatan dari web log, yang merupakan bentuk aplikasi web bentuknya tulisan di sebuah halaman website. Dalam weblog, tulisan atau postingan akan ditampilkan dengan kronologi terbalik, dengan artian, blog akan menampilkan postingan terbaru dulu, lalu disusul postingan lama.

Blog ini umumya dapat diakses oleh seluruh pengguna internet sesuai topik dan juga tujuan pengguna blog. Bentuk blog bisa saja beragam, mulai dari majalah digital, situs pembelajaran, catatan pribadi dan lainnya. Umumnya blog terdiri dari teks, gambar, video serta halaman penting lain. Pengunjung blog pun dapat menulis komentar serta berkomunikasi dengan pemilik blog secara virtual.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Pribadi Sampai Dapat Menghasilkan Keuntungan

Perbedaan Blog dan Website

Membuat Blog Profesional

Bisa dibilang blog adalah bagian dari website. Namun tidak selalu sebuah website itu pasti blog, karena website ini mencakup seluruh jenis halaman yang terbit di internet.

Dari segi konten, blog berisikan catat pribadi mengenai beragam hal, seperti video, artikel dan topik atau temanya umumnya sesuatu yang diminati pemilik blog. Jadi, biasanya blog adalah bagian dari ‘kepribadian’ pemilik blog. Sedangkan konten di website umumnya berisikan informasi penting tentang produk ataupun layanan yang disukai pembaca.

Bahasa yang digunakan blog pun biasanya lebih sederhana dan informal, sedangkan website lebih formal dan universal. Blog juga bisa dibilang lebih interaktif dengan pengunjung atau pembaca karena memiliki kolom komentar. Sedangkan website lebih bersifat satu arah.

Blog pun sifatnya lebih dinamis, karena konten atau postingan di dalamnya akan selalu diperbarui, sedangkan website sifatnya statis, di mana tidak selalu butuh untuk memperbarui konten.

 

Platform Untuk Membuat Blog

Platform Membuat Blog

Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk cara membuat blog profesional serta mengelolanya. Dan platform ini akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk memiliki blog. Ini dia beberapa platform yang biasanya digunakan orang untuk membuat blog;

WordPress.org

Bisa dibilang, WordPress adalah CMS paling populer yang banyak digunakan oleh pengguna blog dan website. Ini karena WordPress lebih user-friendly, punya komunitas yang terbilang besar, ada banyak tutorial yang tersedia, plugin dan temanya beragam.

Nah, WordPress.org ini merupakan sebuah software open source gratis, jadi Anda dapat melakukan cara membuat blog gratis dengan ini, namun Anda butuh layanan hosting untuk membuat software ini bisa live serta diakses melalui internet.

Anda harus mengeluarkan budget untuk layanan hosting dan juga domain, kemudian menginstal software WordPress.org ini secara gratis.

WordPress.com

WordPress.com merupakan CMS yang memakai server hosting kepunyaan WordPress. Sebenarnya ini bisa dipakai secara gratis, namun dengan subdomain bawaan dari WordPress.com. Jadi nantinya blog Anda akan berakhiran wordpress.com di nama domain-nya.

Walaupun begitu, ada batasan dari WordPress.com ini, yaitu soal keamanannya yang butuh lebih dioptimalkan, hanya bisa mengerjakan website atau blog yang sederhana, tidak bisa menginstal plugin ataupun mengganti tema sendiri, dan bila ingin kostumisasi seperti WordPress.org biayanya akan sangat mahal untuk hosting dan mengganti domain.

Blogger

Blogger atau yang juga dikenal dengan Blogspot merupakan platform kepunyaan Google. Ini membuat Blogger dapat diintegrasikan dengan produk Google yang lain seperti AdSense, AdWords, Google Analytics dan lainnya.

Bila Anda ingin menggunakan platform ini, maka Anda akan memiliki domain dengan akhiran blogspot.com.

Dibandingkan WordPress, bisa dibilang cara membuat blog di Blogger ini punya fitur yang kurang lengkap, tidak memiliki banyak plugin, Anda tidak mendapat hak penuh atas situs Blog yang Anda miliki (karena Blog Anda dan isinya tetap kepunyaan Blogger), variasi template yang terbatas, tidak ada tag untuk menandai postingan, tidak ada opsi kustomisasi untuk permalink, sering bermasalah dalam update user interface dashboard, dan menggunakan subdomain blogspot.com yang seringkali mendapat cap ‘kurang terpercaya’.

Baca Juga: 7 Platform CMS Untuk Website Terbaik Untuk Dicoba

Cara Membuat Blog Profesional dan Sukses

Ada beberapa cara membuat blog profesional agar bisa sukses, bahkan bisa menjadi ladang penghasilan untuk Anda, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Menentukan tujuan

Langkah awal yang harus dilakukan untuk memulai membuat blog adalah dengan menentukan tujuan. Dengan adanya tujuan, Anda pun tau akan bagaimana blog tersebut nantinya dibangun dan dikelola. Anda pun akan lebih punya arah ke mana blog tersebut akan dikembangkan.

2. Menentukan topik (niche)

Ada banyak ragam topik yang bisa Anda pilih untuk blog Anda, namun bukan berarti Anda harus membahas seluruhnya di blog Anda. Sebaiknya pilih satu topik saja untuk blog Anda, dan kembangkan untuk jangka panjang.

Akan lebih baik bila Anda memilih topik yang sesuai minat serta keahlian Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah bosan saat mengelolanya ataupun kehabisan ide ketika menulis konten. Selain itu, pilih topik yang juga banyak dibutuhkan atau dicari masyarakat. Ini bisa Anda cari tau dari pencarian di mesin pencari dengan memanfaatkan Google Trends.

3. Memilih platform blog

Salah memilih platform, bisa menghambat perkembangan blog Anda, lho. Karena itu, pemilihan platform ini harus dilakukan dengan benar.

Karena ada banyak sekali pilihan platform, maka Anda bisa memilih yang sesuai dengan tujuan serta skill yang Anda miliki. Untuk pemula, ada baiknya menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress, yang akan memberi kemudahan Anda untuk mengelola blog.

Bukan hanya itu, WordPress pun jadi salah satu platform yang ramah mesin pencari, sehingga blog Anda akan lebih mudah tampil di halaman utama Google.

Baca Juga: Harus Tahu, Inilah Beda Blog dan Website dari Berbagai Sisi

4. Menentukan nama domain

Domain adalah sebuah alamat yang akan dipakai untuk mengakses blog Anda. Bila Anda memakai WordPress.org, Anda akan lebih bebas memilih nama domain, sedangkan WordPress.com dan Blogger akan memiliki default subdomain, dan butuh biaya yang lumayan mahal untuk kustomisasi domain.

Untuk menentukan domai, sebaiknya buat nama yang mudah dieja dan diingat orang. Pastikan domain tersebut juga tidak terlalu panjang, sekitar kurang dari 63 karakter. Dan sebaiknya tidak menggunakan angka atau tanda hubung di domain tersebut, agar lebih mudah diingat dan lebih profesional.

5. Lengkapi navigasi blog

Navigasi di sini adalah menu-menu yang wajib ada di blog, seperti halaman profil, kontak, serta kategori-kategori postingan Anda. Navigasi ini bisa dibilang penting dalam sebuah blog karena bisa meningaktkan durasi kunjungan menekan angka bounce rate. Bounce rate ini merupakan persentase pengunjung ke blog yang kemudian langsung keluar tanpa mengklik tautan berikutnya.

Navigasi juga akan membantu pengunjung blog untuk membedakan isis serta menemukan yang mereka butuhkan.

6. Memilih tema yang tepat

Tampilan visual dari sebuah blog juga akan berpengaruh pada minat orang untuk membaca atau terus berkunjung ke blog Anda. Karena itu, sebaiknya Anda memilih tema yan tepat, yang punya kesan kalau blog Anda adalah blog profesional dan terpercaya.

7. Membuat konten yang berkualitas

Setelah Anda menemukan topik yang tepat tadi untuk dibahas di blog Anda, Anda harus memastikan bahwa konten atau postingan yang akan Anda buat di blog adalah suatu yang berkualitas.

Kemudian, tempatkan diri Anda sebagai pembaca. Apakah Anda menyukai konten yang Anda buat sendiri? Bila tidak, mungkin ini yang juga akan dirasakan pembaca. Karena itu, Anda harus memastikan bahwa konten Anda relevan dengan pembaca, unik, punya pengaruh dan kepentingan bagi pembaca. Dengan begitu, pembaca akan lebih tertarik.

Itulah beberapa cara membuat blog profesional yang sukses yang bisa Anda lakukan. Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah, Anda harus bisa konsisten untuk terus mengembangkan blog Anda agar jadi profesional dan sukses. Jangan hanya semangat membuat blog di awal saja. Namun pastikan kamu tetap membuat konten secara rutin dan berkualitas.

Cara membuat blog profesional yang sukses juga Anda harus memastikan bahwa blog Anda ramah mesin pencari. Buat konten-konten yang SEO friendly. SEO atau search engine optimization ini akan membantu tulisan Anda berada di halaman teratas dari mesin pencari, sehingga traffic blog Anda pun akan jadi lebih tinggi.

Mau bikin blog profesional? Bisa langsung order di Buzzup.id. Dapatkan blog profesional kekinian yang bisa membuat bisnis semakin kece.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *