Web Development

Panduan Membuat Landing Page di WordPress

Source: Howtogetonline.com
Cara membuat Landing Page Di wordpress

Kehadiran landing page sangat berperan besar dalam meningkatkan penjualan bisnis Anda. Oleh sebab itu, sangat penting bagi para pebisnis ataupun perusahaan untuk membuat sebuah laman landing page. Jika Anda memiliki usaha dan berniat untuk meningkatkan angka penjualannya, maka cobalah untuk membuat landing page di WordPress.

Proses pembuatan landing menggunakan WordPress juga terbilang sangat mudah. Tanpa perlu melakukan coding dan hanya dengan mengandalkan plugin, maka Anda pun sudah bisa memiliki landing page pada website WordPress Anda.

Landing page sendiri merupakan sebuah halaman utama pada sebuah website yang sengaja dibuat dengan tujuan marketing. Lalu, bagaimanakah panduan lengkap dalam membuat landing page di WordPress ini? Silahkan simak penjelasan selengkapnya lewat artikel berikut ini.

Baca Juga: Tutorial Membuat Landing Page Mobile Friendly Menggunakan WordPress

Panduan Membuat Landing Page Dengan Menggunakan Beaver Builder

Anda bisa membuat landing page pada website WordPress secara gratis dengan menggunakan plugin Beaver Builder pada WordPress. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut.

1. Install Plugin Beaver Builder

Pertama, silahkan menginstalasi WordPress Page Builder-Beaver Builder dari menu Plugin yang terdapat pada dashboard WordPress. Setelah itu, kliklah Install Now dan Activate untuk mengaktifkan plugin.

Install WordPress Page Builder

2. Membuat Landing Page

Dibandingkan dengan plugin lain, Beaver Builder pada dasarnya sudah terintergrasi pada menu Post dan Page WordPress. Sehingga, jika Anda ingin membuat landing page di WordPress, Anda cukup memilih menu Pages lalu menu Add New.

Membuat Landing Page dengan Page Builder

Setelah itu, silahkan klik tombol Launch Beaver Builder.

Gunakan Beaver Builder

 

3. Memilih Template Landing Page

Untuk memilih templates yang diinginkan silahkan mengklik menu Templates yang terdapat pada bagian Modules dan Rows. Beaver Builder sendiri juga telah dilengkapi dengan berbagai jenis elemen atau modules yang bisa Anda tambahkan sesuai keinginan. Beberapa elemen tersebut di antaranya seperti Button, Photo, Video, Icon dan beberapa opsi lainnya seperti gambar berikut.

Memilih Templates untuk Membangun Landing Page

4. Kustomisasi Tampilan Landing Page

Jika telah memilih template, Anda bisa langsung mengubah teks, warna maupun tata letak dengan cara drag and drop. Umumnya, template pada Beaver Builder ini sudah mencakup tombol CTA sehingga, Anda hanya perlu melakukan kustomisasi dengan mudah pada bagian tampilan maupun penempatannya.

Anda juga Bisa Kustomisasi

5. Publish Landing Page

Setelah Anda telah melakukan kustomisasi sesuai dengan tampilan template yang diinginkan, selanjutnya silahkan mengklik tombol Done. Landing page Anda pun telah selesai dipublish.

Publish Landing Page

Baca Juga: Pentingnya Landing Page Untuk Bisnis

Panduan Membuat Landing Page di WordPress Dengan Menggunakan Elementor

Selain menggunakan Beaver Builder, Anda juga bisa membuat landing dengan menggunakan plugin Elementor secara gratis. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Install Plugin Elementor Website Builder

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan memilih menu Plugins lalu Add New yang terdapat di bagian dashboard WordPress.

Membuat Landing Page menggunakan Elementor

Setelah itu, ketiklah Elementor di bagian kolom pencarian kemudian pilih menu Elementor Website Builder. Selanjutnya, klik Install Now dan Activate.

Mencari Elementor

2. Aktifkan Menu Landing Page

Langkah kedua ialah dengan mengklik tombol Activate untuk mengaktifkan Plugin Elementor. Tunggulah beberapa saat hingga Plugin Elementor Page Builder aktif.

Aktifkan Elementor

3. Membuat Landing Page

Tahap untuk membuat landing page di WordPress menggunakan Elementor selanjutnya ialah dengan mengklik menu Pages kemudian memilih tombol Edit with Elementor.

Bangun Landing Page

Tunggulah beberapa saat hingga muncul tampilan seperti berikut.

 

Membuat Template Kolom dalam Membuat Landing Page

Elemen-elemen yang terdapat di bagian kiri bisa Anda drag dan drop langsung ke halaman website tersebut. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menarik elemen yang diinginkan kemudian meletakannya pada kolom yang diinginkan.

4. Kustomisasi Template Landing Page

Setelah itu, silahkan membuat desain landing page sekreatif mungkin. Anda bisa menambahkan heading, image, carousel, Google Maps, Icon, Image Box, Icon Box, Image Gallery, dan beberapa elemen-elemen lainnya.

Kustomisasi Template Landing Page

Anda juga bisa membuat dan mengedit Text Editor ke kolom bagian kiri.

Mengenali Fungsi Text Editor Saat Membuat landing Page

 

Jika ingin mengubah warna huruf, Anda cukup memilih menu Style. Sedangkan jika ingin menambahkan background dan custom css silahkan memilih menu Advanced. Jika telah selesai jangan lupa klik Update.

Membuat Background pada Landing Page

5. Publish Landing Page

Setelah template telah diatur sesuai porsi yang diinginkan, Anda bisa melanjutkannya ke tahap terakhir yaitu dengan mempublish template. Cukup mengklik menu Publish maka landing page Anda pun telah selesai.

Cara membuat landing page di WordPress cukup mudah, bukan? Tanpa perlu melakukan berbagai aktifitas coding, Anda pun sudah bisa membuat landing page dengan mudah, cepat dan tentu saja gratis.

Jika Anda merasa sulit dalam membuat Landing Page, Anda bisa menggunakan Layanan Landing Page dari Buzzup.id. Dapatkan penawaran menarik hanya di Buzzup.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *