Sosial Media

Tips Optimalkan Instagram Sosial Media untuk Sebuah Bisnis

Source: Pexels.com
Instagram Media Sosial untuk

Sudah bukan rahasia jika Instagram sosial media untuk meningkatkan omset, akan optimal jika kamu treatment dengan baik. Walaupun faktanya masih banyak pebisnis yang belum memaksimalkan penggunaan sosial media ini, entah karena masih awam atau memang belum tahu seberapa besar potensi yang dimiliki.

Kenapa Harus Instagram?

kenapa harus instagram
Source: Pexels.com

Instagram menjadi salah satu platform berguna bagi pengembangan bisnis, pasalnya Instagram memberikan fitur penuh untuk bisnis. Keuntungan ini bisa didapatkan pebisnis secara langsung maupun tidak langsung.

1. Penggunanya Lebih dari 500 juta

Alasan pertama Instagram sosial media untuk kepentingan bisnis adalah penggunanya yang cukup massive, pasalnya pengguna aktif lebih dari 500 juta pengguna. Bahkan setiap penggunanya menggunakan platform ini lebih dari 8 jam setiap harinya.

2. Fitur Pendukung Bisnis

Berikutnya ada banyak fitur yang bisa mendukung pada pebisnis, mulai dari fitur insight, auto reply, filter inbox, stories, live, marketplace. Belum lagi ada optimasi Instagram ads yang memungkinkan jangkauan lebih banyak.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Membuat Toko di Instagram. Begini Caranya!

3. Terhubung dengan Pihak Ketiga

Instagram bisa dihubungkan ke website bisnis melalui fitur swipe up, hal ini bisa menjadi penjembatan pengunjung ke website bisnis. Hal ini akan mendukung tingkat konversi pengunjung jadi pelanggan bisnis.

Tips Optimalkan Instagram Sosial Media untuk Bisnis

tips optimasi instagram
Source: Pexels.com

Agar penggunaan Instagram bisa lebih maksimal untuk bisnis, ada baiknya penggunaan Instagram harus lebih maksimal. Setidaknya ada beberapa tips yang bisa kamu coba, dengan harapan meningkatkan omset pada sebuah bisnisnya.

1. Miliki Target Audiens yang Jelas

Untuk bisa mengoptimalkan konten yang kamu buat, ada baiknya kamu memiliki target audiens yang jelas. Dengan kata lain kamu harus paham niche pasar dari produk ataupun apa yang kamu pasarkan. 

Lakukan riset pada pengunjung dari Instagram, sesuaikan konten yang kamu buat dengan interest pengunjung. Kamu bisa melakukan riset dengan melihat dan menganalisa insight, meneliti kompetitor, serta mempelajari pola dari mayoritas pengunjung akun bisnismu.

2. Kelola Feed Semenarik Mungkin

Selain memahami target audiens, kamu harus menata feed Instagram semenarik mungkin. Kamu bisa membuat konten dengan konsep menarik, menggunakan pallete warna sesuai brand, berikan value pada konten yang kamu buat.

Gunakan ilmu copywriting dan SEO, untuk lebih menarik interest pengunjung Instagram kamu. Pakai pola atau tema terjadwal, untuk menata feed lebih baik lagi. Cari waktu posting terbaik untuk melakukan postingan Instagram.

3. Maksimalkan Profil Instagram Bisnis 

Untuk memaksimalkan profil akun bisnismu, gunakan bahasa menarik dan mencerminkan bisnismu. Manfaatkan pengisian bio, kontak, lokasi bisnis, link website dan masih banyak lagi, gunakan bahasa yang mudah dipahami dan menarik.  

Tulis deskripsi produk terbaru atau unggulan pada bio, untuk menarik minat pengunjung. Masukkan keunggulan dan value produkmu dengan bahasa yang menarik minat dengan cara yang lebih cepat.

4. Gunakan Instagram Stories dengan Baik

Instagram stories bisa kamu manfaatkan juga untuk bisnis, karena beberapa pengunjung memiliki kecenderungan untuk, melihat stories lebih lama daripada konten feed. Hal ini yang harus kamu gali lagi, apalagi dengan jumlah follower tertentu kamu bisa melakukan swipe up pada postingan stories IG bisnismu.

5. Buat IG TV

Bukan rahasia jika limit video di Instagram hanya 1 menit, hal ini akan sulit bagi kamu yang punya konsep video yang cukup panjang. Namun dengan adanya IG TV kamu bisa mengupload limit waktu video lebih panjang lagi. Hal ini cocok untuk konten tutoria, review dan beberapa konsep video panjang lainnya.

6. Lakukan dengan Konsisten

Tidak selalu semua proses yang harus kamu lalui membutuhkan waktu singkat, pasalnya kunci kesuksesan adalah melakukannya dengan konsisten. Walaupun mungkin mungkin sulit dan lama untuk menghasilkan, namun dengan konsistensi kemungkinan keberhasilan dimasa mendatang juga masih bisa terjadi.

Baca Juga: 5 Fitur Instagram yang Dapat Maksimalkan Marketing Bisnis Anda!

7. Optimalkan Penggunaan Instagram Ads

Fitur paling dibutuhkan pada Instagram untuk meningkatkan bisnis adalah Instagram ads, menggunakan fitur ini pasti akan sangat membantu bisnismu berkembang dan memperluas pasar. Apalagi dengan adanya optimasi budget, marketing yang kamu lakukan akan lebih efisien dan tertuju.

Dari artikel ini kamu bisa tahu bahwa Instagram sosial media untuk bisnis bisa sangat membantu pebisnis. Untuk bisa memaksimalkan hasil tersebut, kamu harus mempelajari dan adaptasi pada Instagram bisnismu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *