Sosial Media

Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Membuat Toko di Instagram. Begini Caranya!

Source:
cara membuat toko di instagram

Banyaknya pengguna Instagram sebenarnya membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk dapat menjaring lebih banyak pelanggan. Instagram sendiri memiliki salah satu fitur yang dapat membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan mereka, yaitu dengan membuat toko di Instagram. Fitur ini dikenal dengan sebutan Instagram Shopping. Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Pengertian Instagram Shopping

Instagram Shopping adalah fitur pada platform Instagram, di mana Anda dapat membuat katalog produk dari bisnis yang Anda miliki. Fitur ini sendiri pertama kali dirilis pada Oktober 2020 lalu.

Dengan adanya Instagram Shopping ini, para pengguna Instagram bisa membeli produk yang ditampilkan pada feed, stories serta katalog yang ada pada profil Anda. Saat Anda menggunakan fitur inipun akan muncul perubahan dalam akun Instagram Anda, salah satunya yaitu munculnya tombol View Shop.

Baca Juga: Penting! 7 Cara Menggunakan Instagram untuk Tingkatkan Omset

Melansir The Verge, membuat toko di Instagram seperti ini pun akan memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya melalui halaman Explore pada Instagram, sehingga tidak perlu lagi keluar dari aplikasi untuk berbelanja.

Pentingnya Instagram Shopping

Melansir laman BigCommerce, fitur Instagram Shopping ini dianggap dapat meningkatkan trafik serta pendapatan dari bisnis Anda. Bahkan brand-brand besar pun mengaku mengalami kenaikan trafik mencapai 1.1416%, sedangkan pada merk lain menyebutkan terjadi peningkatan keuntungan mencapai 20%.

Alasan lainnya disebutkan oleh NOW Marketing Group, di mana Instagram merupakan salah satu platform untuk banyak orang menemukan dan membagikan apa yang mereka sukai. Di mana fitur ini akan memberikan orang-orang kemudahan untuk dapat mengeksplor produk-produk yang dimiliki sebuah bisnis. Ini juga berkaitan dengan kemudahan untuk melihat harga ataupun detail dari produk yang dijual.

Dengan kata lain, Instagram Shopping ini dapat Anda jadikan sebagai strategi marketing bagi bisnis Anda. Di mana Anda dapat memajang produk Anda, mencantumkan harga dan detail produk, di mana saat banyak orang melihatnya, akan ada kemungkinan tinggi juga mereka akan melakukan pembelian, karena merasa ‘cocok’ dengan apa yang ditampilkan pada Instagram bisnis Anda.

Fitur Instagram Shopping

Sebelum membuat toko di Instagram, ketahui dulu beberapa fitur yang tersedia di Instagram Shopping:

  • Katalog produk; produk-produk Anda akan muncul dalam katalog dan dapat dilihat oleh para pengguna Instagram. Anda dapat menampilkan foto, nama dan harga. Dan bebas untuk menambahkan produk dari bisnis Anda.
  • Instagram Shopping tag; fungsi dari fitur ini adalah memberi label produk pada postingan Anda, di mana produk tersebut juga tersedia di dalam katalog produk. Dengan adanya tag ini, pelanggan jadi mudah melihat harga dan detail produk.
  • Halaman detail produk; bila pelanggan mengklik salah satu produk yang ada di katalog, akan muncul halaman detail produk yang berisikan foto, nama produk, harga, deskripsi lengkap tentang produk serta link yang mengarahkan ke website toko online yang dimiliki bisnis Anda.
  • Instagram Shopping ads; fitur ini memungkinkan Anda untuk mengiklankan postingan dari Instagram Shopping, untuk menjangkau lebih banyak audiens.
  • Shopping tag pada akun tertentu; jika Anda berkolaborasi dengan seorang influencer, Anda juga bisa menggunakan shopping tag agar produk Anda bisa dikenal banyak audiens. Fitur ini akan mempermudah produk bisnis Anda ditag para influencer pada postingan mereka.
  • Product launches; fitur ini membantu dalam membuat pengumuman mengenai produk yang akan Anda launching. Di mana Anda bisa menggunakan penghitung mundur yang tersedia, yang akan memberikan notifikasi serta mengatur pengingat pada audiens.
  • Live shopping; fitur ini dapat membantu Anda menjual produk secara langsung melalui Instagram Live. Pelanggan pun juga bisa membeli produk yang ada pada sesi live tersebut.

Cara Membuat Toko di Instagram

pentingnya Membuat Toko di Instagram

Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat toko di Instagram dengan fitur Instagram Shopping ini:

1. Memiliki akun Instagram bisnis

Syarat Instagram Shopping adalah memiliki akun Instagram Business. Bila Anda belum memiliki akun Instagram bisnis, maka Anda harus terlebih dulu mengubah akun Instagram tersebut. Baru Anda dapat menggunakan fitur ini.

2. Menghubungkan dengan Facebook Page

Syrata Instagram Shopping yang lainnya yaitu Anda harus menghubungkan Instagram dengn Facebook Page Bisnis. langkah yang harus Anda lakukan adalah buka “Edit Profile”, pada “Public Business Information” pilihlah “Page”, dan pilih Facebook Page yang akan Anda hubungkan. Bila Anda belum memilikinya, Anda dapat “Create a New Facebook Page”.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

3. Upload katalog

Anda dapat membuat katalog produk dengan menggunakan Facebook Business Manager.

4. Aktifkan fitur Instagram Shopping

Jika akun Anda sudah dapat menggunakan fitur ini, aktifkan fitur Instagram Shopping dengan membuka profil Instagram Anda, klik “Setting” atau “Pengaturan”, klik “Business”, klik “Sign Up for Shopping”, dan pilih “Accept Term”.

Instagram akan meninjau akun Anda terlebih dulu dalam beberapa hari. Dan akan muncul notifikasi bila proses verifikasi selesai dilakukan.

Anda juga dapat mengaktifkan akun toko Anda dengan membuka “Settings”, pilih “Business”, pilih “Shopping”, pilih “Product Catalogue” dan pilihlah “Done”.

5. Menandai produk

Setelah fitur aktif, Anda dapat menandai produk Anda serta menambahkan deskripsi, harga dan sebagainya dalam postingan serta stories.

Untuk menandai produk, Anda dapat masuk ke Instagram Anda, pilih “Settings”, pilih “Shopping”, pilih “Catalogue” dan upload foto serta pilih “Tag Product”. Setiap postingan dapat menandai 5 produk sekaligus.

Anda juga dapat memberi tag pada postingan lama Anda dengan cara klik “Edit” pada postingan, kemudian pilih “Tag Product”.

Nah, itu di acara membuat toko di Instagram menggunakan Instagram Shopping, yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *