Sosial Media

Panduan Mengaktifkan Instagram Shopping untuk Bisnis Anda

Source: Informatique-Mania.com
Cara mengaktifkan Intagram Shopping untuk bisnis

Instagram Shop ibarat jembatan yang menghubungkan kesenjangan antara media sosial dan e-commerce. Setiap bulan, lebih dari 130 juta pengguna Instagram memeriksa shopping post Instagram untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk. Sangat di sayangkan jika ada brand yang tidak mengaktifkan Instagram Shopping untuk bisnis yang mereka miliki.

Maka dari itulah, mengaktifkan Instagram Shopping bisa jadi solusi untuk berbagai bisnis dalam mengembangkan usaha mereka. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang seluk beluk instagram shopping beserta cara mengaktifkannya, simak artikel ini sampai akhir!

Apa Itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur yang memungkinkan merek e-commerce membuat katalog digital produk mereka yang dapat dibagikan langsung di Instagram. Ini merupakan serangkaian fitur yang memungkinkan Anda untuk menjual produk dengan mengunggah katalog, menandai produk di postingan, dan menerima transaksi di aplikasi.

Berikut ini berbagai fitur yang tersedia instagram shopping:

  • Shop: fitur untuk memperlihatkan katalog produk Anda di etalase yang dapat dibeli.
  • Shopping tag: fitur untuk membuat postingan yang bisa dibeli dengan menandai item di foto.
  • Instagram shop: fitur utama di mana pembeli dapat menjelajahi produk dan toko baru.
  • Collections: fitur yang memungkinkan Anda dapat mengatur produk ke dalam koleksi bertema di toko Anda.
  • Halaman detail produk: menampilkan fitur, manfaat, dan lainnya di halaman yang juga memuat media lain di Instagram yang menampilkan produk.
  • Iklan dengan tag produk: fitur yang mampu memotivasi pembeli untuk mengunjungi situs web Anda atau checkout Instagram dengan tag di iklan.
  • Checkout di Instagram: jika memenuhi syarat, toko Anda dapat mendukung Facebook Pay, yang memungkinkan pengguna membayar langsung di Instagram.
  • Shopping from creator: pembeli dapat membeli dari postingan yang dibuat oleh kreator/influencer yang bermitra dengan merek.
  • Peluncuran produk: fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat buzz produk yang akan datang dengan pengumuman di Instagram.
  • Direct shopping: fitur yang mendukung pembayaran serta dapat menampilkan dan menjual produk dalam live video.

Itulah beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan jika mengaktifkan instagram shopping. Dengan instagram shopping, pengguna dapat melihat sesuatu yang mereka sukai di foto, mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk itu, hingga melakukan pembelian dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

 

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

mengaktifkan Instagram Shoping
Source: Embedsocial.com

Setelah tahu apa itu instagram shopping, hal selanjutnya yang tak kalah penting untuk Anda ketahui adalah bagaimana cara mengaktifkannya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda praktekkan:

1.     Penuhi Persyaratan Kelayakan

Sebelum Anda dapat membuat akun instagram shopping, Anda harus memenuhi persyaratan kelayakan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa persyaratannya:

  • Toko Anda berbasis di pasar yang didukung
  • Anda menjual produk fisik yang memenuhi syarat untuk mengikuti pedoman komunitas
  • Bersedia untuk mematuhi kebijakan perdagangan.
  • Toko Anda memiliki domain.
  • Pastikan Anda memiliki versi terbaru dari aplikasi instagram.

2.     Buat Halaman Bisnis Instagram dan Facebook yang Ditautkan

Jika Anda telah memenuhi persyaratan dasar, maka Anda dapat melanjutkan step berikutnya dalam mengaktifkan Instagram shopping, yakni memulai profil belanja Instagram Anda. Karena Instagram Shop adalah bagian dari Facebook Shop, maka Anda perlu membuat halaman bisnis di Facebook.

Idealnya, Anda akan membuat halaman Facebook Shopping dan mengaturnya dengan shopping template. Selanjutnya, Anda harus mengubah akun pribadi Anda menjadi akun bisnis. Anda dapat mengonversi akun Anda dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian klik Beralih ke akun profesional/bisnis.

Setelah itu, hubungkan Instagram ke Facebook, lalu pilih halaman Facebook untuk menjalankan toko Anda. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pilih Edit profil
  • Ketuk Informasi bisnis publik
  • Klik Halaman
  • Pilih halaman Facebook untuk terhubung

3.     Unggah Katalog Produk Anda

Langkah selanjutnya untuk mengaktifkan instagram shopping adalah dengan meng-upload katalog produk. Ada dua cara utama yang bisa Anda lakukan dalam menambahkan produk pada katalog, yakni gunakan pengelola katalog Facebook atau hubungkan instagram shopping Anda dengan platform e-commerce Anda.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan Facebook manager, maka Anda dapat mengatur Facebook Pay dan mengizinkan orang untuk menggunakan fitur Instagram Checkout. Namun, jika Anda juga menjual dari situs web Anda sendiri, maka Anda harus mengelola beberapa inventory flow.

Facebook Shop dapat terhubung dengan sejumlah tools e-commerce untuk mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis berbasis online. Itu berarti Anda dapat menggunakan platform e-commerce untuk mengelola produk Anda melalui Facebook. Metode ini sangat cocok bagi Anda yang menjual produk dalam volume yang lebih tinggi dan di berbagai platform.

Namun, bila Anda ingin menggunakan platform e-commerce untuk membuat katalog di instagram shop, maka yang perlu Anda lakukan adalah buka akun e-commerce Anda terlebih dahulu. Kemudian, tambahkan sale channel e-commerce Anda, lalu pilih produk mana yang akan Anda sinkronkan ke Facebook sebagai katalog produk Anda.

Setelah itu, jangan lupa untuk menambahkan sale channel di e-commerce Anda untuk Instagram Shop.

4.     Terapkan dan Tunggu Persetujuan

Setelah Anda memiliki katalog produk di Facebook yang terhubung ke Instagram, Anda dapat mengirimkan profil Anda untuk ditinjau. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Di profil Instagram Business Anda, klik menu Pengaturan.
  • Ketuk Bisnis lalu pilih Instagram Shopping.
  • Ikuti instruksi untuk memeriksa ulang akun Anda dan lakukan pendaftaran dengan mengisi data-data yang diminta.

Proses peninjauan dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu. Anda akan menerima pemberitahuan jika akun Anda telah disetujui. Selain itu, Anda mungkin juga menerima pemberitahuan bahwa Instagram membutuhkan lebih banyak informasi, dan pemberitahuan tersebut akan datang dengan instruksi lebih lanjut.

5.     Aktifkan Instagram Shopping dan Beri Tag Produk

Setelah disetujui, Anda dapat mengaktifkan fitur Shopping di akun Instagram Anda. Caranya, buka Pengaturan, klik Bisnis, lalu pilih menu Shopping. Pilih katalog produk mana yang ingin Anda hubungkan, lalu klik Selesai.

Dengan demikian, Anda dapat mempromosikan katalog Anda melalui postingan dan shopping story di Instagram Anda untuk menarik minat pelanggan. Anda juga dapat menambahkan tag pada gambar yang mengarah langsung ke produk, sehingga pembeli melihat informasi lebih lanjut mengenai produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan stiker ke dalam story yang mengarah ke produk di katalog Anda.

Tips Instagram Shopping untuk Tingkatkan Penjualan

Setelah mengaktifkan Instagram shopping dan menambahkan produk ke katalog, Anda perlu mengetahui tips-tips apa saja yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan menggunakan instagram shopping. Berikut ini penjelasannya:

1.     Gunakan Visual yang Mencolok

Instagram adalah salah satu media visual, jadi produk Anda akan terlihat lebih bagus jika menonjolkan segi visual atau tampilannya. Prioritaskan foto dan video berkualitas tinggi agar barang dagangan Anda terlihat lebih profesional dan menarik perhatian calon pembeli.

2.     Tambahkan Hashtag

Menggunakan hashtag Instagram yang relevan juga bisa jadi strategi cerdas untuk meningkatkan kualitas konten instagram shopping Anda. Dengan begitu, kemungkinan bahwa produk Anda untuk ditemukan dan dikenal juga akan semakin besar. Penggunaan hashtag yang tepat juga dapat membuka peluang untuk keterlibatan konsumen potensial.

3.     Bagikan Kode Diskon atau Promosi

Semua orang tentu suka dengan penawaran diskon atau promosi yang menarik. Oleh sebab itulah, menjalankan kampanye promosi adalah cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Saat Anda mempromosikan kode secara langsung di postingan Instagram shopping, maka pelanggan akan lebih mudah untuk mengakses pembelian.

4.     Tunjukkan Benefit atau Manfaat dari Produk Anda

Untuk membuktikan bahwa produk Anda memiliki benefit maka Anda dapat membuat konten foto atau video edukasi tentang produk Anda. Jenis konten video yang paling populer di Instagram adalah video tutorial dengan kata kunci “how to”.

Demikianlah langkah-langkah untuk mengaktifkan Instagram shopping yang bisa Anda coba untuk memasarkan produk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *