Membuat pelanggan tetap setia dan bertahan dengan bisnis Anda, bisa dibilang bukan perkara yang mudah. Apalagi seiring bertambahnya waktu akan terus ada banyak kompetitor yang muncul. Salah satu strategi mempertahankan pelanggan yang bisa Anda coba adalah Loyalty Program. Nah, dalam artikel berikut ini Anda dapat mempelajari tentang pengertian dan contoh loyalty program.
Kesetiaan dan kepuasan pelanggan merupakan kunci sukses sebuah bisnis. Loyalty program ini punya peranan penting dalam untuk mewujudkan hal tersebut. Tapi bagaimana cara penerapannya? Simak ulasannya di bawah ini.
Pengertian Loyalty Program
Loyalty program adalah sebuah program penghargaan yang diberi perusahaan kepada pelanggan, yang bertujuan untuk menjaga kesetiaan mereka dan membuat mereka tetap menggunakan produk atau jasa dari perusahaan dengan terus menerus.
Ini berarti, loyalty program ini dibuat pihak perusahaan sebagai strategi untuk mempertahankan bisnis mereka untuk waktu yang panjang.
Selain fokusnya untuk membuat pelanggan bertahan, program ini pun juga dapat Anda terapkan untuk menarik perhatian pelanggan baru. Program inipun secara tidak langsung bisa membantu meningkatkan tingkat customer retention. Semakin tinggi persentase retention rate tersebut, maka semakin baik bisnis Anda.
Baca Juga: 6 Strategi Tepat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Manfaat Loyalty Program
Sebelum mengetahui tentang contoh loyalty program, Anda juga harus memahami beberapa manfaat loyalty program untuk perusahaan atau bisnis yang Anda miliki, yaitu:
- Membangun hubungan baik dengan pelanggan; manfaat yang paling besar dirasakan dari penerapan program ini adalah membangun hubungan yang baik dengan pelanggan Anda. Anda dapat memberi kepuasan lebih pada pelanggan melalui program ini.
- Menciptakan customer advocacy; maksudnya adalah ketika pelanggan Anda senang dengan program loyalty yang Anda buat, pelanggan tersebut bisa saja akan merekomendasikan produk atau jasa Anda pada orang sekitarnya. Hal ini lah yang akan membangun customer advocacy.
- Membuat perbedaan dari kompetitor; banyaknya kompetitor seharusnya menjadikan Anda membuat strategi yang baik untuk membuat bisnis Anda selangkah lebih di depan kompetitor. Loyalty program ini bisa jadi cara agar pelanggan dapat membedakan Anda dengan kompetitor Anda, dan jika program ini menarik, juga akan berimbas pada pelanggan yang cenderung akan memilih bisnis Anda dibanding kompetitor.
Contoh Loyalty Program
Karena loyalty program ini punya peranan penting yang berkaitan dengan kesetiaan pelanggan, maka pengaplikasiannya pun haruslah dipikirkan dengan matang. Ada beberapa contoh loyalty program yang dapat Anda terapkan, yaitu:
1. Program Membership
Program satu ini dilakukan dengan menawarkan pelanggan untuk mau bergabung menjadi anggota dari komunitas yang sebelumnya sudah dibuat perusahaan. Jika pelanggan tertarik dan mendaftar, maka mereka dapat bergabung dan juga menjadi anggota club membership yang ada.
Nantinya setelah menjadi anggota, mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan yang sudah dibuat perusahaan, seperti promo spesial untuk anggota, potongan harga, dan lainnya.
2. Loyalty Point
Loyalty point adalah salah stau program di mana para pelanggan yang melakukan transaksi dengan jumlah tertentu, bisa mendapatkan poin. Poin ini nantinya dapat disimpan dan dikumpulkan sampai jumlah yang cukup. Semakin besar dan banyak mereka melakukan transaksi, maka semakin banyak juga poin yang akan mereka dapatkan. Dan poin ini bisa ditukarkan dengan hadiah eksklusif yang sudah disediakan perusahaan, mulai dari produk tertentu, potongan harga dan lainnya.
3. Event Terbatas
Program ini bisa diberikan pihak perusahaan secara individu ataupun secara umum. Untuk kategori umum, program ini dapat diberikan melalui event-event tertentu yang dibuat perusahaan ataupun event musiman dan tahunan lainnya.
Perusahaan dapat memberi keuntungan untuk pelanggan setianya berupa promo besar, buy one get one, dan lainnya, yang bisa meningkatkan minat pelanggan untuk tetap setia pada perusahaan atau produk atau jasa Anda.
Dapat juga berupa pemberian hadiah atau keuntungan bagi pelanggan di hari spesial seperti saat hari ulang tahun pelanggan, yang dilakukan sebagai bentuk perhatian perusahaan untuk pelanggan setia bisnisnya. Dengan cara ini pun pelanggan secara emosi akan lebih merasa dekat dengan brand atau bisnis Anda.
Baca Juga: 7 Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Sepatu dari Rumah
4. Kemitraan
Contoh loyalty program lainnya yang bisa Anda terapkan adalah kemitraan. Program ini memungkin setiap pelanggan untuk mendapat kesempatan untuk menjadi mitra kerja dari perusahaan Anda. Pelanggan pun dapat memperoleh keuntungan berupa penawaran harga spesial.
Program kemitraan yang umumnya dilakukan beberapa brand yaitu berupa endorsement. Di mana orang atau pelanggan yang punya pengaruh penting dan juga terkenal di dunia maya dapat ikut serta dalam mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan Anda.
Nah, nantinya mereka yang menjadi mitra atau dalam hal ini mempromosikan bisnis Anda, dapat memiliki keuntung untuk mendapatkan produk dengan gratis dan juga hadiah yang diberi sesuai perjanjian yang sudah dibuat.
5. Cashback
Anda juga dapat memberikan pelanggan setia Anda keuntungan berupa cashback dari transaksi yang mereka lakukan. Aturan untuk cashback ini pun dapat Anda tentukan sendiri berdasarkan preferensi perusahaan, misalnya pelanggan bisa mendapatkan cashback sekian persen bila mereka mencapai pembelian jumlah tertentu ataupun lebih.
6. Program Value Brand
Program loyalitas satu ini bukan hanya akan memberi keuntungan bagi pelanggan saja, namun juga akan memperkuat value dari brand Anda. Bisa dilakukan dengan cara seperti perusahaan menawarkan harga yang lebih murah dari normal di program buy 1 get 2, memberikan cashback dan lainnya. Yang mana hal ini akan membuat pelanggan berkeinginan untuk membeli lagi dan lagi.
Bukan hanya itu saja, tujuan utama program satu ini yaitu membuat pelanggan jadi tetap setia dan terus berlangganan brand atau bisnis Anda.
Cara Membuat Loyalty Program yang Menarik Pelanggan
Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat program ini menarik para pelanggan untuk ikut serta, yaitu:
- Pahami keinginan pelanggan; bila diperlukan, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dulu. Dengan lebih memahami keinginan pelanggan, tentunya Anda akan dapat membuat program yang tepat sasaran.
- Tentukan budget; pastikan Anda punya budget yang sesuai untuk program yang ingin Anda buat. tipsnya, pisahkan budget untuk meningkatkan retention dengan budget yang dipergunakan untuk menarik pelanggan baru.
- Tentukan pelanggan yang akan dimasukkan dalam program loyalitas ini; Anda dapat menjadikan beberapa aspek sebagai pertimbangan seperti volume pembelian, lamanya mereka setia atau loyal pada bisnis Anda, kecepatan pembayaran dan juga kemampuan pelanggan dalam membeli produk atau jasa Anda dalam jumlah yang banyak.
- Berikan reward brand; pelanggan setia Anda tentunya ingin hadiah atau keuntungan yang tidak jauh dari bisnis atau brand Anda tersebut. Jadi, Anda harus membuat brand positioning yang tepat dengan reward yang akan Anda tawarkan.
- Berikan lebih dari sekedar deals atau diskon; tidak sedikit perusahaan yang menawarkan deals atau diskon, karena itu Anda harus membuat yang lebih dari itu.
Beberapa contoh loyalty program di atas serta hal penting lainnya terkait program loyalitas ini bisa Anda terapkan sesuai dengan bisnis yang Anda miliki. Diharapkan dengan penerapan contoh loyalty program tersebut, bisnis Anda dapat lebih berkembang dan memiliki banyak pelanggan setia.