Meningkatkan kepuasan pelanggan bisa dibilang adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai perusahaan atau bisnis. Kepuasan yang dirasakan pelanggan tentunya berkaitan dengan pelayanan yang diberikan serta kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ini juga bisa menjadi tolak ukur keberhasilan dari bisnis Anda.
Kepuasaan yang dirasakan pelanggan juga tentu akan memengaruhi omzet penjualan dari bisnis Anda. Semakin banyak pelanggan yang merasa puas dengan bisnis Anda, akan semakin besar juga kemungkinan bisnis Anda akan semakin berkembang dan dikenal banyak orang. Lalu bagaimanakah strategi yang tepat untuk meningkatkan kepuasan para pelanggan?
Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
1. Meningkatkan kualitas dari produk atau jasa yang Anda tawarkan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kepuasaan yang dirasakan pelanggan juga berkaitan langsung dengan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan. Bila kualitas produk atau jasa Anda baik, maka pelanggan pun akan puas. Begitupun ketika Anda meningkatkan kualitas, sehingga kepuasan pelanggan pun akan semakin meningkat.
Mereka yang sudah pernah menggunakan produk atau jasa Anda pastikan tidak akan senang bila kualitas Anda semakin menurun. Karena itu, kualitas adalah hal utama yang harus diperhatikan dan dijaga oleh para pemilik bisnis.
2. Memberi fasilitas yang ekstra
Pelayanan seperti apakah yang bisa Anda tawarkan untuk pelanggan? Memberikan fasilitas tertentu, ternyata bisa jadi salah satu pelayanan untuk pelanggan yang bisa dibilang menarik.
Misalnya dengan cara mengadakan sistem membership, di mana ini adalah sistem keanggotaan yang akan memberikan keuntungan berupa diskon atau promo khusus, free product dan lainnya, yang bisa didapat oleh mereka yang mendaftar menjadi anggota. Fasilitas-fasilitas untuk membership ini bisa dibilang sangat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.
Baca Juga: 5 Bisnis Start Up Sukses Di Indonesia Dalam Beberapa Sektor
3. Memberi penawaran menarik
Cara mengukur kepuasan pelanggan yang paling mudah adalah dengan melihat seberapa loyal pelanggan dengan bisnis Anda. Bila mereka sudah merasa jatuh cinta pada produk atau jasa Anda, maka untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas mereka, Anda bisa memberi penawaran-penawaran menarik. Misalnya, memberikan voucher belanja, giveaway, ataupun souvenir.
Pemberian penawaran seperti ini bisa Anda lakukan lewat email marketing ataupun di media sosial bisnis Anda. Aktivitas yang dilakukan di media sosial pun akan memberikan peluang bagi brand Anda untuk lebih dekat dengan audiens. Secara tidak langsung ini pun akan berkaitan dengan calon pelanggan yang mungkin belum mengenal bisnis yang Anda miliki.
Anda pun bisa menerapkan program buy 1 get 1, di mana cara ini akan membantu para pelanggan loyal untuk melakukan pembelian dengan jumlah yang banyak.
4. Menerima saran dan menyikapi keluhan pelanggan dengan baik
Sebagai pengguna produk atau jasa dari bisnis Anda, pelanggan tentu punya pengalaman tersendiri dan mereka pastinya memiliki saran yang baik untuk kualitas dan kelangsungan bisnis Anda. Saran dari pelanggan pun bisa jadi cara Anda untuk menghasilkan sebuah produk atau jasa yang tepat sasaran dan dibutuhkan banyak orang.
Selain itu, bila seandainya ada pelanggan yang menyampaikan keluhan mengenai produk atau jasa ataupun pelayanan Anda, sebaiknya sikapi dengan baik. Keluhan dari pelanggan bisa jadi bahan pembelajaran dan evaluasi bagi Anda dan tim untuk terus memperbaiki diri. Dengan beginilah bisnis Anda tentunya akan terus berkembang dan sukses ke depannya.
5. Selalu jujur
Kejujuran adalah sesuatu yang penting dalam hal apapun, begitupun dalam bisnis. Bila Anda memulai bisnis dengan kebohongan, bukan tidak mungkin lama-kelamaan bisnis Anda akan hancur. Apalagi ketika akhirnya para pelanggan merasa tertipu dengan produk atau jasa yang Anda jual.
Karena itulah, meningkatkan kepuasan pelanggan bisa Anda lakukan dengan selalu menanamkan kejujuran dalam berbisnis. Kejujuran akan memberikan kebaikan pada apa yang Anda jalani. Pelanggan pun akan mempercayai bisnis Anda, dan terus setia menggunakan produk atau jasa yang Anda jual.
Baca Juga: Pelanggan Sering Kabur? Coba Tips Mendapatkan Leads Bisnis
6. Pelayanan yang cepat tanggap
Hal ini umumnya berlaku bagi Anda yang bergerak dalam bisnis jasa. Anda disarankan untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap. Bila ada keinginan pelanggan yang mungkin tidak bisa Anda penuhi, sebaiknya cepat katakana yang sebenarnya, dibandingkan harus bertele-tele dan membuat pelanggan menunggu jawaban Anda.
Bila Anda tidak berani berkata yang sebenarnya jika tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan, dan akhirnya pelanggan menyadari hal tersebut, pelanggan pun bisa saja merasa kecewa.
Sebagai pemilik bisnis, Anda harus paham strategi meningkatkan kepuasan pelanggan yang sudah disebutkan di atas. Dengan begitu, bisnis yang Anda jalani tentunya akan semakin berkembang dan besar.