Sosial Media

Cara Membuat TikTok Shop serta Tips Meningkatkan Penjualannya

Source: Pexels.com
Cara Membuat Tiktok Shop

TikTok terus upgrade fitur baru, beberapa di antaranya bahkan mampu menarik minat brand dagang untuk memasarkan di platform sosial tersebut. Setelah hampir satu tahun uji coba, TikTok telah meluncurkan TikTok Shopping pada Agustus 2021 lalu sebagai fitur terbarunya di dunia social e-commerce

TikTok Shopping menambahkan peluang tambahan bagi pebisnis untuk memasarkan dan menjual produk mereka di TikTok. Tak heran, jika kata kunci cara membuat TikTok Shop sempat viral dan paling banyak dicari di search engine. Nah, bagi Anda yang juga penasaran ingin mencoba peluang di TikTok Shop, simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu TikTok Shop?

apa itu tiktok shop
Source: Pexels

TikTok Shop adalah fitur belanja yang dapat diakses langsung di platform TikTok. Fitur ini memungkinkan pedagang, brand, dan kreator untuk menampilkan dan menjual produk mereka langsung di TikTok. Penjual dan konten kreator dapat menjual produk melalui berbagai cara, seperti video in-feed, LIVE, dan product showcase tab.

Baca Juga: Inilah 7 Tips Efektif Meningkatkan Followers Tiktok 2022

Anda dapat menggunakan TikTok Shop jika Anda termasuk dalam salah satu dari empat kategori, di antaranya Sellers, Creators, Mitra, atau Affiliator. Jika Anda mendaftar sebagai seller, Anda harus berlokasi di Inggris, Cina, Hong Kong, atau Indonesia. 

Anda juga harus dapat membuktikannya dengan nomor telepon dari wilayah tersebut, sertifikat pendirian untuk bisnis Anda, dan kartu identifikasi.

Namun, jika Anda mendaftar sebagai kreator, akun TikTok Anda harus bereputasi baik. Selain itu, Anda harus memiliki setidaknya 1.000+ followers di Tiktok, memiliki 50+ penayangan video dalam 28 hari terakhir, berusia 18 tahun, dan telah memposting video di TikTok dalam 28 hari terakhir untuk menunjukkan bahwa Anda pengguna aktif.

Cara Membuat TikTok Shop

cara membuat tiktok shop
Source: Pexels

Untuk membuat atau mendaftarkan akun di TikTok Shop terbilang sangat mudah karena bisa Anda lakukan secara daring. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka Halaman TikTok Seller Center

Pertama, silahkan buka situs TikTok Seller Center dengan memasukkan https://seller-id.tiktok.com/account/welcome di kolom pencarian browser Anda. Jika Anda baru pertama kali mendaftar TikTok, maka pilihlah Sign Up with Phone & Email. Tapi jika sudah memiliki akun TikTok sebelumnya, pilih Sign Up with TikTok account.

2. Isi Data Diri

Selanjutnya, Anda akan diminta mengisi data diri seperti nomor telepon dan alamat email. Anda juga akan diminta membuat password dan memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui nomor telepon Anda. Jadi, pastikan nomor telepon yang Anda gunakan untuk mendaftar adalah nomor aktif. 

Selanjutnya akan muncul halaman otorisasi dengan S&K, lalu klik Authorized. Kemudian lakukan verifikasi dengan memasukkan nomor HP dan kode verifikasi.

Baca Juga: Perlukah Bisnis Di Tiktok? Cek Ulasan Lengkapnya di Sini!

3. Upload Dokumen 

Langkah selanjutnya, Anda perlu mengunggah dokumen yang dibutuhkan seperti foto kartu identitas dan swafoto. Anda juga harus menginput data rekening bank yang valid, yang terdiri dari nama bank, nomor rekening, dan nama pemilik rekening.

4. Setel Toko dan Upload Produk

Setelah itu, Anda perlu menginput alamat dan nama toko sebelum mulai berjualan di TikTok Shop. Pastikan data yang Anda input akurat serta tidak menyalahi syarat dari TikTok Shop. Jika sudah, upload produk beserta foto dan deskripsinya secara lengkap. 

Dari sini, Anda dapat terus menambahkan produk baru ke TikTok Shop Anda di Seller Center. Anda bisa mengelola toko, stok produk, pesanan, promosi, creator partnerships, dan customer service Anda, semuanya di Seller Center.

Tips Meningkatkan Penjualan dengan TikTok Shop

tips meningkatkan penjualan
Source: Pexels

Jika sudah tahu tentang cara membuat TikTok Shop dan upload produk, lantas bagaimana cara meningkatkan penjualan? Cara kerja TikTok Shop sedikit mirip dengan Instagram Shop atau belanja di platform sosial lainnya. Untuk itu Anda perlu buat rencana untuk menjual produk Anda dengan mempertimbangkan tips berikut:

1. Tambahkan Tautan Toko Anda di Bio

Menambahkan URL ke profil TikTok Anda adalah cara sederhana untuk membantu pemirsa menemukan situs Anda. Tautan di bio TikTok Anda adalah salah satu tempat di mana Anda dapat menambahkan tautan yang dapat diklik pada aplikasi, sehingga Anda dapat mengarahkan traffic dan meningkatkan penjualan.

2. Hubungkan Profil Sosial Media Anda

Ada satu lagi cara membuat TikTok Shop untuk meningkatkan penjualan yang tercepat dan termudah untuk mulai mengarahkan traffic dari akun TikTok Anda. Anda bisa menghubungkan akun media sosial Anda di aplikasi. 

Misalnya, Anda dapat menambahkan direct link ke akun Instagram dan YouTube Anda, jika Anda juga menggunakan dua platform tersebut untuk berjualan. Untuk melakukan ini, pilih “Edit Profil” dari halaman profil TikTok Anda, lalu hubungkan akun medsos Anda. 

Setelah terhubung, pengguna lain akan dapat mengetuk ikon Instagram di halaman profil Anda untuk melihat menu pop-up yang tertaut ke channel medsos Anda. Cara ini bisa jadi lintas promosi yang cepat, terutama jika Anda secara teratur menggunakan Instagram atau YouTube untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

3. Sesuaikan Strategi Konten Anda

Salah satu cara paling efektif untuk menggunakan TikTok untuk berjualan atau berbisnis adalah berkreasi dengan strategi konten video Anda. Jika Anda dapat memasangkan produk atau layanan Anda dengan konsep yang menghibur, bukan hal yang mustahil penjualan akan meningkat drastis.

Misalnya, jika Anda menawarkan produk kosmetik menggunakan TikTok, coba bagikan konten tutorial dan tips yang menampilkan produk Anda. Konten tersebut dapat memberikan inspirasi dan edukasi kepada orang yang melihatnya sekaligus mendorong penjualan.

Mengintegrasikan produk Anda ke dalam strategi konten Anda adalah cara paling efektif untuk mendorong brand awareness di platform ini. Jangan lupa untuk menambahkan hashtag yang relevan dan sound yang sedang populer supaya konten video Anda berkesempatan muncul di FYP dan menjangkau lebih banyak orang.

4. Manfaatkan Fitur TikTok Ads

TikTok Ads saat ini adalah bisa jadi cara untuk menambahkan tombol yang dapat diklik ke video Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengarahkan traffic dan meningkatkan penjualan dari aplikasi ini.

Anda juga bisa mendorong pengguna untuk berbelanja sekarang (dengan tombol Shop Now), mengunduh aplikasi Anda, atau mengunjungi situs web Anda langsung dari video TikTok Anda. Selain itu, TikTok Ads juga membuat jangkauan video Anda jadi lebih terjamin.

5. Bermitra dengan Influencer dan Konten Kreator

Bekerjasama dengan influencer dan TikTok content creator adalah cara membuat TikTok Shop agar meningkatkan brand awareness dan mendorong penjualan produk Anda. Tetapi seperti halnya kemitraan lain, penting untuk memahami tujuan Anda dan menemukan influencer yang tepat untuk membantu Anda mencapai target penjualan.

Pertimbangkan apakah audiens influencer atau content creator tersebut selaras dengan audiens target Anda. Anda juga perlu memastikan reputasi mereka yang bisa Anda lihat dari postingan video TikTok dan respon orang-orang terhadap video tersebut. 

Dengan begitu, ketika mereka membuat konten tentang brand Anda di TikTok dan berpeluang menjadi rekomendasi yang otentik. Jika Anda ragu harus mulai dari mana untuk memilih influencer atau creator, coba kunjungi TikTok’s Creator Marketplace.

Itulah cara membuat TikTok Shop dan tips meningkatkan penjualan dari platform tersebut. Mengingat bahwa kini ada lebih dari 99 juta orang di Indonesia yang menggunakan TikTok, tidak ada salahnya menggunakan fitur TikTok Shop untuk meningkatkan penjualan Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *