Pernahkah Anda mendengar tentang apa itu Google Analytics? Bagi para pemilik situs web tentu sudah sangat akrab dengan tool yang satu ini. Google Analytics sendiri merupakan salah satu alat yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis dalam memaksimalkan strategi pemasaran mereka.
Jika Anda termasuk pemilik bisnis yang ingin mengembangkan pangsa pasar lewat dunia digital maka silahkan memanfaatkan berbagai fitur-fitur yang ada di dalam Google Analytics.
Apa itu Google Analytics?
Google Analytics adalah sebuah tool gratis yang diluncurkan oleh Google sejak tahun 2006 silam. Google Analytics menjadi salah satu fasilitas layanan yang telah banyak diakses oleh berbagai kalangan untuk mendapatkan report dari situs yang mereka jalankan.
Dengan menggunakan GA maka Anda dapat memantau perkembangan followers, pertumbuhan visitor situs hingga jumlah readers yang terdapat di dalam blog Anda. Untuk mendapatkan insights tersebut Anda cukup menghubungkan Blogger, Google Adwords hingga channel Youtube Anda lewat GA.
Bagi para pekerja dunia digital, GA adalah tool yang paling powerful dan sangat bisa diandalkan untuk mendapatkan report dan data yang lengkap dalam sebuah website.
Baca Juga: Cara Menggunakan Google Analytics yang Benar untuk Website Anda?
Cara Melakukan Set Up Akun Google Analytics
Ingin menggunakan GA tapi masih bingung dengan cara memulainya, silahkan membuat akun Google terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki akun Google, silahkan membuatnya lewat panduan berikut ini.
- Pertama kliklah google.com/analytics.
- Klik opsi Sign In atau Create an Account pada bagian kiri atas.
- Setelah itu lanjutkan dengan mengklik Acces Google Analytics.
- Pilihlah opsi drip-down untuk membuat properti.
- Tulislah nama website Anda beserta URL-nya.
- Masukkan jenis industru sesuai dengan situs yang Anda miliki. Sebagai contoh blog, shopping dan lainnya.
- Kemudian, aturlah zona waktu.
- Lanjutkan dengan mengklik Get Tracking IDE.
- Setelah itu silahkan menginstal Tracking ID dalam situs yang Anda miliki.
Jika memang sudah memiliki akun Google Analytics maka Anda hanya perlu menghubungkannya dengan situs yang Anda miliki. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.
- Copy dan paste kode secara langsung lewat template pada website yang Anda miliki.
- Selanjutnya, buatlah file dengan nama analyticstracing.php dengan menggunakan kode tracking serta tambahkan juga element <?php include_once(“analyticstracking.php”) ?> setelah <body>.
- Setelah itu, cek web host, web builder atau blog untuk memeriksa apakah GA telah terintegrasi dengan halaman website atau belum.
- Jika Anda merasa cara ini cukup membingungkan maka cobalah menggunakan website Blogger serta Squareslace yang akan menghubungkan GA secara otomatis. Anda hanya perlu memasukkan nomor tracking ID yang didapatkan saat pertama kalinya membuat akun.
Fitur-Fitur dan Cara Kerja Google Analytics

Source: andinrahmana.com
Setelah mengetahui apa itu Google Analytics serta cara melakukan set up di dalamnya, selanjutnya Anda Juga perlu memahami tentang fitur-fitur yang bisa digunakan untuk memaksimalkan konten bisnis Anda.
Ikhtisar awal
Di dalam ikhtisar awal Google Analytics terdapat statistik dasar yang memuat beberapa data berikut:
Ikhtisar awal Google Analytics menunjukkan kepada Anda statistik dasar seperti berikut:
Pengguna
Terkait jumlah pengunjung unik yang datang ke situs Anda dalam durasi waktu yang bisa disesuaikan.
Pengguna aktif
Jumlah orang yang sedang melihat situs Anda secara real time.
Sesi
Jumlah interaksi yang dilakukan pemirsa dengan situs web Anda seperti melakukan klik laman, melakukan pembelian ataupun mengunduh file pada jangka waktu tertentu.
Bounce rate
Jumlah visitor yang mengklik kembali ataupun menutup jendela situs tanpa melakukan interaksi yang lain.
Durasi sesi
Jumlah waktu rata-rata pengguna tetap saat berada di dalam situs Anda.
Lokasi
Gambaran peta lokasi pengguna Anda dalam jangka waktu yang bisa diatur.
Sesi menurut perangkat
Grafik peringkat perangkat yang digunakan oleh para visitor saat masuk ke halaman Anda.
Pengguna berdasarkan waktu
Tampilan grafis hari dan waktu pengunjung.
Realtime
Fitur yang satu ini akan memberikan data yang sama dengan pengguma aktif dalam ikhtisar. Data dari realtime juga akan menggabungkan lokasi, tampilan situs setiap menitnya, sumber traffic, konten, konversi serta peristiwa untuk memvisualisasikan dampak dari sebuah aktifitas seperti adanya penjualan atau peluncuran produk yang baru saja dilakukan.
Audiens
Adapun audiens akan memberikan laporan secara lebih detail tentang demografi, lokasi geografis, perilaku keterlibatan serta penggunaan perangkat.
Akusisi
Data akusisi akan menunjukkan bagaimana pengunjung menemukan situs Anda baik itu lewat sebuah rujukan halaman, klik iklan, kueri penelusuran, penautan media sosial ataupun lewat kampanye tertentu.
Perilaku
Fitur ini akan menampilkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs Anda lewat halaman total, tampilan halaman unik, seberapa sering pengguna keluar dari situs Anda serta halaman mana yang paling sering dikunjungi oleh visitor.
Selain itu, lewat bagan alur perilaku Anda juga bisa melihat bagaimana pengguna menavigasi di sekitar situs Anda termasuk cara mereka masuk, tempat yang mereka kunjungi hingga cara mereka keluar. Tab event atau acara juga akan memunculkan klik tombol, tampilan video hingga unduhan.
Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Google Crawling dalam SEO
Konversi
Adapun konversi akan menampilkan berapa kali pengguna menyelesaikan sebuah aktifitas seperti melakukan pembelian, mendaftar ke buletin email hingga mengunduh e-book ataupun video di dalam situs Anda.
Manfaat Google Analytics bagi Bisnis
Teknologi digital akan semakin memudahkan Anda dalam memaksimalkan bisnis lewat industri digital saat ini. Berikut merupakan beberapa manfaat yang dihadirkan oleh Google Analytics bagi bisnis Anda.
Mengukur dan mengoptimalkan kinerja situs web
Dalam meningkatkan pemasaran produk lewat digital maka diperlukan data yang akurat untuk mengetahui jumlah pengunjung yang sering berkunjung pada situs Anda. Setiap informasi yang didapatkan akan membantu Anda untuk fokus meningkatkan strategi pemasaran.
Data yang ditampilkan pada GA akan membantu Anda dalam menganalisis tren halaman mana yang paling populer. Dengan begitu, Anda pun akan mempertahankan jenis konten yang serupa untuk mendorong traffic baru.
Menentukan efektivitas strategi pemasaran Anda
Google Analytics juga bisa menjadi alat ukur yang paling tepat dalam mengetahui sejauh mana efektivitas strategi pemasaran yang Anda lakukan. Apakah konten Anda sejauh ini mampu meraih pasar dan target penjualan yang diinginkan atau tidak. Dengan melihat data dari GA maka Anda pun bisa memutuskan langkah selanjutnya untuk perkembangan bisnis Anda ke depannya.
Meningkatkan penempatan halaman hasil mesin pencari (SERP)
Untuk meningkatkan traffic menuju situs Anda, terdapat beberapa metode yang bisa diterapkan seperti memanfaatkan sosial media, iklan konvensional, ataupun memaksimalkan mesin pencarian untuk mendapatkan lebih banyak visitor.
Dengan menggunakan GA, Anda akan mengetahui bagaimana para pengunjung bisa menemukan website Anda serta kata kunci apa yang membuat visitor masuk ke situs Anda. Data tersebut tentu menjadi informasi yang sangat penting dan bisa Anda gunakan agar halaman situs Anda lebih sering muncul di halaman pertama mesin pencarian.
Nah, demikianlah ulasan tentang apa itu Google Analytics serta manfaatnya dalam bisnis di era digital seperti saat sekarang ini. Semoga informasi tentang GA di dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.