Digital Marketing

6 Strategi Konten Marketing yang Mengutungkan untuk Bisnis

Source: Netscribes.com
Strategi konten marketing untuk bisnis

Strategi konten marketing yang menarik dan efektif tentu akan berdampak positif pada sebuah bisnis. Era digital yang terus berkembang menuntut setiap pelaku usaha untuk terus berinovasi dalam menciptakan konten-konten yang menarik dan inspiratif bagi para audiens.

Kehadiran konten marketing ini sendiri memang sangat penting untuk setiap perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Tanpa memanfaatkan content marketing di zaman yang serba digital ini maka akan sulit bagi sebuah perusahaan untuk mendapatkan pasarnya sendiri. Beberapa strategi konten dalam pemasaran digital berikut bisa Anda coba terapkan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas lagi.

Menentukan Audiens

Strategi konten marketing

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam membuat konten marketing ini ialah dengan mengetahui target audiens bisnis Anda terlebih dahulu. Anda bisa mencari tahu target audiens ini melalui usia, jenis kelamin, status pekerjaan, kebutuhan ataupun minat audiens. Kemudian, lakukanlah riset atau survei untuk mengetahui kebutuhan mereka. Selanjutnya, Anda pun bisa memberikan solusi dari setiap kebutuhan mereka lewat konten marketing bisnis atau jasa yang telah Anda buat.

Menggunakan Formula Pencarian Topik Menarik

Agar bisa menarik perhatian audiens maka Anda perlu menciptakan konten-konten yang semenarik mungkin. Untuk itu carilah topik yang sedang naik daun saat ini. Tentukan topik yang sesuai dengan niche bisnis Anda. Anda bisa mencari berbagai topik yang sedang  trend dengan melihat berbagai headline di internet. Selanjutnya pilih judul-judul yang paling memikat menurut Anda.

Manfaatkan Semua Channel

Manfaatkan Semua Channel

Agar konten yang telah Anda buat bisa tersampaikan secara tepat sasaran dan efektif kepada audiens maka manfaatkanlah semua channel yang ada semaksimal mungkin. Setiap platform tentu memiliki kelebihan dan sistem algoritmanya masing-masing. Oleh sebab itu, manfaatkan semua jenis sosial media yang ada baik itu Facebook, Twitter, Youtube hingga memanfaatkan TikTok yang memang sedang naik daun saat ini.

Untuk makin memaksimalkan strategi konten marketing ini maka Anda juga bisa memanfaatkan fitur paid media seperti Facebook Ads, Instagram Ads hingga Youtube Ads. Dengan begitu jangkauan audiens untuk bisnis Anda akan semakin luas. Selain paid media, Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan para influencer ternama di tanah air. Pilihlah selebgram, youtuber ataupun blogger yang sesuai dengan target bisnis Anda.  Jika produk yang Anda pasarkan adalah skincare maka cobalah untuk bekerjasama dengan beauty vlogger ataupun beauty blogger.

Pada dasarnya, banyak konsumen lebih mempercayai testimoni atau rekomendasi dari publik figure tertentu dibandingkan dengan hanya melihat iklan produk tersebut. Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih influencer yang tak hanya memiliki engagement yang bagus tetapi juga yang mempunyai citra yang baik di mata banyak konsumen.

Baca Juga: 5 Konten Media Sosial yang Menarik untuk Meningkatkan Engagement Bisnis

Memanfaatkan Jasa Penulis Artikel

Strategi konten marketing selanjutnya yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda ialah dengan memanfaatkan keberadaan jasa penulis artikel. Daripada Anda harus repot-repot mengurus konten berupa tulisan yang mungkin bisa menyita waktu untuk mengurus hal lainnya maka tak ada salahnya untuk mempekerjakan jasa penulis atau editor. Tak hanya masalah efisinesi waktu saja, kualitas konten berupa tulisan juga akan jauh lebih maksimal jika dikerjakan langsung oleh ahlinya.

Menggunakan Search Engine Optimization (SEO)

Anda juga tidak boleh melupakan pentingnya SEO atau Search Engine Optimization pada setiap konten yang akan dibuat. Kehadiran SEO dalam konten berupa blog, foto atau video memang sangat wajib. Dengan begitu, konten yang Anda buat bisa sampai dengan tepat sasaran kepada target audiens yang diinginkan.

Membuat Jadwal Konten

Membuat Jadwal Konten

Banyak orang juga mengabaikan strategi konten marketing yang satu ini. Padahal dengan membuat jadwal maka Anda bisa memiliki planning timeline yang lebih terencana. Anda bisa membuat jadwal seperti membuat konten Youtube satu kali seminggu ataupun mengupload tulisan di blog setiap harinya pada jam-jam yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Biar lebih efektif dan maksimal, Anda bisa membuat jadwal untuk memposting konten ini di hari-hari besar atau hari-hari penting lainnya. Misalnya, untuk Promo Tahun Baru, Lebaran, Natal atau pada hari-hari spesial lainnya. Pembuatan jadwal atau timeline konten ini juga untuk menghindari terjadinya bentrok antar konten lainnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Video Marketing untuk Memperkenalkan Bisnis

Nah, demikianlah informasi mengenai 6 strategi konten marketing yang perlu diterapkan dalam mengembangkan sebuah bisnis. Semoga informasi di dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Mau bikin konten marketing untuk bisnis, tapi tidak punya pasukan? Serahkan saja kepada Buzzup.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *