Marketing

6 Manfaat Video Marketing untuk Memperkenalkan Bisnis

Manfaat Video Marketing

Banyak terobosan baru dalam dunia marketing seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Video marketing menjadi salah satu strategi pemasaran modern yang sekarang banyak diterapkan para pebisnis. Tren video marketing sudah dimulai sejak tahun 2016 dan terus berkembang hingga saat ini. Melihat dari tingkat keberhasilannya, tidak dapat disangkal bahwa manfaat video marketing sudah terbukti hingga menjadi strategi pemasaran yang paling bisa diandalkan di masa sekarang ini.

Video marketing dibuat dengan tujuan memperkenalkan produk, perusahaan maupun tokoh personal. Dalam video marketing dapat dengan mudah menjabarkan deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan tanpa perlu menggunakan teks yang panjang. Target pasar pun juga tidak perlu membuang waktu untuk membaca teks, melainkan cukup melihat serta mendengarkan. Video marketing juga dinilai lebih interaktif dan mampu menarik minat target pasar dengan lebih mudah. Berikut adalah manfaat dari strategi pemasaran berupa video marketing.

1. Mampu Membangun Kepercayaan Target Pasar

Manfaat Video Marketing

Dalam hal membangun kepercayaan, manfaat video marketing memang sudah terbukti nyata. Sebuah produk yang diperkenalkan melalui video marketing membuahkan kesan lebih eksklusif. Perusahaan yang memproduksi produk tersebut juga akan dinilai sebagai perusahaan yang profesional dan terpercaya. Membangun kepercayaan pasar akan jauh lebih mudah jika menggunakan video marketing sebagai strategi pemasaran. Dari kepercayaan yang sudah terbentuk, akan lebih mudah untuk menawarkan produk atau layanan.

Baca Juga: 8 Aplikasi Edit Video Di HP Untuk Pebisnis

2. Dapat Menjangkau Pasar secara Lebih Luas

Menjangkau Pasar Lebih Luas dengan Video Marketing

Di era digital seperti sekarang ini, bukan hal yang sulit untuk menjangkau pasar yang luas. Tidak hanya dalam negeri, sebuah produk atau layanan bahkan bisa dikenal hingga mancanegara. Pencapaian itu bisa terwujud dengan menerapkan strategi video marketing. Sebuah video perlu dikemas dengan sangat menarik atau memasukkan unsur yang unik. Keunikan itu biasanya menjadikan video marketing menjadi viral dan akan semakin mudah menjangkau pasar yang luas tanpa perlu mengeluarkan budget lebih untuk iklan.

3. Dapat Memperkuat Citra Merk

Memperkuat Citra Merek

Manfaat video marketing juga bisa dirasakan dalam hal branding atau memperkuat citra. Di mata konsumen, brand atau merk yang menggunakan konten marketing melalui video cenderung mendapatkan apresiasi yang lebih tinggi dibandingkan marketing melalui teks. Tak heran jika kebanyakan brand besar menerapkan strategi video marketing untuk memasarkan produk atau layanannya. Pastinya usaha itu perlu didukung dengan ide pembuatan video marketing yang berkelas dan profesional.

4. Mampu Mempengaruhi Audiens dengan Mudah

Audiens Lebih Mudah Terpengaruh dengan Video Marketing

Otak manusia didesain lebih mudah terpengaruh secara emosional saat melihat penggambaran secara visual dibandingkan melalui teks. Oleh karena itu, video merupakan bentuk konten yang paling mudah mempengaruhi audiens. Membuat video marketing yang berkesan mendalam tentu dapat membuat target pasar semakin tertarik emosional. Audiens akan lebih mudah penasaran untuk mencoba produk atau layanan yang ditawarkan tersebut. Dengan begitu perusahaan akan mendapat keuntungan yang lebih besar.

5. Dapat Mendukung Email Marketing

Manfaat video marketing berikutnya adalah mampu mendukung email marketing. Email marketing termasuk dalam salah satu strategi marketing yang masih paling efektif untuk era digital ini. Hal tersebut disebabkan karena email marketing langsung tertuju pada target pasar sehingga bisa mendatangkan keuntungan lebih terjamin daripada alat pemasaran lainnya. Pengiklan bisa mengisi link berupa video blog yang menarik pada email marketing. Dengan begitu target pasar tidak akan merasa bosan untuk mendapatkan berbagai email dari pengiklan.

Baca Juga: 8 Tips Membuat Feed Instagram Menarik Agar Banjir Follower

6. Menjadikan Iklan Lebih Efektif

Manfaat Vieo Marketing Akan Membuat Iklan Semakin Efektif

Membuat video sebagai konten iklan suatu produk atau layanan memang membutuhkan proses yang panjang. Setiap tahapnya membutuhkan detail yang perlu dipikirkan secara mendalam. Konsep nya pun harus jelas jika ingin menghasilkan konten video yang bagus dan berkualitas. Namun hasil yang didapat dari serangkaian proses yang rumit dan panjang itu bisa sangat memuaskan. Video marketing bisa memberikan hasil iklan yang efektif dengan kemampuannya memengaruhi dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Manfaat video marketing sudah terbukti jelas untuk meningkatkan kesadaran pasar terhadap sebuah produk atau layanan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas video yang bisa terwujud melalui tahap yang mendalam serta tenaga ahli yang profesional. Pastikan juga selalu ada konsep khusus sesuai dengan tujuan dibuatnya video marketing.

Mau bikin video marketing? Yuk coba kontak tim Buzzup.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *