Marketing

4 Manfaat Menggunakan Jasa Press Release

Menggunakan jasa press release aadalah salah satu strategi marketing yang bisa digunakan oleh perusahaan/brand. Hal ini sudah sangat umum dilakukan sejak industri periklanan masih lebih bersifat tradisional sampai sekarang ketika industri periklanan sudah bergeser ke arah digital.

Banyak perusahaan/brand yang sudah merasakan manfaat dari menggunakan jasa press release. Itulah mengapa jasa press release tetap populer dan sering digunakan.

Baca Juga: 4 Perbedaan antara Influencer dan Key Opinion Leader

Berikut ini kami rangkum mengenai apa itu jasa press release dan manfaat menggunakan jasa press release.

Apa Itu Press Release

Jasa press release, kenapa penting?
Source: Shifts4shop.com

Menurut Wikipedia, press release yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai siaran pers adalah tulisan atau rekaman yang ditujukan langsung kepada media dengan tujuan untuk mengumumkan sesuatu yang memiliki nilai berita agar terpublikasi di media masa.

Press release sering dilakukan berbagai pihak untuk berbagai kepentingan mulai dari lembaga pemerintah, instansi, sampai perusahaan-perusahaan besar maupun kecil. Hal ini dilakukan supaya informasi terbaru mengenai lembaga/instansi/brand tersebut mendapatkan publikasi yang memadai dan sesuai dengan tujuan mereka. Bagian akhir press release biasanya berisi latar belakang berisi informasi singkat yang bisa digunakan oleh wartawan untuk memperkaya tulisan laporan mereka.

Di masa sekarang biasanya siara pres dikirim melalui email kepada editor, wartawan, atau sekretaris redaksi berbagai media baik itu surat kabar, majalah, stasiun radio, televisi, dan saat ini termasuk juga media online. Terkadang press release dikirim dalam bentu pers tunda atau undangan untuk menghadiri konferensi pers.

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan media untuk mengolah press release yang mereka terima. Mereka bisa mempublikasikan apa adanya, atau menulis ulang untuk disesuaikan dengan format yang lebih sesuai dengan media mereka. Selain itu mereka juga bisa memadatkan informasi yang dianggap terlalu bertele-tele atau justru menambah informasi dari sumber-sumber lain baik itu tertulis maupun wawancara untuk melengkapi berita.

Selain untuk kepentingan berita, press release juga kerap digunakan untuk kepentingan marketing. Caranya adalah brand atau pemilik usaha menyiapkan draft siaran pers berisi promosi. Nantinya konten ini akan dipublikasikan oleh media dengan gaya jurnalistik. Oleh karena itu press release juga biasanya dikirim sudah dalam format jurnalistik.

Manfaat Menggunakan Jasa Press Release

Ada banyak manfaat menggunakan jasa press release sesuai dengan tujuannya masing-masing. Berikut ini kami rangkum manfaat press release untuk marketing produk atau jasa:

1. Meningkatkan Reputasi Brand

Karena dimuat dalam format berita jurnalistik, informasi yang disampaikan dalam press release miliki reputasi yang lebih baik serta meningkatkan kepercayaan masyarakat. Dibanding dengan iklan biasa, press release bisa meningkatkan branding secara lebih positif.

Selain itu, press release yang dilengkapi dengan hasil penelitian dan pendapat para ahli jugag bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand.

2. Nilai Iklan

Meski dibuat dalam format berita jurnalistik, press release tetap mengandung nilai iklan karena di dalamnya mengandung informasi mengenai produk yang diperjualbelikan. Jadi penggunaan press release memiliki dua dampak positif sekaligus yaitu mengumumkan hal baru terkait produk/brand, sekaligus mempromosikannya.

3. Target Audiens Lebih Luas

Biasaya press release dikirimkan ke banyak media sekaligus. Hal ini bisa memperluas target audiens karena masing-masing media memiliki pembacanya masing-masing. Selain itu, biasanya media-media ini akan mempublikasikan press release dalam waktu yang hampir bersamaan. Publikasi besar-besaran seperti ini akan secara tidak langsung meningkatkan hype masyarakat terhadap produk/brand.

4. Biaya Terjangkau

Jasa pembuatan press release yang ditawarkan oleh digital marketing agency biasanya membutuhkan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan iklan berbentuk lain. Pembuatan press release dilakukan secara profesional dengan fokus pada audiens tertarget. Digital marketing agency yang digunakan jasanya akan memilik media mana saja yang cocok untuk menerbitkan press release sesuai dengan bidang produk/jasa yang ditawarkan sehingga hasil yang diharapkan bisa lebih optimal.

Itu tadi beberapa manfaat menggunakan jasa press release. Metode ini terbukti berhasil diterapkan sebagai salah satu strategi marketing yang sudah dilakukan oleh berbagai pihak selama bertahun-tahun. Karena sifatnya yang terlihat lebih alami, metode ini berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat dan masih menjadi salah satu metode marketing yang paling banyak digunakan.

Baca Juga: Pelanggan Sering Kabur? Coba Tips Mendapatkan Leads Bisnis

Mau bisnis Anda diliput oleh media terkenal? Yuk, bisa tanya-tanya langsung di Buzzup.id. Kami Creative & Digital Agency di Jakarta yang ingin membantu bisnis Anda untuk lebih melek digital. Kami akan membawa bisnis Anda menjadi lebih berkembang dan dikenal luas melalui jasa press release.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *