Bisnis

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan

Source: Shershidsky.ur
Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap pemilik usaha wajib memahami struktur organisasi. Dengan memahami struktur organisasi, pemilik usaha dapat membuat struktur organisasi perusahaan dan mengetahui tugas sesuai peran masing-masing. Hasilnya, proses yang berjalan di perusahaan pun menjadi lebih efektif karena setiap struktur memiliki tanggungjawab dan tugas masing-masing.

Pengertian

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan
Sumber Gambar: Officenow

Struktur organisasi perusahaan adalah susunan atau tingkatan berisi pembagian tugas dan peran individu sesuai jabatannya di perusahaan.

Struktur perusahaan umumnya dibuat berupa garis hierarki atau bagan yang dilengkapi deskripsi dari masing-masing komponen perusahaan. Tujuan utama dibuat struktur ini adalah agar perusahaan lebih mudah membagi tugas untuk tiap individu dalam menjalankan bisnis atau perusahaan.

Perusahaan akan terbantu untuk menempatkan sumber daya manusia yang kompeten sesuai dengan bidang keahliannya. Umumnya, perusahaan yang sukses adalah yang memiliki struktur organisasi yang jelas. Sehingga operasional perusahaan pun dapat berjalan dengan baik dan dapat berkembang untuk mencapai visi misi perusahaan.

Baca Juga: Besar dan Bonafit, 7 Daftar Perusahaan Keluarga Di Indonesia yang Masih Eksis

Fungsi

Struktur Organisasi Perusahaan
Sumber Gambar: SamahitaWirotama

Struktur organisasi memiliki peranan yang sangat penting untuk perusahaan. Struktur ini dapat menjadi pedoman bagi perusahaan terkait manajemen untuk membuat strategi dan mencapai target yang sudah ditentukan. Jika strukturnya tidak jelas, maka perusahaan tersebut akan sulit berkembang. Berikut ini adalah beberapa fungsi struktur organisasi.

Menjelaskan Tanggungjawab Setiap Individu di Perusahaan

Setiap orang yang bekerja di perusahaan memiliki tanggungjawab dan peran masing-masing yang perlu dikerjakan. Posisi yang diberikan juga harus sesuai potensi dan keahlian karyawan. Di setiap posisi ini nanti akan ada kewajiban yang harus dilakukan dan dipertanggungjawabkan.

Menegaskan Hubungan Profesional

Adanya Struktur pada perusahaan memungkinkan setiap karyawan mengetahui bagaimana alur hubungan kerja di perusahaan. Seperti adanya batas tanggung jawab dari masing-masing peran, siapa saja yang dapat diajak berkolaborasi dan berkoordinasi. Dengan begitu akan lebih mudah menemukan siapa yang paling bertanggungjawab atas tugas tersebut.

Mendeskripsikan Rincian Tugas

Jika tugas dari setiap peran telah dijelaskan disertai dengan rincian yang jelas, setiap karyawan tentu akan merasa terbantu dan mengetahui apa tujuannya. Dari sisi karyawan, mereka akan lebih membuat strategi yang sesuai karena dapat fokus dan konsentrasi di bidang sesuai keahliannya. Sementara itu pihak atasan akan lebih mudah melakukan proses controlling dan pengawasan kinerja karyawan.

Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan

Manfaat adanya Struktur dalam perusahaan
Sumber Gambar: Belajar Ekonomi

Sampai saat ini masih ada perusahaan yang belum memiliki struktur organisasi karena berbagai alasan. Padahal, dengan fungsi yang telah disebutkan di atas, ada banyak manfaat yang dapat dirasakan. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Adanya Komunikasi Positif Dari Setiap Peran

Dengan struktur organisasi yang baik, komunikasi antar karyawan dan tim yang terbentuk akan lebih baik. Mereka dapat berkolaborasi sesuai dengan tanggungjawabnya masing-masing. Atasan juga akan lebih mudah membagi tugas kepada anggota tim sesuai kemampuannya. Selain itu, struktur organisasi juga dapat menghindari duplikasi pekerjaan dan membantu pengambilan keputusan.

2. Operasional Lebih Efisien

Sistem operasional dan berbagai kebutuhan akan terpenuhi secara lebih efisien ketika perusahaan memiliki struktur organisasi yang tertata. Pasalnya struktur organisasi memiliki deskripsi yang berisi prosedur dari setiap tugas sehingga setiap tim dapat memaksimalkan kinerjanya.

3. Meminimalisir Kemungkinan Konflik Antar Peran

Konflik merupakan sesuatu yang wajar terjadi di perusahaan. Dengan adanya struktur organisasi, karyawan akan lebih fokus sesuai dengan tugasnya masing-masing. Beberapa konflik dari saling melempar tanggung jawab pun bisa diminimalisir.

4. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Jika struktur organisasi serta tanggung jawab dari setiap peran disosialisasikan kepada karyawan dengan baik, maka karyawan akan semakin mudah memahami tugasnya masing-masing. Sehingga tanggungjawab pun akan mudah dibagi. Hal ini tentu berdampak pada produktivitas kerja.

Di sebuah perusahaan, struktur organisasi sebaiknya dicetak dengan ukuran lebih besar. Kemudian di tempel di tempat yang mudah dilihat oleh semua karyawan. Tujuannya sebagai pengingat karyawan dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Dalam organisasi, ada beberapa posisi yang wajib masuk yaitu direksi, manajer, departemen/divisi, dan administrasi.

Posisi tersebut tentu sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan peran-peran yang ada di perusahaan. Tergantung dari kondisi setiap perusahaan yang memiliki komponen karyawan yang berbeda-beda. Namun, keempat posisi tersebut biasanya selalu ada di semua jenis perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat Website Company Profile Terbaik

Demikian sedikit ulasan mengenai struktur organisasi perusahaan. Dengan fungsi dan manfaat yang diberikan, maka sudah saatnya perusahaan yang belum memiliki struktur organisasi dapat segera merumuskannya. Bagi Anda yang sedang mendirikan perusahaan dapat membuat struktur organisasi ini sebagai bagian dari perencanaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *