Web Development

Ini Dia Cara Membuat Web WordPress Bagi Pemula

WordPress adalah salah satu CMS atau platform pembuatan website yang paling populer. Banyak orang yang juga mengatakan bahwa membuat website dengan WordPress cenderung lebih mudah. Apalagi ditambah dengan fitur-fitur lengkap yang ditawarkannya. Bila Anda tertarik untuk membuat website dengan WordPress, simak penjelasan lengkap cara membuat web WordPress di bawah ini.

Cara Membuat Website di WordPress

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat website dengan WordPress:

1. Menentukan jenis website dan topiknya

Ketika Anda akan membuat sebuah website, maka Anda harus tau terlebih dulu perihal jenis website yang akan Anda buat, apakah untuk pribadi atau untuk bisnis? Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan konsep yang akan Anda gunakan.

Ada beberapa jenis website yang biasanya sering digunakan yaitu website toko online, website pribadi atau blog, website untuk portfolio, website forum dan juga portal berita.

Baca Juga: Mengenal Core Web Vital Dalam Perangkingan Website

Jika website yang akan Anda buat adalah website pribadi, maka Anda juga harus menentukan topik atau fokus utama website Anda. Misalnya, Anda akan mengisi konten di blog atau website Anda dengan yang berkaitan dengan traveling, kuliner ataupun fotografi.

Ini langkah mudah dalam cara membuat web WordPress

2. Buat nama domain dan pilih web hosting

Saat Anda menentukan untuk membuat website dengan WordPress, maka Anda pun harus membuat nama domain dan memilih web hosting. Ini dilakukan agar website yang Anda miliki bisa diakses semua orang.

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data-data website Anda. Hosting sendiri punya dua jenis, yaitu shared hosting atau hosting yang berada pada server yang juga dapat digunakan oleh beberapa orang, di mana harga yang ditawarkan tentu lebih murah. Dan ada juga cloud hosting yaitu layanan hosting yang disimpan dalam server dan terhubung dengan internet, di mana jumlah servernya lebih dari satu.

Anda juga harus membuat nama domain, di mana nama ini akan merepresentasikan website Anda. Karena itulah, sebaiknya Anda memilih nama domain dengan matang. Sebaiknya gunakan nama domain yang mudah diingat, sehingga website Anda pun akan lebih mudah dicari orang.

3. Install WordPress

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menginstall WordPress, yaitu secara otomatis ataupun manual. Setelah Anda membeli hosting, Anda akan mendapatkan detail akun yang akan dikirim melalui email yang sudah Anda daftarkan.

Jika Anda membuat website WordPress self-hosted, Anda dapat menginstall WordPress lewat aplikasi installer website bawaan dari cPanel seperti Softtacolous.

  • Buka alamat website WordPress dan pilih Mulai Situs Web Anda
  • Masukkan email pengguna, nama pengguna dan juga password. Lalu pilih Buat Akun Anda
  • Anda dapat memilih 4 pilihan jenis website, Blog, Business, Profesional, dan Online Store. Misalnya Anda dapat memilih Blog.
  • Masukkan kategori website Anda, misalnya Digital Marketing, lalu klik Continue.
  • Lalu Anda akan diminta menjelaskan nama website Anda, yang nantinya juga dapat Anda ubah kembali. Kemudian klik Continue.
  • Masukkan nama domain website Anda. Pilih bagian Free.
  • Kemudian pilih Start With A Free Site. Kemudian Anda akan masuk ke dashboard blog WordPress.

4. Buka dashboard WordPress

Cara membuat WordPress berikutnya adalah membuka dasbor WordPress, di mana di sini Anda dapat mengelola website Anda seperti mengganti tema, menambahkan plugin, menambahkan halaman dan juga menerbitkan postingan.

Untuk membuka dasbor, Anda cukup menambahkan wp-admin di belakang domain website Anda. Kemudian masukkan username dan password yang Anda gunakan untuk menginstall WordPress.

Dasbor WordPress ini dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu toolbar, menu navigasi dan juga area kerja. Berikut penjelasannya:

  • Toolbar; tempat Anda mengelola profil Anda, berada di pojok kanan. Notifikasi komentar yang masuk pun akan berada di toolbar ini.
  • Menu navigasi; berisikan sebagian besar aktivitas pengelolaan WordPress seperti menerbitkan postingan, mengunggah media, mengelola komentar, menambah halaman, mengganti tema dan lainnya.
  • Area kerja; di sini terdapat 4 hal utama yaitu At a Glance yang menampilkan jumlah post, komentar, halaman dan versi WordPress yang Anda gunakan, Activity yang menunjukkan informasi mengenai postingan dan komentar terbaru, Quick Draft yang dapat Anda gunakan jika Anda mendapat ide artikel dan ingin cepat-cepat menuliskannya, dan juga WordPress News yang menampilkan berita terbaru tentang WordPress.

Begini cara membuat web WordPress

5. Memasang Tema WordPress

Pasang tema WordPress dapat dilakukan melalui dasbor, di bagian menu navigasi Appearance. Tema ini dapat kamu cari lewat kolom search di menu ataupun mengunggah tema sendiri melalui Upload Theme.

Baca Juga: Anti Ribet! Cara Membuat Website Toko Online Nggak Perlu Biaya Besar

6. Install Plugin

Langkah berikutnya adalah memasang plugin dengan tujuan meningkatkan kinerja WordPress. Plugin ini sangat banyak tersedia di WordPress. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

7. Posting artikel

Untuk membuat postinga, Anda dapat melakukannya dengan langkah membuka Add New yang berada di bawah Posts, ataupun pilih New lalu pilih Post di bagian toolbar atas. Lalu akan muncul editor blog post dengan beragam fiturnya.

Itu dia cara membuat WordPress yang bisa Anda terapkan jika Anda berkeinginan memiliki website pribadi ataupun profesional. Jika Anda masih bingung bagaimana cara membuat web WordPress, Anda bisa menggunakan layanan Buzzup.id. Buzzup.id akan membantu Anda membangun website bisnis profesional dengan CMS WordPress. Temukan penawaran terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *