Digital Marketing

Ini Dia Pentingnya Digital Marketing Dalam Bisnis!

Digital Marketing pada bisnis

Digital marketing adalah segala upaya atau kegiatan yang dilakukan perusahaan atau bisnis dalam memasarkan produk atau jasa mereka dengan menggunakan internet ataupun media digital lainnya. Kini, teknik pemasaran seperti ini sedang diminati dan dilakukan para pemilik bisnis, mengingat semakin majunya perkembangan teknologi serta semakin maraknya penggunaan internet.

Tujuan dari pemasaran lewat media digital dan internet ini tentunya adalah untuk dapat menarik konsumen dan juga calon konsumen dengan cepat. Dibanding dengan teknik pemasaran konvensional pun, cara ini terbilang lebih murah dalam segi biaya, tingkat visibilitas yang lebih tinggi serta lebih mudah diakses oleh konsumen atau calon konsumen Anda.

Pentingnya Digital Marketing

Dari penjelasan di atas, Anda pun tentu memahami bahwa ternyata digital marketing memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Nah, berikut ini adalah alasan mengapa teknik marketing ini harus masuk dalam strategi marketing bisnis Anda:

1. Menjangkau target konsumen dengan lebih mudah

Anda dapat lebih mudah menjangkau target konsumen Anda secara online. Apalagi semakin banyak orang yang menggunakan internet, baik untuk hiburan, pekerjaan dan juga kehidupan sehari-hari.

Karena hal inilah, Anda butuh marketing di dunia digital. Alasannya tentu saja karena target konsumen Anda sudah online dan menghabiskan banyak waktunya di internet, namun bisnis Anda tidak dapat mengikuti perkembangan zaman tersebut, maka hal ini hanya akan membuat bisnis Anda lama kelamaan hilang dan digantikan dengan bisnis lain yang dapat menjangkau target konsumennya secara online, sebagaimana perkembangan zaman yang mulai berubah.

Baca Juga: 7 Jenis Digital Marketing untuk Strategi Digital

2. Membangun kepercayaan konsumen pada bisnis Anda

strategi digital market

Kebanyakan konsumen, akan mencari beragam informasi terlebih dulu sebelum memutuskan membeli produk atau jasa. Mereka umumnya akan memanfaatkan internet untuk melakukan pengecekan tersebut, baik melihat website ataupun akun media sosial.

Dengan digital marketing, Anda akan dapat membangun kepercayaan konsumen pada bisnis Anda, hingga akhirnya mereka pun memutuskan untuk membeli produk atau jasa yang Anda jual.

3. Biaya pemasaran yang lebih sedikit

Bila Anda mencari cara memasarkan bisnis Anda dengan biaya yang terjangkau, namun dengan hasil yang baik, maka Anda bisa mencoba menggunakan saluran digital ini. Dibanding dengan pemasaran konvensional, dengan digital Anda dapat menghemat anggaran hingga 40%, sebagaimana disebutkan Gartner’s Digital Marketing Spend Report.

Bahkan di beberapa platform digital, Anda bisa mengatur sendiri biaya yang ingin Anda keluarkan, untuk memastikan biaya tersebut sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.

4. Membantu bisnis Anda lebih dikenal secara luas

Penerapan teknik pemasaran digital yang efektif akan membantu bisnis Anda lebih dikenal luas oleh audiens. Sekalipun calon pelanggan atau pelanggan Anda berada di ujung Indonesia, namun karena pemasaran digital lah, jarak dan waktu pun tidak lagi jadi kendala. Anda dapat memasarkan produk atau jasa Anda ke seluruh Indonesia.

5. Mempermudah membangun hubungan dengan konsumen

pentingnya digital marketing

Dengan teknik pemasaran digital, Anda tidak perlu lagi harus bertemu secara langsung dengan konsumen Anda untuk membangun hubungan baik dengan mereka. Kini, Anda hanya perlu melakukan interaksi secara online, melalui media sosial bisnis Anda, bangun engagement dengan audiens Anda dengan konten-konten menarik.

Baca Juga: Perkembangan Digital Marketing di Indonesia dan Tren Digital Marketing

6. Lebih mudah dalam mengukur efektivitas iklan

Berbeda dengan pemasaran konvensional, pemasaran digital ini lebih mudah untuk diukur efektivitasnya. Anda pun dapat memantau secara berkala terkait iklan atau konten yang Anda buat, untuk mengetahui seberapa banyak orang yang melihat iklan atau konten Anda, dan seberapa besar yang akhirnya melakukan pembelian setelah melihat iklan atau konten Anda. Anda pun bisa melakukan evaluasi yang tepat terkait hal tersebut.

Dengan pemasaran digital pun, Anda dapat menganalisis seluruh informasi terkait audiens seperti jenis kelamin, usia, minat, tempat tinggal, ataupun perangkat yang digunakan. Hal ini akan membantu Anda untuk merencanakan strategi yang tepat untuk dapat menarik audiens Anda tersebut.

Itulah beberapa alasan mengapa penting bagi sebuah bisnis untuk menerapkan strategi dalam pemasaran digital yang efektif. Hal ini tentunya dilakukan untuk keberlangsungan bisnis Anda agar bisa lebih berkembang dan dikenal banyak orang. Dengan begitu, bisnis Anda pun akan bisa bertahan lama dan lebih maju dibanding kompetitor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *