Marketing

Pengaruh Brand Ambassador pada Sebuah Brand dan Perusahaan

Pengaruh Brand Ambassador

Sering melihat wajah artis atau tokoh terkenal berseliweran mempromosikan sebuah produk di TV atau sosial media? Nah, kegiatan tersebut merupakan salah satu peran yang harus dilakukan oleh para artis saat menjadi brand ambassador sebuah brand maupun perusahaan. Apakah ada pengaruh Brand Ambassador dengan sebuah brand?

Mengingat perkembangan media sosial semakin berkembang pesat, banyak brand ternama yang membutuhkan sosok brand ambassador dalam mempromosikan produk ataupun jasa mereka. Maka tak heran, jika timeline di sosial media Anda bisa dipenuhi oleh wajah artis yang mengiklankan berbagai jenis produk.

Apa itu Brand Ambassador?

Menurut situs EveryoneSocial, brand ambassador merupakan seseorang yang melakukan promosi brand dan produk dengan menggunakan jaringan mereka dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness dan mendorong angka penjualan.

Seorang brand ambassador memiliki peran penting dalam meningkatkan citra brand yang mereka promosikan. Oleh sebab itu, mereka wajib menggunakan produk-produk tersebut. Jika seorang artis dipilih sebagai brand ambassador sebuah produk kecantikan maka mereka harus menggunakan produk tersebut secara terus-menerus sesuai periode waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga: 4 Tips Bekerjasama Dengan Content Creator

Tak hanya lewat sosial media, brand ambassador juga harus menghadiri setiap event offline yang diadakan oleh brand atau perusahaan. Umumnya, beberapa perusahaan memilih brand ambassador dengan melihat tingkat kepopulerannya di tengah masyarakat, sebut saja, aktor, atlet, musisi, komedian, dan tokoh berpengaruh lainnya.

Namun, populer dan memiliki wajah yang good looking saja tak cukup. Brand ambassador juga harus memiliki value lain dalam diri mereka. Sebagai icon utama sebuah brand, tentu juga harus memiliki skill komunikasi yang bagus, sehingga mereka tak hanya sekedar mengandalkan wajah untuk menarik konsumen.

Tanggung Jawab?

Brand ambassador skincare

Source: https://glints.com/

Tugas dan tanggung jawab yang harus diemban oleh brand ambassador pada dasarnya tidaklah mudah. Sebagai “wajah” sebuah brand dan perusahaan, mereka wajib untuk terus menghadirkan citra positif di tengah masyarakat. Secara garis besarnya, berikut adalah tugas dan tanggung jawab dari para brand ambassador.

  • Mengerti dan memahami visi misi perusahaan
  • Menghadirkan citra positif sebagai perwakilan brand dan perusahaan
  • Ikut serta dalam pembuatan konten termasuk menulis artikel blog hingga membuat caption di sosial    media.
  • Berpartisipasi pada setiap event marketing baik itu offline maupun online
  • Bekerja sama dengan tim sales dan marketing untuk menjalankan strategi campaign
  • Membangun brand awareness lewat teknik word of mouth marketing
  • Selalu membangun opini positif terkait brand dan perusahaan
  • Memberikan inovasi ataupun saran pada sebuh produk baru yang akan launching
  • Mempromosikan brand lewat jejaring sosial media pribadi
  • Menjaga hubungan baik dengan para vendor dan pihak-pihak lain terkait penjualan dan layanan perusahaan
  • Memantau segala jenis feedback dari para pelanggan

Manfaat?

Menjaga Reputasi Brand dan Perusahaan

Kehadiran brand ambassador berpengaruh besar terhadap reputasi sebuah brand dan perusahaan. Jika seorang brand ambassador terlibat dalam sebuah skandal atau issue politik misalnya, maka citra dari brand tersebut bisa saja merosot.

Sebaliknya, citra yang positif yang dihadirkan justru bisa mengangkat reputasi dari brand tersebut kembali. Terlebih jika para brand ambassador tersebut memiliki banyak fans yang setia dan percaya kepada mereka.

Mendekatkan Brand pada Customer

Menarik hati konsumen untuk mau membeli dan menggunakan sebuah produk tidaklah mudah. Hal ini justru berbeda saat seorang brand ambassador dengan nama yang sangat populer mempromosikan dan memperkenalkan sebuah produk kepada konsumen.

Di sinilah peran besar dari seorang brand ambassador dalam mendekatkan konsumen dan produk yang mereka iklankan.

Baca Juga: 6 Trik Psikologi Marketing untuk Tingkatkan Penjualan

Memberikan Ulasan Positif

Untuk meningkatkan brand awareness maka brand ambassador perlu untuk memberikan ulasan yang baik. Tidak bisa dipungkiri jika review buruk akan selalu muncul pada setiap jenis produk apapun. Namun, ulasan positif dari seorang brand ambassador bisa menutupi ulasan buruk lainnya.

Umumnya, pihak perusahaan dan brand ambassador telah melakukan perjanjian sebelumnya terkait brand awareness ini.

Meningkatkan Citra Brand

Secara keseluruhan, para brand ambassador adalah wajah utama dari sebuah brand. Oleh sebab itu, mereka wajib membangun citra brand yang positif di tengah konsumen. Citra positif yang dibangun tentu berperan penting dalam meningkatkan brand awareness serta penjualan suatu brand.

Pekerjaan menjadi seorang brand ambassador memang cukup menarik dan menggiurkan. Namun, dibalik itu semua terdapat beban dan tanggung jawab yang sangat berat demi menjaga nama baik brand dan juga perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *