Web Development

3 Cara Update PHP WordPress dan Alasan Mengapa Harus Upgrade

Cara Update PHP Wordpress

Apakah Anda tahu bagaimana cara update PHP WordPress. WordPress menjadi salah satu teknologi yang banyak digandrungi pebisnis masa kini khususnya pebisnis online. Untuk menunjang kemudahan pengguna WordPress juga ikut berkembang seiring perkembangan versi PHP.

Jika Anda seorang marketer atau pebisnis yang bergantung pada WordPress pastinya akan kebingungan jika mendapat notifikasi eror secara tiba-tiba. Salah satu notif eror yang pasti pernah dirasakan pengguna WordPress adalah “PHP Update Required”.

Namun tidak semua pengguna WordPress bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Kali ini, Buzzup.id akan mencoba membantu Anda dalam memahami uodate PHP WordPress. Simak terus sampai usai, agar Anda mampu memahaminya dengan baik.

Mengenal PHP pada WordPress

Jika Anda bekerja pada dunia IT, pastinya Anda sudah tidak asing dengan PHP. Hypertext Prepocessor atau lebih dikenal dengan PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat WordPress dan beberapa web dinamis lainnya.

Bahasa pemrograman ini banyak digunakan karena memiliki sifat open source yang dapat digunakan untuk membuat dan menjalankan instruksi secara bebas. PHP memungkinkan penggunanya memodifikasi dan mengembangkan coding sesuai kebutuhannya.

Baca Juga: Tutorial Membuat Landing Page Mobile Friendly Menggunakan WordPress

Alasan Mengapa Harus Update PHP WordPress

Jika Anda masih awam dengan kata PHP maka akan dijelaskan singkat, dimana PHP adalah bahasa pemrogramana dari WordPress. Dimana jika versi PHP meningkat, maka WordPress juga akan berkembang dan jika PHP tidak di update, WordPress tidak akan bisa diakses.

Ada beberapa alasan lain yang mendasari update PHP pada WordPress, seperti beberapa alasan dibawah ini:

1. Fixing Bug dan Penyempurnaan Sistem Sebelumnya

Pembuatan sebuah program pastinya dilakukan dengan program sederhana yang terus ditingkatkan dan di sempurnakan. Begitu juga dengan PHP, dimana penyempurnaan ini juga dimaksudkan untuk memperbaiki bug atau malfungsi sistem pada versi terdahulu.

Dengan meningkatkan versi PHP, kemungkinan kegagalan sistem maupun eror bisa sedikit teratasi.

2. Tingkat Keamanan Sistem yang Lebih Baik

Alasan berikutnya adalah memperbaiki keamanan sistem. Tidak hanya sistem yang terus berkembang namun oknum hacker juga makin meresahkan. Untuk mencegah data Anda di hack untuk maksud apapun Anda perlu meningkatkan PHP untuk keamanan yang lebih baik.

Versi PHP terbaru pastinya akan mendukung fitur enkripsi dengan keamanan yang lebih sulit ditembus. Dengan begitu celah pada versi sebelumnya bisa teratasi dengan tingkat keamanan yang lebih mutakhir.

3. Performa Website Lebih Baik

Dengan sistem yang diperbarui versi PHP akan memproses website Anda lebih cepat. Hal ini secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada performa website Anda. Sehingga menjadi top website rekomendasi bukan lagi hal yang sulit untuk dicapai.

Dengan loading halaman yang lebih cepat, pengunjung akan lebih senang menggunakan website Anda dari sebelumnya. Selain itu signal SEO juga akan lebih baik dengan kecepatan loading yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Menghemat Resource pada Hosting

Versi terbaru juga menggunakan struktur bahasa pemograman yang lebih optimal. Sehingga resource yang dibutuhkan akan lebih sedikit dan akan menghemat kapasitas RAM yang dibutuhkan untuk kinerja sistem.

Hal ini didukung dengan lebih lengkapnya abstract syntax tree yang berfungsi untuk kemudahan coding parsing PHP dan mengurangi eror saat proses develop. Sehingga penulisan coding akan lebih simple dari pada sebelumnya.

5. Gratis

Jika mendengar kata gratis pastinya akan membuat setiap orang tergiur. Nah, Anda tidak perlu ragu untuk update PHP pada WordPress Anda. Karena tidak ada pemungutan biaya untuk update PHP secara mandiri.

Baca Juga: 7 Platform CMS Untuk Website Terbaik Untuk Dicoba

3 Cara Update PHP WordPress

Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan update PHP pada WordPress yang Anda kelola. Adapun beberapa cara tersebut akan dirangkum pada pembahasan di bawah ini:

1. Cara Update PHP WordPress Melalui cPanel

Cara Update PHP WordPress dengan Cpanel

Cara Update PHP WordPress dengan Cpanel

Jika Anda ingin mengupdate PHP melalui cPanel namun Anda merasa awam dan bingung, maka Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini secara beruntut.

  • Langkah pertama adalah melakukan login cPanel seperti biasanya.
  • Selanjutnya pilih menu “File Manager” untuk mengakses file “.htaccess”.
  • Edit file tersebut dengan klik kanan dan pilih “Edit”.
  • Sesuaikan script dengan versi terbaru Anda bisa menambahkan kode script dibawah ini:
  • Pastikan versi PHP yang Anda gunakan compatible dengan laptop Anda.
  • Lakukan penyesuaian versi PHP terbaru pada WordPress, dan website Anda siap digunakan

Anda juga dapat mengupdate PHP melalui submenu “Software” pada tampilan awal cPanel, pilih menu “Select PHP Version”. Setelah proses selesai Anda tinggal memilih “Current PHP version” dan memilih versi yang tersedia.

2. Cara Update PHP WordPress Melalui SSH

Melakukan update dengan SSH

Cara Updtae PHP WordPress dengan SSH

Selain melalui cPanel update PHP WordPress juga dapat Anda lakukan melalui SSH. Untuk cara ini sebenarnya berbeda antara jenis server satu dengan yang lain. Jadi antara server Mac OS dan sistem windows memiliki cara yang berbeda juga.

Jika Anda mengakses PHP dari terminal, maka Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  • Masuk ke terminal SSH Anda.
  • Kemudian masuk ke home director dengan mengetik “cd” lalu enter.
  • Buka file “.bashrc” dengan perintah “nano .bashrc” lalu enter.
  • Tambahkan kode “alias php=/opt/cpanel/ea-php73/root/usr/bin/php”, sesuaikan versi php dengan versi yang Anda inginkan.
  • Lalu save perintah dengan shortcut “ctrl + O” lalu enter kemudian exit nano dengan shortcut “ctrl + X”.
  • Lalu cek file “.bashrc” yang telah Anda edit dengan perintah “source . bashrcenter dan lanjut dengan perintah “php –version” untuk mengecek apakah PHP berhasil di update.

3. Cara Update PHP WordPress Melalui WHM

Menggunakan WHM

Cara Update PHP WordPress dengan WHM

Untuk pengguna web hosting pasti tidak asing dengan WHM, caranya cukup mudah Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah awal pastinya adalah mengakses WHM yang Anda miliki, cari menu software pada menu bar di pojok kiri atas.
  • Pilih menu MultiPHP Manager.
  • Setelah itu akan muncul tab kolom status, pada bagian set kolom PHP version akan muncul versi PHP yang Anda gunakan.
  • Klik tombol dropdown untuk memilih versi yang Anda inginkan.
  • Tunggu hingga muncul notifikasi sukses dengan pop up hijau dan PHP web sudah berganti menjadi versi yang Anda inginkan.

Sebelum menggunakan ketiga cara diatas, ada baiknya Anda memeriksa kompatibilitas dari perangkat yang Anda gunakan terhadap versi yang akan Anda gunakan. Anda bisa menggunakan PHP Compatibility Checker.

Kesimpulan

PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan WordPress, yakni saat versi PHP diperbarui otomatis WordPress juga akan meningkatkan sistemnya. Hal ini dikarenakan pengembangan vesi akan mempengaruhi banyak sektor pada situs web Anda.

Dengan melakukan update PHP WordPress Anda juga akan meningkatkan performa website dan keamanan website yang Anda kelola, selain itu versi terbaru yang mendukung abstract syntax tree akan lebih menghemat kapasitas RAM yang dibutuhkan.

Ada 3 cara update PHP WordPress yang bisa Anda lakukan, yaitu cara update PHP melalui cPanel, SSH dan juga WHM. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kompatibilitas terhadap PHP yang akan Anda gunakan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *