Banyaknya pengguna media sosial, membuat platform ini bisa dijadikan ladang promosi yang potensial. Salah satu yang biasanya dilakukan brand adalah dengan menggandeng content creator untuk mempromosikan brand mereka. Nah, bila Anda tertarik untuk melakukan strategi promosi ini, Anda harus tau tips bekerjasama dengan content creator, agar tujuan promosi brand Anda bisa tercapai.
Definisi Content Creator
Sebelum itu, Anda pun harus paham tentang apa itu content creator. Jadi, content creator adalah orang yang bekerja membuat konten, termasuk konten promosi bisnis. Content creator ini punya tugas membuat konten yang sesuai tujuan pembuatannya. Tugas content creator lainnya juga adalah mengumpulkan ide dan data, lalu melakukan riset untuk bisa membuat konsep untuk konten yang akan dibuat. Konten ini dibuat berdasar keinginan klien, sesuai dengan identitas serta branding, dan untuk memenuhi tujuan yang ada.
Jenis kontennya yang dibuat bisa beragam, dapat berupa artikel, video, foto, infografik, podcast, digital art dan lainnya. Konten yang dibuatnya tersebut pun dapat dibagikan di beragam platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, YouTube ataupun blog.
Baca Juga: Apa itu Content Creator dan Bagaimana Menjadi Seorang Content Creator?
Tidak sedikit brand atau bisnis yang melakukan Kerjasama dengan para content creator untuk tujuan-tujuan tertentu, seperti membangun dan meningkatkan brand awareness di platform media sosial ataupun mempromosikan produk atau jasa dari bisnis Anda.
Ada beberapa alasan mengapa jasa content creator terbilang dibutuhkan dalam promosi bisnis atau brand, yaitu bekerjasama dengan content creator akan membuat Anda lebih mudah memiliki konten-konten menarik secara konsisten, di mana hal ini pun akan berkaitan dengan engagement media sosial brand atau bisnis Anda bahkan juga berkaitan dengan tingkat penjualan.
Content creator pun punya peran dalam menciptakan serta mempertahankan branding dari sebuah bisnis, menciptakan konten yang dibutuhkan dan dicari pelanggan, serta membantu konten Anda untuk lebih mudah ditemukan dan menyebarkan konten tersebut dengan lebih luas.
Tips Bekerjasama Dengan Content Creator
Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik brand atau bisnis untuk menerapkan strategi content marketing dengan bantuan content creator ini, yaitu:
1. Menyesuaikan platform dan ciri khas brand
Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah melakukan persiapan, seperti menentukan platform apa yang akan Anda gunakan, seperti Instagram, Facebook, YouTube atau yang lainnya. Untuk menentukan ini, Anda harus melakukan riset terlebih dulu, misalnya platform manakah yang banyak mendapat perhatian pelanggan, dan platform mana yang pas dengan ciri khas brand atau bisnis Anda.
2. Pemilihan content creator
Setelah itu, Anda dapat mencari content creator yang tepat. Anda dapat bekerjasama dengan digital agency, ataupun menentukannya sendiri bersama dengan tim marketing Anda. Lagi-lagi, Anda pun harus memilih content creator yang sesuai dengan branding bisnis atau brand Anda, dan pastikan content creator tersebut memiliki audiens yang memang merupakan target market Anda.
Tiap content creator pun punya fokus atau keahlian masing-masing, maka Anda pun harus sesuaikan dengan kebutuhan promosi Anda. Anda dapat melihat hasil kerja atau portfolio mereka untuk mempertimbangkannya.
3. Informasikan konten yang diinginkan
Hal yang wajib menjadi perhatian bagi pemilik brand atau bisnis adalah menginformasikan pada konten kreator tentang konten yang Anda inginkan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi miss-komunikasi.
Anda harus memberi detail-detail seperti bagaimana isi serta pesan yang harus terdapat di konten yang dibuat, tujuan konten tersebut, ciri khas postingan, dan lainnya, yang berkaitan dengan ciri khas brand, waktu postingan serta tujuan konten dibuat.
Anda pun dapat memberikan referensi konten bila dibutuhkan. Hal ini akan mengurangi risiko terjadinya salah persepsi saat menginterpretasikan informasi konten.
Baca Juga: Influencer dan Manfaatnya Untuk Bisnis, Apa Keuntungannya?
4. Membayar jasa content creator
Bekerjasama dengan content creator, berarti Anda pun harus melakukan kewajiban Anda untuk membayar jasa mereka tepat waktu sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat. Soal harga pun sangat variatif, tergantung konten apa yang dibuat dan juga seberapa besar efek yang diberikan konten kreator.
Dari artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya peranan konten kreator dalam bisnis atau sebuah brand bisa dibilang sangat penting, terutama untuk membuat brand Anda dikenal di antara para audiens yang konten kreator miliki. Bukan hanya itu saja, jasa konten kreator pun mampu membantu tujuan promosi yang Anda inginkan.
Mau bekerjasama dengan Content Creator tapi bingung menghubunginya? Biar Buzzup yang kerjakan. Hubungi Tim Buzzup.id sekarang untuk bekerjasama dengan Content Creator yang cocok dengan bisnis Anda.