Banyaknya orang yang menggunakan Facebook, sebenarnya dapat menjadi sebuah kesempatan emas bagi para pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka jual. Nah, untuk menjangkau para pengguna Facebook ini, Anda dapat memanfaatkan Facebook Ads. Bahkan fitur Facebook Ads yang ada pun sangat bermanfaat bagi bisnis Anda.
Facebook Ads sendiri adalah sebuah media beriklan berbayar yang mana menjadikan pengguna Facebook sebagai audiensnya. Iklan yang Anda buat akan ditempatkan di beranda atau sidebar. Berdasar bentuknya, ada dua jenis iklan yaitu iklan video dan iklan bergambar. Dan Facebook Ads pun mempunyai beberapa kategori iklan berdasar tujuannya, seperti Traffic, Engagement, Lead Generation dan lainnya.
Sebelum mengetahui tentang fitur Facebook Ads apa saja yang bisa Anda maksimalkan penggunaannya untuk meningkatkan bisnis Anda, berikut ini adalah beberapa hal penting terkait Facebook Ads.
Baca Juga: Cara Mudah Menjalankan Facebook Ads
Kelebihan Facebook Ads
Berikut ini mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi pemilik bisnis, mengapa mereka harus beriklan di Facebook Ads:
- Memiliki banyak pengguna aktif; bukan hanya jumlahnya yang banyak, namun pengguna Facebook pun aktif. Bahkan orang-orang di Indonesia bisa menghabiskan waktu rata-rata 3 jam 23 menit per harinya di Facebook.
- Memiliki beragam demografi; demografi dari pengguna Facebook pun beragam, baik dalam hal jenis kelamin ataupun usia.
- Target yang spesifik; dengan banyak pengguna aktif dan juga beragam demografi, akan membuat Anda dapat menentukan target iklan dengan lebih spesifik. Anda dapat mempersempit ruang lingkupnya berdasar usia, lokasi ataupun juga minat.
- Biaya yang murah; dibanding media beriklan lainnya, Facebook Ads ini punya kelebihan yaitu biayanya yang lebih murah. Facebook Ads pun punya fitur pengoptimalan anggaran iklan sehingga dengan biaya yang terjangkau Anda tetap dapat memaksimalkan jangkauan iklan.
- Efektif untuk beragam tujuan marketing; seperti bila Anda ingin mendapat trafik, orang-orang mendownload aplikasi, mengumpulkan leads ataupun melakukan pembelian.
- Menawarkan fitur remarketing; di mana target audiens Anda tidak hanya akan melihat iklan di Facebook saja, namun juga di website atau aplikasi lain yang bekerja sama dengan Facebook.
- Membantu meningkatkan brand awareness; dengan menggunakan Facebook Ads yang lebih luas dan tertarget, Anda lebih mudah mencapai tujuan untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran brand. Ini hanya tergantung bagaimana Anda dapat membuat iklan yang menarik.
Fitur Facebook Ads
Ada beberapa fitur dari Facebook Ads yang bisa Anda maksimalkan penggunaannya untuk membantu meningkatkan bisnis Anda.
1. Third-Party Tag Integration
Menyiapkan kode (Facebook Pixel) pada Facebook mengharuskan Anda melakukan banyak langkah, terutama saat berkaitan dengan shopping carts dan juga event tracking. Namun Facebook pun sudah semakin memudahkan Anda dalam hal ini, di mana adanya tool integrasi yang bisa Anda temukan di Business Manager.
Sebagai informasi, Facebook Pixel adalah kode yang dipasang pada sebuah website. Kode ini bisa melacak konversi dari Facebook Ads, optimasi untuk iklan digital dan juga membangun audiens yang sesuai untuk iklan Anda.
Nah, fitur Third-Party Tag Integration ini, ketika Anda beriklan menggunakan Google Tag Manager, WooCommerce, Shopify, Magento ataupun BigCommerce, Anda bisa langsung menerapkan kode tanpa harus menyentuh kode lain di situs web mereka. Anda hanya perlu mengklik tautan untuk setiap platform untuk bisa melihat petunjuk langkah selanjutnya.
2. Pixer Helper
Sebelum Anda mulai beriklan, pastikan bahwa Conversion Pixel Anda sudah berjalan dengan benar. Chrome extension di Facebook akan memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan ulang, mengatasi masalah pixel yang terjadi dan juga mempelajari cara untuk meningkatkan kinerja sebelum iklan diluncurkan.
3. Creative Hub
Fitur Facebook Ads lainnya ini adalah tool untuk melihat gambaran iklan. Di mana tool ini akan memungkinkan Anda untuk bisa menguji jenis iklan, penempatannya dan juga elemen iklan di dalamnya. Nah, nantinya, ‘gambaran’ ini dapat Anda simpan.
Anda pun juga dapat menguji iklan dalam bentuk slide, video ataupun interaktif. Alat ini sangat berguna saat Anda akan mengajukan tipe iklan terbaru ke klien.
4. Facebook Analytics
Fitur satu ini akan memberikan Anda informasi tentang kinerja iklan yang Anda buat. di Facebook Analytics, Anda bisa melihat informasi tentang pengguna, engagement, dan juga demografi pengguna.
Anda juga dapat membuat Funnel, di mana berisikan urutan tindakan yang ingin Anda lakukan pengukuran. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pelacakan perilaku pengguna dari waktu ke waktu.
5. Audiens Insights
Fitur Audiens Insights ini menawarkan detail tambahan mengenai audiens di Facebook yang mungkin tidak bisa Anda dapat dari Facebook Analytics.
Anda bisa membangun target audiens yang ideal dan melihat informasi tentang demografi pengguna, jumlah likes, penggunaan data di Facebook dan juga minat. Anda pun dapat melihat halaman yang relevan dengan minat para audiens, dan juga melihat seberapa besar kemungkinan mereka menyukai halaman tersebut.
6. Optimalisasi Budget Iklan
Fitur ini akan memudahkan Anda untuk memastikan bahwa iklan yang Anda buat bisa sesuai dengan budget Anda. Anda tetap bisa mengoptimalisasi iklan agar tujuan Anda tercapai, namun dengan biaya yang terjangkau.
Anda dapat menentukan budget Anda di beberapa jenis iklan, lalu Facebook akan mendistribusikan budget tersebut ke set iklan yang punya kinerja baik.
7. Penjadwalan Iklan
Facebook Ads juga memiliki fitur penjadwalan iklan, bagi pengiklan yang memilih lifetime budget. Ini bisa Anda pilih saat Anda membuat iklan baru. Nah, nantinya opsi penjadwalan iklan bisa Anda atur sendiri.
8. Target Lokasi
Fitur Facebook Ads berikutnya berkaitan dengan pengaturan penargetan lokasi utuk audiens Anda. Di mana Anda dapat memilih jarak target ataupun memilih menargetkan kota. Fitur ini cocok digunakan jika Anda memiliki bisnis yang memang relevan dengan orang-orang di suatu wilayah atau lokasi tertentu, sehingga bisnis Anda pun bisa lebih mudah mendapat pelanggan.
9. Connections
Bila Anda memiliki aplikasi atau menggunakan Events dan ingin menjangkau audiens yang terhubung ke halaman Facebook Anda, fitur ini bisa membantu Anda. Jadi, Anda bisa menargetkan audiens yang menyukai halaman Anda, teman mereka ataupun mengecualikan orang-orang tertentu yang menyukai halaman Anda.
Baca Juga: Tips Menjalankan Facebook Ads Campaign Untuk Menarik Banyak Audiens
10. Saved Audiences
Anda juga dapat menyimpan target audiens yang sudah pernah Anda tentukan sebelumnya, bila mungkin ini akan digunakan lagi di lain waktu. Namun ketika Anda melakukan perubahan untuk target audiens, ini juga akan berdampak pada seluruh set iklan yang ada.
11. Daftar Blokir dan Penerbit
Tahun 2018 lalu, Facebook merilis fitur berupa daftar penerbit dari ribuan URL tempat iklan Anda muncul. Anda dapat meninjau iklan dan mengidentifikasi URL yang tidak Anda ingin iklan Anda tayang di sana, dan Anda dapat memasukkannya dalam daftar blokir.
12. Pengaturan Otomatis
Fitur ini dapat membantu Anda untuk mengaktifkan, menjeda dan juga mengelola iklan. Pengaturan otomatis ini hanya bisa Anda terapkan untuk seluruh iklan yang aktif atau dihentikan sementara.
Beberapa hal tentang fitur Facebook Ads di atas seharusnya dipahami setiap pebisnis yang ingin melakukan promosi digital, terutama menargetkan para pengguna Facebook.
Mau iklan Facebook Ads untuk mendapatkan objektif yang sesuai dengan KPI bisnis. Anda bisa mencoba untuk menggunakan layanan Buzzup.id untuk memasang FB Ads. Dapatkan penawaran terbaik untuk pemasangan iklan FB Ads.